Pemerintah Siapkan Hotel Tempat Isolasi Mandiri Pasien OTG di Sejumlah Provinsi
pixabay.com/Ilustrasi
Nasional

Pemerintah telah menyiapkan hotel bintang 2 dan 3 di sejumlah provinsi untuk menampung pasien corona (COVID-19) tanpa gejala (OTG) menjalani isolasi mandiri.

WowKeren - Angka COVID-19 di Indonesia terus naik setiap harinya. Tak sedikit dari pasien tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Kenaikan angka positif COVID-19 sendiri membuat ketersediaan ruang rawat di sejumlah rumah sakit rujukan menipis. Karena itu, pemerintah menyiapkan hotel bintang 2 dan 3 di berbagai provinsi sebagai tempat isolasi mandiri untuk pasien OTG.

Pemerintah mengungkap sebaran hotel di beberapa provinsi prioritas. "Satgas dengan dipimpin dua minggu terakhir ini oleh Bapak Luhut bersama dengan Bapak Doni sebagai Ketua Satgas telah mengidentifikasi dan bekerja sama dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) untuk mendata hotel-hotel bintang 2 dan bintang 3 di 9 hotel prioritas," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (24/9).

Menurut data hingga 22 September, pemerintah mengidentifikasi beberapa hotel untuk kepentingan isolasi mandiri pasien positif COVID-19 di 9 provinsi. Dengan rincian berikut:


  1. Sumatera Utara ada 6 hotel dengan jumlah kamar 449
  2. Jawa Barat ada 17 hotel dengan jumlah kamar ada 949
  3. DKI Jakarta ada 31 hotel dengan jumlah kamar 4.116
  4. Jawa Timur ada 16 hotel dengan jumlah kamar 2.160
  5. Bali ada 10 hotel dengan jumlah kamar ada 1.559
  6. Kalimantan Selatan ada 13 hotel dengan jumlah kamar 992
  7. Papua ada 13 hotel dengan jumlah kamar 1.797

Jumlah hotel dan kamar tersebut dapat bertambah sesuai dengan kebutuhan. Wiku berharap jumlah hotel tersebut dapat mendukung kegiatan isolasi mandiri pasien OTG agar tidak menulari orang lain.

"Jadi hotel dan jumlah kamar cukup memadai untuk kepentingan mendukung isolasi mandiri dan ini atas kerja sama pemerintah pusat dengan PHRI dan pemerintah daerah sehingga masyarakat yang memerlukan isolasi mandiri dapat tertangani dengan baik di fasilitas tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, wacana pemerintah menyiapkan hotel berbintang di berbagai provinsi di daerah sebagai tempat untuk isolasi mandiri sejumlah pasien COVID-19 tanpa gejala sudah beredar. Dimana pemerintah akan membiayai biaya isolasi mandiri di hotel tersebut.

"Beberapa daerah ada yang membuka ruang isolasi mandiri dengan memanfaatkan sarana fasilitas umum antara lain gelanggang olahraga, pemerintah dalam hal ini adalah Bapak Kementerian Perekonomian bersama dengan Ibu Menteri Keuangan atas arahan dari Bapak Presiden untuk menyiapkan hotel bintang 2 dan bintang 3 bagi warga masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif tetapi tanpa gejala untuk bisa diterima dan biaya untuk penerima masyarakat tersebut, itu akan dijamin oleh pemerintah," ujar Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (12/9) lalu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru