Usai Terbukti Menang Lawan Corona, Kini Vietnam Juga Buktikan 'Kebal' Resesi
Dunia

Beberapa negara Asia Tenggara mulai tumbang jatuh ke jurang resesi karena diguncang wabah COVID-19. Namun nyatanya Vietnam tetap bertahan, terbukti dari ekonomi kuartal III-nya yang positif.

WowKeren - Vietnam terus mencuri perhatian global di tengah krisis akibat pandemi COVID-19. Sebab tak hanya berhasil menangkal wabah yang sudah menginfeksi seperempat juta rakyat Indonesia itu, Vietnam juga dilaporkan sukses melewati jurang resesi.

Dilansir dari Detik Finance, ekonomi Vietnam terus tumbuh meski di tengah pandemi COVID-19. Ekonomi negara yang dijuluki Naga Biru itu tumbuh 2,6 persen pada Kuartal III 2020, padahal para tetangga di Asia Tenggara, seperti Singapura dan Thailand sudah satu-persatu berguguran ke jurang resesi.

Dilaporkan Nikkei Asian Review, pertumbuhan ekonomi tahunan Vietnam tumbuh sebesar 0,39 persen. Padahal pada saat bersamaan, Bank Dunia bahkan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia jatuh ke level minus lantaran dihantam badai wabah Corona.

Pertumbuhan ekonomi ini terjadi karena kegiatan ekspor yang masih berjalan, terutama untuk suku cadang elektronik, baja, dan produk industri lainnya. Ekspor ini bahkan terus naik dalam 3 bulan belakangan terutama ke Tiongkok yang memang perekonomiannya juga mulai pulih setelah terkena pandemi COVID-19.


Penjualan ponsel dunia yang masih bertumbuh juga turut membantu ekonomi Vietnam. Sebab diketahui produsen ponsel internasional, Samsung, memiliki pabrik di negara tersebut.

Kunci pertumbuhan ekonomi Vietnam yang lain adalah karena belanja pemerintah yang tetap tinggi, ditambah dengan investasi yang terus tumbuh. Hal itu membuat lapangan pekerjaan di Vietnam terus tumbuh, terutama di sektor infrastruktur jalan, rel kereta, dan lainnya.

Kendati demikian, masih ada beberapa sektor perekonomian Vietnam yang babak belur oleh pandemi COVID-19. Termasuk di antaranya sektor pariwisata yang saat ini lumpuh karena pandemi, yang nyatanya tidak hanya terjadi di Vietnam tetapi juga di negara lain.

Setidaknya industri pariwisata Vietnam hanya menyumbang sekitar 10 persen dari total ekonominya. Pemerintah Vietnam pun menarget pertumbuhan ekonominya bisa tumbuh 2-2,5 persen, meski Asian Development Bank (ADB) memprediksi ekonomi Vietnam tumbuh sekitar 1,8 persen sampai akhir 2020.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait