Surabaya Punya Tim Hunter COVID-19, Pelanggar Protokol Langsung Digiring untuk Tes Swab
Nasional

Irvan menjelaskan, jika pada saat razia pagi hingga siang dan ditemukan pelanggar maka yang bersangkutan akan langsung dibawa ke Puskesmas untuk dites swab.

WowKeren - Satgas COVID-19 Kota Surabaya telah membentuk Tim Swab Hunter untuk melaksanakan razia protokol kesehatan di masyarakat. Hal ini dilakukan dengan menggandeng pihak Kepolisian dan TNI.

Wakil Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan jika ketiga pilar itu akan melakukan razia protokol kesehatan. Tim tersebut juga terbentuk hingga kecamatan yang terdiri dari Camat, Kapolsek, dan Danramil.

Jika nantinya akan ditemukan pelanggar maka warga akan langsung ditindak. Mereka akan digiring untuk menjalani tes swab di saat yang bersamaan.

"Jadi, mereka bersinergi menggelar razia protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing," kata Irvan di kantornya, Kamis (1/10). "Apabila ditemukan warga yang melanggar, mereka langsung dikenakan sanksi dan langsung dibawa untuk menjalani tes swab pada saat yang bersamaan."


Adapun langkah ini tak lepas dari komitmen Pemerintah Kota Surabaya yang ingin terus memasifkan upaya testing. Irvan menyebut jika tim hunter ini berawal dari evaluasi yang digelar Wali Kota Tri Rismaharini bersama para camat se-Surabaya.

"Akhirnya, terbentuklah Tim Swab Hunter. Tim ini melakukan operasi Swab Hunter," jelasnya. "Jika ditemukan ada yang melanggar langsung diswab."

Irvan menjelaskan, jika pada saat razia pagi hingga siang dan ditemukan pelanggar maka yang bersangkutan akan langsung dibawa ke Puskesmas untuk dites swab. Malam hari juga demikian. Pelanggar akan langsung dibawa ke tempat tes swab di titik-titik yang sudah ditentukan.

Irvan melanjutkan jika pelanggar juga akan disita KTP nya. Hingga kini, sudah ada kecamatan yang telah menjalankan operasi ini.

"Jadi kalau betul-betul melanggar selain penyitaan KTP juga dikenakan sanksi lain dan langsung diswab," tambah Irvan. "Hingga kemarin malam, sedikitnya ada tiga kecamatan yang telah melaksanakan giat swab hunter."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel