8 Makanan Ini Ternyata Bisa Turunkan Imunitas Tubuh, Jangan Terlalu Banyak Dikonsumsi Saat Pandemi!
Kuliner

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Di era pandemi seperti saat ini, penting bagi kita untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona. Karena itulah berbagai cara pasti akan kita lakukan, mulai dari berolahraga secara teratur hingga mengelola stres dan cukup beristirahat.

Sayangnya, kita mungkin tanpa sadar telah berperan aktif dalam menurunkan sistem imunitas tubuh karena terlalu sering mengkonsumsi makanan tertentu. Kebanyakan makanan tersebut memang lezat dan mampu menggoyang lidah, namun kandungan yang dimilikinya mengandung sejumlah efek negatif bagi kesehatan, termasuk melemahkan daya tahan tubuh.

Karena itu, WowKeren akan menunjukkan beberapa jenis makanan yang dapat melemahkan sistem imun tubuh agar kamu bisa menghindarinya sesegera mungkin. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Gula


Gula

Salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan sistem imunitas tubuh dan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan bibit penyakit. Agar tubuh kalian selalu sehat, sebaiknya batasi konsumsi gula hingga 4 sendok makan saja setiap harinya.

Bila kalian adalah penggemar makanan manis dan sulit untuk benar-benar lepas dari gula, sebaiknya kurangi secara perlahan atau ganti dengan pemanis alami lainnya yang lebih sehat seperti lemon, licorice, adas, kayu manis, ekstrak vanila atau bubuk kakao tanpa pemanis.

2. Garam


Garam

Konsumsi garam (natrium) secara berlebihan tak hanya memicu retensi cairan dan tekanan darah tinggi, namun juga dapat menyebabkan sistem imun tubuh melemah. Para peneliti menemukan bahwa saat ginjal mengeluarkan kelebihan natrium, efek domino yang terjadi dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

Karena itulah penting bagi kita untuk mengkonsumsi garam dalam batas wajar agar sistem kekebalan tubuh senantiasa terjaga demi meminimalisir penularan virus Corona. Di Indonesia sendiri, batas konsumsi natrium yang disarankan oleh Kemenkes adalah 2.000 miligram natrium atau 5 gram garam (1 sendok teh) per orang setiap harinya.

3. Gorengan


Gorengan

Makanan berminyak seperti gorengan menjadi salah satu camilan favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan gurih memang bikin nagih. Sayang, tingginya kandungan lemak di dalam gorengan berperan penting dalam menurunkan sistem kekebalan tubuh. Alih-alih digoreng, sebaiknya konsumsi makanan yang direbus jika ingin tubuh kalian menjadi lebih sehat dan kebal dari virus.

Selain itu, hindari juga camilan lezat seperti keripik kentang yang mengandung garam dan minyak. Tingginya kandungan tersebut dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memicu berbagai penyakit berbahaya seperti darah tinggi serta kolesterol.

4. Permen dan Es Krim


Permen dan Es Krim

Permen menjadi salah satu camilan favorit banyak orang, terutama anak-anak. Sayangnya, permen yang kaya akan gula dapat menimbulkan dampak buruk bagi sistem kesehatan seseorang. Mengkonsumsi permen secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan yang berujung pada melemahnya sel darah putih dalam mempertahankan antibodi dan melawan infeksi. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, permen dapat menurunkan sistem imun tubuh dan memicu berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan kolesterol.

Seperti halnya permen, es krim ternyata juga dapat melemahkan daya tahan tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena es krim mengandung gula, krim tinggi lemak dan susu yang dapat memicu peradangan serta meningkatkan kadar gula darah yang bisa membahayakan kesehatan. Karena itu, sebaiknya ganti konsumsi es krim dengan yoghurt tanpa rasa atau kefir yang dapat meningkatkan kesehatan usus, lokasi utama produksi sel kekebalan.

5. Daging Merah


Daging Merah

Makanan yang kaya akan asam seperti daging merah ternyata dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jika kita mengkonsumsi makanan asam secara berlebihan, beban pH pada tubuh akan menjadi asam. Saat kandungan asam meninggi, mineral seperti magnesium, kalsium, kalium dan bikarbonat menjadi rendah dan membahayakan kesehatan. Tak hanya itu, daging merah juga kaya akan asam lemak omega 6 yang dapat menyebabkan peradangan ganda.

Selain daging merah, sebaiknya hindari juga berbagai jenis makanan cepat saji. Makanan ini dapat menurunkan sistem imun karena kaya akan kalori, lemak jenuh, natrium dan gula. Yang lebih parah, makanan cepat saji juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 serta gangguan jantung.

6. Soda


Soda

Soda menjadi salah satu pemuas dahaga di tengah cuaca panas. Namun jika dikonsumsi terlalu sering, minuman satu ini justru dapat menurunkan imunitas tubuh. Selain karena tinggi gula, beberapa jenis soda juga mengandung pewarna yang berdampak buruk pada lapisan gastrointestinal.

Selain itu, minuman berkarbonasi ini biasanya juga mengandung fosfor yang dapat menyebabkan penipisan kalsium dari sel melalui ginjal. Padahal, kalsium memiliki peran vital dalam aktivasi sel dalam sistem kekebalan. Akibatnya, sistem imun tubuh akan melemah karena jumlah kalsium yang semakin menipis.

7. Kopi dan Teh


Kopi dan Teh

Kopi dan teh menjadi salah satu minuman favorit banyak orang di berbagai kalangan usia. Jika dikonsumsi dengan bijak, kedua minuman ini dapat memberikan efek baik karena kandungan antioksidannya yang tinggi berkaitan dengan antiradang.

Namun efeknya akan jauh berbeda jika dikonsumsi secara berlebihan. Tingginya kandungan kafein di dalamnya dapat mengganggu kualitas tidur yang berujung pada meningkatnya risiko peradangan dan penurunan daya tahan tubuh. Bahkan, kafein yang ada di dalamnya juga memiliki sifat diuretik yang bisa membuat seseorang terhidrasi namun merasa mual di saat bersamaan.

8. Alkohol


Alkohol

Alkohol menjadi salah satu minuman yang cukup berbahaya bagi kesehatan, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya minuman keras satu ini dapat mengganggu jalur kekebalan dan pola tidur. Pada akhirnya, kondisi ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga kita lebih rentan terinfeksi virus, kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Demikian delapan makanan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui delapan tips hidup sehat di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk menjaga kesehatan lansia di tengah pandemi virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel