Mulai Harimu Dengan Penuh Semangat, Ini 8 Rekomendasi Menu Sarapan Penuh Energi Dan Anti Ngantuk
pxhere.com
Kuliner

Sarapan berguna untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat lebih fokus dan produktif.

WowKeren - Banyak sekali orang yang melewatkan sarapan baik sengaja atau tidak sengaja. Padahal, sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Sarapan berguna untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi.

Jika Anda tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir bisa menurun. Namun selain tidak melewatkan sarapan, kalian juga harus pandai memilih menu. Berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis makanan yang bisa konsumsi sebagai sarapan. Makanan ini memberikan kalian energi dan tak buat ngantuk loh. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Teh Hijau


Teh Hijau
pxhere.com

Teh hijau sebaiknya dikonsumsi sebanyak 3-4 kali sehari dalam keadaan yang hangat. Waktu terbaik untuk meminumnya adalah setelah sarapan, karena minum teh dalam kondisi perut yang kosong dapat merangsang produksi asam lambung. Seperti kopi, teh hijau juga tinggi akan properti antioksidan.

Antioksidan dalam teh hijau isebut flavonoid yang mampu menggenjot kerja sistem kekebalan tubuh dan efektif sebagai obat anti-peradangan. Pilih teh yang tidak pakai gula yang ampuh sebagai alarm pagi hari. Hal ini karena kandungan L-theanine tingginya mampu membangkitkan kewaspadaan dan membantu menajamkan fokus.

2. Roti Gandum


Roti Gandum
pixabay.com

Roti gandum menjadi salah satu makanan yang baik untuk sumber karbohidrat saat sarapan. Selain sebagai sumber karbohidrat yang cocok untuk sarapan, roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih. Selain itu, roti gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan karena rendah lemak dan bebas kolesterol.

Rutin mengonsumsi roti gandum mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, yaitu dengan membantu melancarkan gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Selain itu, mengonsumsi roti jenis ini juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung

3. Oatmeal


Oatmeal
pixabay.com

Selain mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, oatmeal juga memiliki berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Dengan menyantap semangkok oatmeal panas di pagi hari, kalian siap menjalankan segala aktivitas dengan semangat dan energi penuh.

Karbohidrat di dalam oat sebagian besar berasal dari tepung halus atau pati. Kandungan seratnya pun adalah serat unik yang bernama beta-glucan. Serat inilah yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat, gula, dan insulin dalam darah. Selain kaya serat, vitamin dan mineral, oat juga mengandung antioksidan yang dipercaya mampu melindungi dari risiko penyakit jantung.

4. Pisang


Pisang
pixabay.com

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan karbohidrat. Maka tak heran jika banyak orang yang menggunakan pisang sebagai menu sarapan. Hal tersebut dikarenakan pisang memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, maka dengan mengonsumsinya di pagi hari maka bisa menyuplai energi pada tubuh untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Selain itu, pisang juga memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Misalnya, untuk perawatan kulit dan kecantikan, sehingga banyak terapi yang menggunakan buah ini sebagai metode bahan dasarnya. Namun pastikan juga kalian memenuhi asupan gizi lain saat sarapan ya.

5. Alpukat


Alpukat
pixabay.com

Alpukat termasuk jenis buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Hal inilah yang membuat alpukat sering dimasukkan ke dalam menu sarapan beberapa orang. Alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium.

Alpukat juga menyediakan lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3. Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, kalian tidak perlu khawatir. Alpukat penuh dengan lemak sehat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol serta membantu kalian tetap kenyang.

6. Omelete


Omelete
pixabay.com

Omelete memang sudah lama diminati sebagai menu sarapan. Tak hanya nikmat, omelet juga ternyata mengandung banyak nutrisi loh. Telur mengandung 13 nutrisi penting untuk tubuh, termasuk tinggi kandungan protein. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi akan menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat sepanjang hari.

Selain itu, konsumsi setidaknya 8-10 gram hingga 20-25 gram protein tidak hanya akan menyediakan rasa kenyang yang lebih tahan lama, namun juga menjaga massa otot yang baik dari waktu ke waktu. Ditambah lagi, kuning telur tinggi akan kandungan vitamin B kolin, yang penting untuk ketajaman memori, juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang mendorong kesehatan mata.

7. Yogurt


Yogurt
pxhere.com

Sama seperti telur, yogurt adalah sumber protein mengenyangkan. Apalagi jenis greek yogurt yang punya kandungan protein dua kali lipat lebih tinggi daripada yogurt biasa. Selain itu, greek yogurt juga kaya akan kalsium. Namun, usahakan untuk menggunakan plain greek yogurt biasa tanpa tambahan perasa apapun untuk menghindari asupan gula buatan yang tidak diinginkan.

Kalian bisa langsung melahap greek yogurt yang ditemani dengan topping buah-buahan segar seperti pisang, kiwi, stroberi, melon raspberry, atau blueberry. Kalian bisa juga menambahkan kacang-kacangan dan granola untuk ide sarapan cepat saji mengenyangkan. Selain itu, kalain juga bisa masukkan greek yogurt ke dalam protein shake.

8. Kopi


Kopi
pxhere.com

Kopi adalah minuman terbaik untuk memulai hari. Kafeina yang terkandung di dalamnya, mampu meningkatkan mood dan membantu Anda lebih fokus. Kalian disarankan mengonsumsi maksimal 4 gelas kopi per hari. Bahkan, kopi dipercaya bisa menekan risiko terhadap beberapa penyakit loh.

Salah satu alasan lain mengapa kopi termasuk dalam minuman yang baik bagi kesehatan adalah tingginya kandungan antioksidan di dalam minuman ini. Kandungan ini akan membuat sel-sel tubuh lebih kuat sekaligus memberikan perlindungan dari paparan buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan dan penyakit.

Simak juga artikel ini untuk melihat berbagai cara sederhana memulai pola hidup sehat di tengah pandemi. Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mengurangi minus pada mata.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel