Penuh Intrik dan Diwarnai Propaganda, Deretan Film Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu 'Melek' Politik
Film

Untuk kamu yang bosan dengan film romantis, kisah heroik superhero, atau sajian horor, tim Wowkeren.com merekomendasikan film-film dengan tema politik yang layak untuk ditonton. Apa saja?

WowKeren - Politik kerap dianggap sebagai topik yang cukup berat dan selalu menjadi bahan perbincangan, terutama untuk diliput media massa. Namun, berbagai intrik dan skandal dalam dunia politik rupanya juga menginspirasi para sineas untuk mengangkatnya menjadi sebuah karya film terbaik.

Sejumlah sineas tertarik untuk mengangkat tema tentang dunia politik yang sebagian besar diangkat dari kisah nyata. Biasanya, film tentang politik kerap digambarkan sebagai pemerintahan yang kolot, rezim yang kejam, hingga pemilihan presiden yang penuh propaganda.


Nah, untuk kamu yang bosan menonton film-film romantis, kisah-kisah heroik superhero, atau film horor dengan terlalu banyak jumpscare, kini tim Wowkeren.com merekomendasikan deretan film bertema politik yang layak untuk ditonton. Kebanyakan film politik ini terinspirasi dari kejadian-kejadian nyata, intrik, kejahatan korporasi, dan kisah fiktif yang menarik.

Selain kisah politik yang menarik untuk diceritakan, peran sutradara yang cerdas dan akting para aktor yang memukau menjadi alasan mengapa film-film ini wajib untuk ditonton. Apa saja? Yuk simak daftarnya berikut ini!

(wk/luth)

1. The Post


The Post

"The Post" adalah film bertema politik karya sutradara kodang Steven Spielberg dan dibintangi oleh aktris peraih piala Oscar, Meryl Streep. Dirilis secara luas pada Januari 2018 lalu, cerita di dalamnya mengangkat kisah nyata tentang drama sejarah Amerika Serikat.

"The Post" berani mengangkat kisah tentang dokumen rahasia yang dibocorkan oleh The New York Times dan The Washington Post. Mengambil setting di tahun 1971, alur cerita yang disajikan sangat intens dan membuat siapa saja terpaku hingga akhir film.

2. Darkest Hour


Darkest Hour

Film rilisan tahun 2017 ini berlatar di era 1940-an. "Darkest Hour" menyoroti tentang kisah orang Inggris yang paling terkemuka di dunia, Winston Churchill.

Film ini menceritakan tentang awal pemilihan Churcill sebagai perdana menteri Inggris. Kamu juga bisa menyaksikan intrik dalam dunia politik seputar kekuasaan dan keberpihakan terhadap rakyat yang sama sekali tak membosankan untuk dilihat. Bahkan film ini berhasil mengantarkan Gary Oldman menyabet piala Aktor Terbaik di Academy Awards, lho!

3. JFK


JFK

"JFK" adalah film thriller politik Amerika yang disutradarai oleh Oliver Stone. Film ini menceritakan peristiwa pembunuhan Presiden John F. Kennedy. Film ini diadaptasi dari buku "On the Trail of the Assassins" karya Jim Garrison dan "Crossfire: The Plot That Killed Kennedy" karya Jim Marrs.

Oliver Stone membuat film ini untuk menggambarkan bahwa ada konspirasi dalam peristiwa pembunuhan John F. Kennedy. Dengan gambaran visual dan dialog para aktor yang ciamik, semua disusun untuk menggambarkan bahwa pembunuhan JFK bukan pekerjaan satu orang saja.

4. Wag the Dog


Wag the Dog

"Wag the Dog" adalah film dengan genre dark comedy. Film ini disutradarai oleh Barry Levinson dan dibintangi oleh Dustin Hoffman serta Robert De Niro. "Wag the Dog" diadaptasi dari novel Larry Beinhart yang berjudul "American Hero".

"Wag the Dog" menceritakan tentang seorang produser film Hollywood yang membuat perang buatan untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari skandal seks yang dilakukan sang calon presiden menjelang pemilihan umum. Pada masanya, film ini menjadi kontroversial karena dirilis satu bulan sebelum beredarnya skandal Lewinsky dan pemboman pabrik farmasi Al-Shifa di Sudan oleh pemerintahan Clinton pada Agustus 1998.

5. Downfall


Downfall

"Downfall" adalah film sejarah dari Jerman yang disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel. Film ini memiliki latar peristiwa Battle of Berlin dalam Perang Dunia II, ketika Jerman berada di ambang kekalahan. Downfall menggambarkan hari-hari terakhir Adolf Hitler yang diperankan oleh Bruno Ganz.

Film ini dirilis pada tanggal 16 September 2004 di Jerman dan menimbulkan kontroversi karena menggambarkan sisi manusiawi Hitler. Namun "Downfall" sendiri berhasil meraup untung lebih dari USD 92 juta, menerima feedback positif dari para kritikus film, dan mendapatkan nominasi untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di 77th Academy Awards.

6. The Manchurian Candidate


The Manchurian Candidate

"The Manchurian Candidates" adalah film fiksi ilmiah politik Amerika yang disutradarai oleh Jonathan Demme. Film ini diadaptasi dari novel Richard Condon dan remake dari film dengan judul sama yang dirilis pada tahun 1962. "The Manchurian Candidates" menceritakan tentang para tentara yang diculik dan dicuci otaknya untuk tujuan jahat ketika Gulf War (Perang Teluk).

Film ini dibintangi oleh Denzel Washington sebagai Bennett Marco, seorang prajurit yang tekun dan berbudi luhur. Kemudian ada pula Liev Schreiber sebagai Raymond Shaw, seorang wakil AS dari New York yang dimanipulasi menjadi kandidat wakil presiden. Lalu Jon Voight sebagai Senator A. Tom Jordan, oposisi dari sang wakil presiden, serta Meryl Streep sebagai Eleanor Prentiss Shaw, seorang Senator A.S. dan ibu Raymond Shaw yang manipulatif dan kejam.

7. The Ides of March


The Ides of March

"The Ides of March" adalah film drama thriller Amerika Serikat yang disutradarai oleh George Clooney. Film ini dibintangi oleh aktor ternama Ryan Gosling, Evan Rachel Wood, serta Clooney yang juga sekaligus ikut ambil peran. Film ini diadaptasi dari drama berjudul "Farragut North" karya Beau Willimon.

"The Ides of March" menceritakan tentang Stephen Meyers (Ryan Gosling), seorang anggota timses Mike Morris (George Clooney) yang sedang mencalonkan diri menjadi presiden. Stephen merasa tenang karena memiliki pekerjaan yang menjanjikan, hingga akhirnya dia menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam sebuah timses.

Karater Stephen Meyer yang diketahui sebagai politisi yang bersih harus dihadapkan pada konspirasi dan permaian kotor yang tentu saja bisa menggoyahkan pendiriannya. Ceritanya "The Ides of March" sendiri diklaim benar-benar bisa merepresentasikan dunia politik saat ini.

8. Closed Circuit


Closed Circuit

"Closed Circuit" menceritakan tentang pasar Borough di London yang dibom oleh serangan teroris. Berkisah tentang Farroukh Erdogan yang ditahan sebagai tersangka utama dan dalang dari serangan itu. Pengacara Martin Rose dan Claudia Simmons-Howe dipilih oleh Jaksa Agung Inggris untuk menjadi pembela Farroukh di pengadilan.

Kasus ini mengundang tanda tanya misterius bagi kedua pengacara. Ternyata dulunya, Farroukh adalah seorang agen rahasia M15 yang ditugaskan sebagai agen teroris di London. Serangan teroris itu didanai oleh M15, bahkan M15 bersedia membunuh untuk menjaga rahasia ini tetap aman. Farroukh dan keluarganya mengaku bersalah agar tidak dibunuh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel