Terungkap Kapan Waktu Virus Corona Paling Menular, Jangan Sampai Ada Kontak Dengan Orang Lain!
Health

Peneliti mengungkap kapan waktu krusial terkait penularan virus Corona penyebab COVID-19. Disebutkan bahwa virus mulai bisa menular sekitar 2-3 hari setelah infeksi.

WowKeren - Kemampuan virus Corona untuk tertular ke individu lain jelas tak perlu diragukan lagi. Terbukti dari jutaan manusia yang terinfeksi penyakit pernapasan ini hanya dalam jangka waktu kurang dari setahun sejak diumumkan sebagai pandemi.

Namun belakangan terungkap kapan waktu yang akurat terkait penularan virus Corona ini. Rupanya berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penularan biasanya terjadi 2-3 hari setelah infeksi, dengan tingkat paling parah pada hari kelima.

"Berdasarkan akumulasi data sejak dimulainya pandemi COVID-19, periode infeksi SARS-CoV-2 pada individu yang bergejala dapat dimulai sekitar dua hari sebelum timbulnya gejala," terang para peneliti, dikutip dari Fox News pada Sabtu (3/10). "Dan bertahan selama sekitar tujuh sampai 10 hari setelah timbulnya gejala."

Namun rupanya pada beberapa individu, situasinya akan berbeda. Mereka yang menderita kasus lebih parah, dalam hal ini misalnya gejala klinisnya sangat berat, maka virus SARS-CoV-2 yang diderita bisa menular sampai 20 hari setelah timbulnya gejala.


"Masa inkubasi COVID-19 diperkirakan dapat mencapai 14 hari, dengan waktu rata-rata empat sampai lima hari sejak timbulnya gejala," ungkap Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). "Satu penelitian melaporkan bahwa 97,5 persen orang dengan COVID-19 yang bergejala akan merasakan gejala tersebut dalam 11,5 hari setelah infeksi SARS-CoV-2."

Dan jangan kira ketika pasien sudah sembuh maka semua "berakhir". Sebab CDC mengungkap ada potensi jejak virus masih bertahan di dalam saluran pernapasan atas pasien yang bersangkutan untuk jangka waktu berbulan-bulan.

Karena terletak di saluran pernapasan atas, maka aktivitas sehari-hari seperti berbicara, bila dilakukan tanpa perlindungan masker berpotensi menyebarkan virus tersebut. Kendati demikian, pakar kesehatan menganggap sisa-sisa virus itu tak mungkin lagi bisa menular.

Tetapi tentu saja penularan ini bisa dicegah apabila menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Seperti pernah disampaikan sebelumnya, penggunaan masker dengan baik dan benar saja bisa mengurangi risiko penularan COVID-19 sampai 70 persen. Jadi, jangan sampai lupa pakai masker dan patuhi protokol ya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait