Cocok Temani Akhir Pekan, Rekomendasi Film Detektif Terbaik Ini Bakal Bikin Kamu Mikir Keras
Film

Bukan hanya sekadar jenis hiburan yang menyenangkan saja, film detektif juga memiliki sarat-sarat nilai yang sangat kuat. Nah, berikut 10 rekomedasi film detektif yang cocok temani akhir pekanmu.

WowKeren - Film bertema detektif menjadi salah satu jenis film yang digemari banyak orang. Jenis film ini bukan hanya sekadar jenis hiburan yang menyenangkan saja, melainkan juga memiliki sarat-sarat nilai yang sangat kuat.

Nilai-nilai seperti kecerdikan, strategi, kekuatan pikir, taktik, maupun pemecahan masalah merupakan beberapa faktor penting yang kerap dipikirkan penonton.

Nah, berikut tim Wowkeren.com merekomendasikan 10 film detektif terbaik sepanjang masa yang cocok banget buat menemani akhir pekanmu.

(wk/luth)

1. Knives out


Knives out

Yang pertama adalah film garapan sutradara Rian Johnson, "Knives Out". drama misteri ini menceritakan kematian Harlan Thrombey, seorang penulis novel misteri yang kaya raya. Ia tewas pada saat perayaan ulang tahun bersama keluarga besarnya.

Keluarga Harlan pun menjadi tersangka dan investigasi dipimpin oleh detektif ternama, yakni Benoit Blanc yang dimainkan oleh Daniel Craig. Konflik keluarga pun akhirnya mencuat, sehingga menambah keseruan tersendiri.

Tak hanya dibintangi oleh Daniel Craig, "Knives Out" diramaikan pula oleh sederet bintang papan atas lainnya seperti Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Toni Collette, Christopher Plummer, Katherine Langford, dan lainnya. Film ini jadi salah satu film paling ramai di 2019, lho.

2. Zodiac


Zodiac

Kasus pembunuh berantai Zodiac Killer di tahun 1970-an adalah salah satu misteri terbesar di Amerika Serikat yang sampai saat ini masih belum terpecahkan. Kisah inilah yang diangkat oleh sutradara ternama David Fincher ke layar lebar melalui film misteri "Zodiac" di tahun 2007.

Di film ini, kita bergabung dengan beberapa karakter yang menyelidiki kasus tersebut, di antaranya jurnalis Graysmith dan Avery, serta seorang detektif berama Toschi. Dua karakter utama tersebut diperankan oleh Jake Gyllenhaal dan Robert Downey Jr. sebagai pemeran utamanya.

3. Memento


Memento

Film yang dirilis tahun 2000 ini digadang-gadang sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa. Disutradarai oleh Christopher Nolan, "Memento" menceritakan seorang pengidap amnesia yang tidak dapat membuat ingatan baru, dan ingatannya akan hilang setiap 5 menit.

Ia dan istrinya pernah diserang oleh orang yang tidak dikenal. Dalam penyerangan tersebut sang istri meninggal dunia dan dirinya harus mengalami gangguan ingatan. Hal inilah yang memicunya mencari tahu siapa pelaku penyerangan dan pembunuh istrinya, dengan cara menggunakan foto polaroid dan tato pada sekujur tubuhnya.

"Memento" sukses menggambarkan ambiguitas moral dalam isu yang menjadi inti cerita. Selain gaya bercerita yang tidak biasa, penonton juga akan dibuat kaget dengan plot twist di akhir cerita.

4. Sherlock Holmes


Sherlock Holmes

Sukses memerankan karakter Iron Man di franchise MCU, Robert Downey Jr. langsung dipilih untuk memerankan detektif legendaris Sherlock Holmes. Di film ini, Holmes bersama dengan rekannya, John Watson (Jude Law), digambarkan sedang berusaha menggagalkan aksi Lord Blackwood yang ingin menguasai kota London.

Aksi mereka di film detektif terbaik ini juga dipersulit dengan kemunculan Irene Adler (Rachel McAdams), seorang wanita yang memiliki hubungan kompleks dengan Holmes.

Film arahan sutradara Guy Ritchie ini menuai sukses besar hingga berlanjut ke sekuelnya, "Sherlock Holmes: A Game of Shadows", dan akan dilanjutkan ke seri ketiganya yang sayangnya belum jelas kapan mulai diproduksi.

5. Searching


Searching

Film "Searching" yang dirilis tahun 2018 lalu juga merupakan salah satu film detektif terbaik yang wajib kamu tonton. Film detektif terbaik satu ini bercerita tentang seorang single dad bernama David Kim yang diperankan oleh John Cho yang kehilangan putrinya.

Sejak istrinya meninggal, dia membesarkan putrinya seorang diri. Awalnya semua berjalan baik-baik saja, namun suatu hari, putrinya menghilang seakan lenyap ditelan bumi. Pihak berwajib tidak dapat membantu banyak untuk mencari putrinya yang hilang. Maka dari itu, usaha untuk menemukan putrinyapun dimulai dari mengikuti jejak digital putrinya di semua media sosial.

Uniknya, film ini menggunakan gaya visual tidak biasa. Sepanjang film diceritakan melalui berbagai layar monitor dan aplikasi. Baik komputer, smartphone maupun perangkat lain yang terhubung dengan sambungan internet.

6. Seven


Seven

"Zodiac" bukan satu-satunya film sutradara David Fincher yang mengangkat kisah pembunuhan berantai, karena dia pernah mengangkat tema ini di film "Seven".

Film ini berkisah tentang dua orang detektif beda generasi. William Somerset (Morgan Freeman) adalah detektif senior yang bekerja sama dengan detektif muda bernama David Mills (Brad Pitt) untuk memecahkan kasus pelik tentang pembunuhan berantai.

Setelah diselidiki lebih jauh, kedua detektif ini sadar bahwa pembunuhan dilakukan berdasarkan pada 7 dosa besar manusia yakni sombong, serakah, iri, nafsu, marah, malas, dan rakus. Penyelidikan pun mengarah pada seorang psikopat bernama John Doe yang ternyata sudah menyiapkan rencana khusus untuk mereka.

7. Prisoners


Prisoners

Selanjutnya ada film detektif berjudul "Prisoners" yang nggak kalah menarik dengan film-film detektif lainnya. Film yang dibintangi oleh Hugh Jackman dan Jake Gyllenhaal ini diklaim sebagai salah satu film detektif terbaik ini mengisahkan tentang seorang detektif bernama Loki yang diminta untuk menemukan penculik anak-anak yang beraksi saat Thanksgiving.

Anak perempuan dari Keller Dover yang saat itu berusia 6 tahun tiba-tiba menghilang saat dia keluar dengan teman sebayanya. Sempat menaruh kecurigaan kepada sang sopir, Keller pun memutuskan untuk mencari sendiri keberadaan anaknya yang sampai beberapa waktu belum dapat terlacak. Film ini penuh teka-teki dan sangat menegangkan untuk ditonton.

8. Memories of Murder


Memories of Murder

Jauh sebelum menuai sukses besar lewat "Parasite" yang berhasil memboyong piala Film Terbaik di ajang Oscar, sutradara Bong Joon-ho lebih dulu menuai beraham pujian berkat karyanya yang lain, "Memories of Murder".

"Memories of Murder" merupakan salah satu drama detektif Korea yang sangat legendaris. Berdasarkan kasus pembunuhan berantai di akhir tahun 80-an, film ini menceritakan aksi pasangan Detektif Park dan Detektif Seo dalam menyusut kasus tersebut.

Uniknya, kesuksesan film ini meningkatkan ketertarikan publik terhadap kasus aslinya dan di tahun 2019, pembunuh aslinya akhirnya berhasil ditangkap!

9. The Girl With Dragon Tattoo


The Girl With Dragon Tattoo

Film "The Girl with the Dragon Tattoo" merupakan salah satu film detektif terbaik yang bisa kamu tonton. Diangkat dari novel berjudul sama karya Stieg Larsson, film detektif terbaik satu ini mengisahkan tentang investigasi seorang wartawan untuk mengungkap misteri hilangnya seorang wanita dari keluarga kaya selama 40 tahun.

Dalam investigasi ini, ia dibantu oleh seorang wanita berpenampilan sangar yang bernama Lisbeth Salander. Lisbeth merupakan wanita yang memiliki tato naga di salah satu bagian tubuhnya yang selama ini dia tutupi. Jalan cerita yang menarik dan penuh teka-teki akan kamu temukan saat menonton film satu ini.

10. Murder on the Orient Express


Murder on the Orient Express

Diangkat dari novel best-seller Agatha Christie, "Murder on the Orient Express" menjadi salah satu film paling laris pada 2017. Film misteri kriminal ini bertabur bintang, sehingga tak akan membuatmu bosan. Sebut saja Johnny Depp, Michelle Pfeiffer, Kenneth Branagh, dan masih banyak lagi.

"Murder on the Orient Express" menceritakan sebuah kasus pembunuhan yang terjadi pada seorang pengusaha asal Amerika Serikat, Edward Ratchett, di dalam kereta. Kebetulan seorang detektif ternama, Hercule Poirot, sedang berada di kereta yang sama, sehingga membuatnya harus memecahkan teka-teki yang ada.

You can share this post!

Related Posts