Hukuman Pelanggar Protokol Kesehatan Di Ciamis: Tidur Dalam Ambulans
Reuters
Nasional

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis menerapkan sejumlah sanksi kepada warganya yang nekat melanggar protokol kesehatan, salah satunya wajib tidur dalam ambulans.

WowKeren - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis terus berupaya keras dalam menangani penyebaran virus corona di wilayahnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara tegas kepada warganya.

Pemkab Ciamis bersama tim gabungan pun terus gencar melakukan operasi protokol kesehatan. Warga yang ketahuan melanggar protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker akan diberikan sejumlah sanksi hukuman.

Salah satu sanksi unik yang diterapkan Pemkab Ciamis adalah memasukkan pelanggar protokol kesehatan ke dalam mobil ambulans. Bahkan, sanksi ini juga sempat diterima oleh salah seorang pelanggar dan tersebar di grup WhatsApp hingga media sosial.

Dalam video yang beredar tersebut, terlihat bagaimana seorang pemda dimasukkan ke dalam ambulans dan disuruh tidur di atas blankar. Perekam video tersebut lantas menjelaskan jika pemuda tersebut terjaring operasi petugas gabungan dan ketahuan tidak memakai masker di tengah pandemi virus corona.


Adapun peristiwa operasi tersebut terjadi di simpang Pasar Manis dan Koramil Ciamis, pada Senin (28/9) kemarin. Petugas gabungan memilih melakukan operasi yustisi di tempat ini lantaran kerap menimbulkan banyak massa.

Sanksi hukuman tersebut rupanya telah mendapatkan restu dari Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Ia mengapresiasi kinerja petugas lapangan yang berani memberikan sanksi sosial kepada warganya yang melanggar aturan protokol kesehatan.

Sejumlah sanksi hukuman yang diterapkan selain tidur di dalam ambulans adalah push up, sit up, hingga membaca surat pendek. Terlepas dari berbagai sanksi tersebut, Herdiat tetap mengingatkan para petugas terkait pentingnya memberikan edukasi ketimbang sanksi maupun denda.

”Pelanggar masuk ambulans itu termasuk edukasi juga sanksi sosial lainnya, seperti push up, sit up, baca surat-surat pendek dan lainnya,” kata Herdiat seperti dilansir dari Detik, Selasa (29/9). “Hal ini perlu dilakukan supaya masyarakat betul-betul sadar dan menaati protokol kesehatan.”

”Saat ini angka kasus positif COVID-19 di Ciamis terus mengalami peningkatan,” sambungnya. “Jadi masyarakat harus betul-betul sadar, COVID-19 ini jangan dianggap main-main. Selalu pakai masker, minimal untuk menjaga diri sendiri.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait