Jangan Diabaikan! Ini 7 Tanda Yang Muncul Ketika Kalian Salah Menerapkan Diet
Health

Banyak orang yang asal melakukan diet. Padahal, diet yang salah justru tidak akan membawa hasil dan manfaat dan malah menyebabkan banyak masalah kesehatan.

WowKeren - Diet biasanya dilakukan dengan tujuan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Namun, banyak orang yang asal melakukan diet. Kurangnya pengetahuan tentang cara diet yang benar dan sesuai anjuran membuat banyak orang melakukan diet yang salah.

Padahal, diet yang salah justru tidak akan membawa hasil dan manfaat dan malah menyebabkan banyak masalah kesehatan. Bahkan, Global Burden of Disease mengeluarkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa pola diet yang salah menjadi penyebab satu dari lima kematian terbesar di dunia.

Diet bahkan menjadi penyebab kematian dini terbesar kedua setelah rokok loh. Diet yang salah biasanya memberikan dampak buruk pada tubuh. Tubuh pun sering kali memberikan sinyal bahwa mereka tidak "ramah" pada diet tersebut. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tanda yang dihasilkan tubuh bahwa kalian menerapkan diet yang salah. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tubuh Jadi Lemas dan Lesu


Tubuh Jadi Lemas dan Lesu

Salah satu efek kalian sedang menjalankan diet yang salah ada ketika tubuh menjadi lemah dan tidak bisa mengambil tekanan fisik atau mental. Tubuh lemas karena kalian memotong porsi makanan secara ekstrem tanpa menggantinya dengan asupan bernutrisi. Banyak orang menganggap tubuh menyimpan banyak cadangan lemak yang bisa diubah menjadi energi.

Tetap saja tubuh membutuhkan makanan masuk sebagai energi baru. Sistem kerja tubuh tidak sesederhana yang kamu pikirkan. Hal ini juga sering terjadi ketika kalian asal-asalan diet keto atau diet non karbo. Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Jadi, mengurangi asupan karbohidrat secara drastis bisa menimbulkan kelelahan luar biasa.

2. Mengalami Masalah Pencernaan


Mengalami Masalah Pencernaan

Memiliki masalah pencernaan dan seringnya buang air kecil juga bisa jadi salah satu pertanda. Hal ini biasanya akibat mengkonsumsi produk teh yang menawarkan efek kurus. Memang benar bila kalian mengeluarkan urin, lemak dalam tubuh juga ikut terbuang. Namun ternyata bukan hanya lemak saja yang ikut terbuang, zat mineral penting lainnya juga ikut terbuang saat mengeluarkan urin.

Sedangkan meminum pil pelangsing biasanya memicu buang air besar. Sebenarnya penurunan badan belum tentu efektif karena pil tersebut bekerja hanya sebagai penguras makanan yang ada di perut bukan melangsingkan badan. Selain itu, pil pelangsing juga bisa menyebabkan kalian sering BAB.

3. Mual Dan Pusing


Mual Dan Pusing

Jika melakukan diet yang salah, kalian bisa mengalami mual dan pusing sampai pingsan loh. Biasanya hal ini karena kalian kekurangan karbohidrat dalam tubuh. Kondisi ini dinamakan keto flu. Jika kalian tidak siap mengalami gejala-gejala tersebut, kamu mungkin sebaiknya tidak mencoba pola makan ini.

Tubuh kita memerlukan karbohidrat yang didapat dari nasi, kentang, roti dan pasta. Karbohidrat berfungsi untuk melawan penyakit dan menguatkan tubuh. Oleh karena itu kekurangan karbohidrat akan mengganggu pencernaan. Kalian disarankan minum banyak air dan meningkatkan asupan elektrolit untuk meminimalkan gejala.

4. Sering Lupa Dan Tidak Fokus


Sering Lupa Dan Tidak Fokus

Sering lupa dan tidak fokus pada sesuatu juga merupakan hal yang menandai kalian sedang menjalani diet yang salah. Berat otak hanya sekitar dari dua persen dari berat badan, tetapi menyumbang lebih dari 20 persen asupan energi harian. Ini artinya, apa yang kalian konsumsi sebenarnya berdampak signifikan pada bagaimana fungsi otak

Ketika otak kekurangan kandungan tertentu, hal ini tentu berpengaruh pada semua kegiatan kalian. Selain itu, penurunan kadar insulin karena makan lebih sedikit karbohidrat dapat mengacaukan kadar elektrolit dalam tubuh. Akibatnya, kita bisa mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan sakit kepala.

5. Rambut Rontok


Rambut Rontok

Tanda lainnya yang menunjukkan kalau kalian sedang menjalani diet yang salah adalah rambut rontok. Ini tidak hanya karena kamu salah menerapkan produk sampo tetapi juga tanda jelas kalau tubuh kekurangan protein atau vitamin karena asupan makanan nutrisi kamu berkurang.

Rambut terbuat dari protein yang disebut keratin. Jadi bisa ditebak jika kalian kekurangan protein bisa menyebabkan rambut jadi lebih rapuh. Tidak hanya itu, kekurangan asam lemak besi, seng, niacin, dan omega-3 dan omega-6 juga dapat menimbulkan efek yang sama loh.

6. Sering Mengalami Mood Buruk


Sering Mengalami Mood Buruk

Kalian patut curiga jika di tengah proses diet, kalian tiba-tiba merasa kehilangan selera dengan berbagai hal. Kalau kalian perhatikan mood jelek dimulai di pertengahan kamu menjalani diet. Bisa jadi karena kalian menahan lapar terlalu lama dan kekurangan gula darah.

Diet tak sehat juga berpengaruh banyak terhadap kesehatan mental. Tak jarang kalian akan mengalami fase merasa bingung atau memiliki ingatan yang lemah terhadap beberapa hal. Jika tanda ini sudah alami, sebaiknya tinjau ulang apakah pola diet kalian sudah tepat atau justru sebaliknya.

7. Rentan Sakit


Rentan Sakit

Kalau setelah menjalani diet kalian menjadi sering sakit, itu tandanya daya tahan tubuhmu melemah karena tubuh kekurangan nutrisi. Coba deh ganti pola diet kamu lebih seimbang, tidak bikin lapar, tubuh tidak lemas dan bikin tubuh sehat pastinya.

Kekurangan vitamin akibat mengonsumsi makanan yang buruk juga dapat membuat kalian rentan terhadap kuman di sekitar. Vitamin A, B6, C, dan seng diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Terlalu banyak orang menghindari sumber-sumber kaya mineral seperti daging sapi, hati, dan telur utuh, karena takut gemuk.

You can share this post!

Related Posts