Tak Sekedar Bikin Nyaman, Tidur dengan Memeluk Guling Ternyata Juga Punya 7 Manfaat Kesehatan Ini
Health

Tidur dengan memeluk guling tidak hanya menimbulkan rasa nyaman, namun juga memberi banyak manfaat kesehatan. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Sebagian orang terbiasa tidur hanya dengan menggunakan bantal, namun sebagian lainnya merasa lebih nyaman dengan memeluk guling saat tidur. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akan kesulitan tidur jika tidak ada guling di sisinya, terlebih jika mereka suka berbaring ke kanan atau kiri.

Selain itu, tidur dengan memeluk guling juga bisa memberikan rasa hangat jika dibandingkan dengan tidur telentang saja. Bahkan seorang pakar kesehatan dan psikolog dari Jerman yang bernama Stephanie Silberman mengatakan bahwa tidur dengan memeluk guling bisa membantu penderita sleep apnea dalam mengurangi gejalanya. Manfaat ini bisa didapatkan karena penderita akan merasa nyaman dengan posisi tidur tersebut.

Tak hanya menimbulkan perasaan nyaman, tidur dengan memeluk guling ternyata juga memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Mencegah Sakit Punggung


Mencegah Sakit Punggung

Bagi kalian yang sering menderita saking punggung, sebaiknya mulai pertimbangkan untuk tidur dengan memeluk guling. Hal ini dikarenakan tidur dengan memeluk guling ternyata memiliki pengaruh besar agar posisi tulang belakang menjadi lebih lurus. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meringankan tekanan pada tulang belakang dan tulang pinggul.

Selain itu, tidur dengan memeluk guling juga dapat melancarkan sirkulasi darah menuju kaki yang berguna untuk mengatasi masalah otot tegang, sakit lutut serta pegal-pegal pada kaki. Bahkan, tidur dengan memeluk guling juga dapat mencegah dan memulihkan masalah punggung seperti skoliosis loh.

2. Tidur Menjadi Lebih Berkualitas


Tidur Menjadi Lebih Berkualitas

Saat memeluk guling, tubuh akan merasakan sensasi rileks dan otot serta tulang dapat beristirahat dengan baik. Karena itulah kebiasaan satu ini bisa meningkatkan kualitas tidur dan menimbulkan perasaan tenang. Dengan kata lain, memeluk guling sambil tidur dapat memberikan efek psikologis yang menghibur.

Selain itu, tidur dengan menggunakan guling tergolong lebih aman untuk anak. Hal ini disebabkan karena tekstur guling yang kaku dan memanjang bisa menstabilkan pernafasan. Dengan begitu, anak yang belum bisa mengontrol pernafasan dengan baik akan tidur dengan lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Membuat Postur Tubuh Menjadi Lebih Baik


Membuat Postur Tubuh Menjadi Lebih Baik
Sleep Advisor

Meski terkesan sepele, tidur dengan memeluk guling ternyata bisa membuat postur tubuh menjadi lebih baik. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan pada perempuan yang memiliki kebiasaan tidur dengan memeluk guling. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa posisi tidur miring dengan memeluk guling dapat membuat tulang punggung tetap lurus dan memperbaiki postur tubuh.

Selain itu, guling juga dapat menghilangkan ketegangan pada leher karena bisa membuat otot menjadi lebih rileks. Yang tak kalah menarik, kebiasaan satu ini juga dapat mencegah tubuh keseleo saat tidur loh!

4. Melancarkan Peredaran Darah


Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat berikutnya dari kebiasaan tidur dengan memeluk guling adalah dapat melancarkan peredaran darah. Saat tidur dengan memeluk guling, tangan dan kaki akan terangkat secara otomatis. Nah bagian yang terangkat inilah yang akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Ketika aliran darah lancar, kesehatan tubuhmu akan senantiasa terjaga. Hal ini disebabkan karena oksigen dan nutrisi bisa dialirkan secara merata ke berbagai jaringan dan organ di dalam tubuh. Sebaliknya, ketika darah tersumbat, kita berisiko mengalami sejumlah gangguan kesehatan yang serius.

5. Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur


Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Jika kalian memiliki kebiasaan mendengkur, sebaiknya mulai biasakan diri untuk tidur dengan memeluk guling. Perlu diketahui bahwa kemungkinan untuk mendengkur akan lebih besar jika kamu tidur dengan posisi telentang tanpa guling. Hal ini disebabkan karena saat tidur telentang, pangkal lidah serta langit-langit di dalam mulut akan menutupi dinding tenggorokan. Kondisi inilah yang akan memicu getaran suara atau yang biasa disebut dengan mendengkur.

Sebenarnya untuk mengatasi kebiasaan mendengkur, kalian hanya perlu tidur dengan posisi menyamping. Namun karena tidak ada pegangan atau sandaran, kita akan kesulitan untuk tidur lama dengan posisi ini. Sehingga solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidur miring sambil memeluk guling.

6. Baik Untuk Ibu Hamil


Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi tidur dengan memeluk guling ternyata juga baik untuk para ibu hamil karena dapat mencegah rahim menekan hati. Kondisi ini dapat memperlancar oksigen yang disalurkan pada janin melalui plasenta, sehingga ia akan berkembang dengan lebih baik.

Selain itu, posisi tidur ini juga akan melancarkan sirkulasi darah ibu hamil sehingga mereka bisa terhindar dari kram saat beristirahat. Yang tak kalah menarik, guling yang digunakan untuk tidur juga dapat mencegah ibu hamil bergulir telentang maupun tengkurap. Dengan begitu, keamanannya saat tidur akan lebih terjaga.

7. Lebih Energik Saat Bangun


Lebih Energik Saat Bangun

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidur dengan memeluk guling mampu menimbulkan perasaan nyaman dan rileks. Karena itulah kalian akan merasa lebih segar dan energik saat bangun tidur di pagi hari. Alhasil, kalian bisa menjalani aktivitas harian dengan lebih semangat dan produktif. Sebaliknya, jika tidur malam tidak berkualitas, emosi buruk akan muncul dan mempengaruhi aktivitas harian kalian.

Demikian tujuh manfaat yang bisa kalian dapatkan jika terbiasa tidur dengan memeluk guling. Bagi kalian yang sering tidur di lantai, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan itu sekarang karena dapat menyebabkan delapan bahaya ini untuk kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai tips mendapatkan tidur berkualitas.

You can share this post!

Related Posts