Enzy Storia Ungkap Cerita Soal Gejala Awal Tahu Punya Penyakit Autoimun
Instagram/enzystoria
Selebriti

Enzy Storia mengungkapkan cerita mengenai penyakit autoimun yang ia derita sejak SMA. Enzy bercerita mengenai awal mula tubuhnya menunjukkan gejala penyakit autoimun.

WowKeren - Enzy Storia menjadi salah satu artis Tanah Air yang mengidap penyakit autoimun. Enzy rupanya sudah menderita penyakit tersebut sejak duduk di bangku SMA.

Jadi, bokap gue kan udah meninggal sejak gue kelas 1 SMP. Jadi awalnya itu SMA kelas 2 akhir, gue ngerasa kaki gue bengkak di tumit sebelah kiri," tutur Enzy di channel YouTube Mikha Tambayong. "Terus kayak, jari-jari kaki gue ngilu. Gue kira gejalanya itu mirip banget sama orang kena asam urat. Terus gue kira gue keseleo, karena gue kan anaknya agak aktif ya, nggak bisa diem. Terus ya udah, gue sempet diurut. Ternyata diurut sama tukang urut di rumah nggak ngaruh."

Kondisi Enzy rupanya makin parah setiap harinya hingga membuat teman-temannya khaawatir. Pasalnya, Enzy juga mengalami demam hingga lemas. Meski sudah buntu dengan benyebab sakit yang ia derita, Enzy rupanya masih menyembunyikan masalah kesehatannya itu dari sang ibu.

"Terus gue bener-bener I have no idea banget deh pada saat itu, kayak gue ngapain lagi nih. Jadi kondisinya gue tu bukan orang yang suka ngeluh, jadi kalau gue sakit tu gue diemin aja. Gue nggak suka minum obat, gue nggak suka ngomong (ke orangtua), jadi gue orangnya nggak terbuka sama nyokap gue. Kan nyokap gue tu orangnya apa-apa kepikirannya lebay gitu. Misalkan nih, sakit panas doang, 'Kayaknya DBD deh' gitu. Jadi kayak gue nggak dulu deh, gue pastiin dulu sakit apa ntar baru," ujar Enzy.


Enzy pun memendam masalah penyakitnya itu hingga sekitar 3 bulan lamanya dan berharap akan sembuh dengan sendirinya. Sayangnya, penyakitnya malah semakin parah. Dari yang awalnya hanya kaki, tangan dan pundak Enzy akhirnya ikut merasakan ngilu dan bengkak. Bahkan yang paling parah, Enzy selalu tk bisa bergerak ketika bangun tidur karena mengalamu kaku di persendiannya.

Karena hal itu, Enzy pun sempat tidak masuk sekolah. Hingga akhirnya ibu dari salah satu temannya menyuruh Enzy untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke rumah sakit.

"Terus udah, gue main ke rumah temen gue nih, habis pulang sekolah. Nah nyokapnya itu mau cek penyakit dalam di rumah sakit Puri Cinere waktu itu, terus kayak, 'Zy, yuk, tante berobat yuk ke dokter' 'Aku nggak mau ah tante, paling ini sakit biasa' Terus abis itu, nyokapnya temen gue ini kayak kekeh banget. Akhirnya gue ke Puri Cinere sama dia bareng," tutur Enzy.

Sempat menolak, akhirnya Enzy ikut pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Dari ciri-ciri yang disebutkan Enzy, dokter pun menduga dirinya menderita autoimun bernama Reumatois Artritits dan menyuruhnya untuk mengikuti serangkaian cek lab guna memastikan. Enzy kemudian dibuat shock saat mencari soal penyakit reumatoid Artritis yang dimaksud dokter tadi.

"Terus gue pulang ke rumah, gue buka komputer, gue carilah tentang si penyakit ini. Wah beb, ngedrop itu aku, akhirnya gue nangis-nangis drama lah segala macem," pungkas Enzy.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru