Mulai Dibuka 4 Oktober, Arab Saudi Umumkan Syarat Umrah
Dunia

Pembukaan umrah akan berlangsung dalam tiga tahap. Masing-masing tahap dengan kapasitas jemaah tertentu sesuai dengan standar yang dilakukan saat pelaksanaan ibadah haji yang dihelat Agustus.

WowKeren - Arab Saudi memutuskan untuk membuka kembali ibadah umrah. Otoritas Saudi juga telah menetapkan syarat dan protokol yang harus dipatuhi dalam pelaksanaan umrah di tengah pandemi corona. Kegiatan umrah mulai dibuka kembali pada 17 Safar atau 4 Oktober.

Nantinya, pembukaan kembali umrah akan berlangsung dalam tiga tahap. Masing-masing tahap dengan kapasitas jemaah tertentu sesuai dengan standar yang dilakukan saat pelaksanaan ibadah haji yang dihelat Agustus lalu.

Menteri Haji dan Umrah, Mohammed Saleh Benten, mengungkapkan setiap prosedur pendaftaran dilakukan secara digital. Calon jemaah bisa mengunduh aplikasi yang telah dibuat Kementerian. Aplikasi itu dibuat untuk menegakkan standar kesehatan di tengah pandemi COVID-19, sehingga memudahkan jamaah.

Calon jemaah diwajibakan terdaftar di aplikasi Tawakkalna milik Kementerian Kesehatan. Aplikasi ini akan memeriksa status kesehatan pengguna dan kelayakan untuk melakukan ritual umrah.


Benten lantas mengatakan tahap pertama pembukaan umrah akan memungkinkan 6.000 jemaah setiap harinya. Mereka nanti akan dibagi dalam 12 kelompok setiap 24 jam. Selama menjalankan ibadah, para jemaah wajib menjaga jarak, dan hal yang sama juga diterapkan kepada jemaah haji.

Benten juga menjelaskan ada patokan usia yang boleh melangsungkan ibadah. "Kami juga menetapkan kelompok usia 18-65 tahun. Bagi yang tidak mampu berjalan akan disediakan kursi roda agar bisa melakukan tawaf dan sa'i, namun gerakan tawaf mereka akan konstan."

Para jemaah juga akan memiliki jangka waktu tertentu untuk melakukan ritual, namun tidak dijelaskan secara rinci. Sementara bagi jemaah haji yang datang dari luar Makkah, wajib memesan hotel dan tempat tinggal di sana. Mereka akan diminta untuk bertemu di sebuah titik kumpul 15 menit sebelum jadwal keberangkatan ke Masjidil Haram.

Di sana ada pemandu dan tenaga kesehatan yang akan memberi panduan kepada jemaah untuk melakukan ritual umrah. Anak-anak diperbolehkan menemani orang tua mereka asalkan ditambahkan ke aplikasi Tawakkalna di bawah tanggungan pengguna.

Mobil tidak akan diizinkan parkir di di sekitar Masjidil Haram, namun tetap boleh bagi yang tinggal di sana. Jemaah yang datang dari luar negeri juga akan diberi izin masuk ke wilayah Saudi. Namun Kementerian Kesehatan yang akan menentukan warga negara mana saja yang memperoleh izin.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait