BTS Bisa Wamil Bareng-Bareng di Tahun 2025?
Selebriti

Opsi baru dari kalangan politik di Korea bahwa ketujuh member BTS bisa mendaftar militer di waktu yang sama dengan member termuda Jungkook pada 2025. Begini komentar netizen.

WowKeren - Masalah pendaftaran militer para member BTS (Bangtan Boys) belakangan sering mencuat mengikuti kesuksesan single baru mereka "Dynamite" yang mencetak sejarah dengan memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 sebanyak tiga kali. Opsi baru dari kalangan politik di Korea bahwa ketujuh member bisa mendaftar militer bersama pada 2025.

Seperti diketahui, Jin yang merupakan member tertua tertua yang lahir pada 1992, harus masuk militer pada akhir tahun depan tidak peduli apa pun yang diatur dalam undang-undang saat ini. Mengingat pendaftaran anggota termuda Jungkook masih jauh, penggemar mungkin tidak akan melihat grup secara keseluruhan selama lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, pemerintah dan kalangan politik dikabarkan sedang mempertimbangkan dengan cermat tentang penundaan pendaftaran member BTS. Salah satu langkah yang mungkin dilakukan adalah dengan menunda pendaftaran semua member BTS selama lima tahun agar Jin dapat bergabung dengan militer pada waktu yang sama dengan Jungkook (lahir tahun 1997).

Pembebasan militer dipandang negatif oleh masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk mengambil langkah yang dapat meminimalisir masa absen BTS dengan mengajak semua member bergabung dengan militer pada waktu yang bersamaan.

Menurut rencana ini, Suga yang lahir pada 1993, RM (Rap Monster) dan J-Hope yang lahir pada 1994, serta V dan Jimin BTS yang lahir pada 1995 juga diharapkan bergabung dengan militer bersama dengan Jungkook.

Rencana ini jauh lebih berani daripada saran untuk merevisi undang-undang dinas militer tentang pendaftaran tertunda yang diusulkan oleh Rep. Jeon Yong Ki dari Partai Demokrat Korea pada 3 September.


Sebelumnya, Rep. Jeon Yong Ki menyarankan revisi undang-undang wajib militer untuk memasukkan individu yang memberikan kontribusi luar biasa dalam meningkatkan prestise nasional di bidang budaya dan seni pop dan direkomendasikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk menunda wajib militer.

Undang-undang dinas militer saat ini mengizinkan individu yang memiliki kontribusi luar biasa di bidang olahraga untuk mempromosikan prestise nasional seperti atlet, untuk menunda pendaftaran hingga usia 28 tahun. Saran sebelumnya adalah memasukkan individu dalam bidang budaya dan seni pop.

Kementerian Pertahanan Nasional berencana mencermati proses pembahasan RUU terkait yang diajukan ke Majelis Nasional. Namun mereka telah menyatakan akan menyarankan pendapat mereka ke arah yang positif setelah konsensus publik terbentuk.

Sebelumnya, pada November tahun lalu, pemerintah mengumumkan rencana perbaikan sistem dinas militer alternatif. Namun rencana tersebut mengecualikan bidang budaya dan seni pop.

Faktanya, banyak yang mengatakan bahwa periode paling aktif untuk grup idol adalah dari akhir masa remaja hingga awal 20-an. RUU untuk menunda pendaftaran militer mungkin merupakan rencana yang lebih baik untuk membantu mempromosikan Korean Wave dan prestise nasional daripada memasukkan grup idol dalam layanan alternatif.

Banyak netizen yang masih membahas rencana tersebut dan mengungkapkan pendapat mereka tentang penundaan pendaftaran militer BTS. Banyak netizen yang menyatakan bahwa mereka pantas dibebaskan dari wajib militer karena mereka telah memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa.

"Medali emas Olimpiade sangat berharga tapi BTS berbuat lebih banyak untuk membuat bangsa Korea dikenal dunia," komentar netizen. "BTS adalah kelas dunia sekarang, aku tidak tahu kenapa mereka tidak dibebaskan dari militer," tambah netizen lain. "Aku merasa pemerintah memperpanjang keputusan dan mereka khawatir tentang opini publik jika mereka dibebaskan dari militer. Para member mengatakan mereka akan pergi militer tapi pemerintah seharusnya membebaskan mereka atas kontribusi mereka," sahut yang lain. "Apakah pemerintah ingin mendapatkan lebih banyak uang melalui mereka dan kemudian mengirim mereka ke militer jika mereka tidak populer? Kedengarannya seperti itu," pungkas lainnya.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait