Frustasi Pada DPR Hingga Ingin Pindah Negara, Ini Tips Bangun Kerajaan Sendiri Seperti Sunda Empire
SerbaSerbi
Pengesahan UU Cipta Kerja

Pengesahan RUU Cipta Kerja telah membuat sebagian besar warga Indonesia frustasi hingga ingin pindah negara. Begini tips dan biaya bangun kerajaan sendiri seperti Sunda Empire.

WowKeren - Pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memicu gelombang kritik besar-besaran dari masyarakat Indonesia. Bahkan, tak sedikit warga yang menjadi frustasi dengan UU Ciptaker hingga membuat ingin pindah ke negara lain.

Topik tentang pindah status kewarganegaraan saat ini memang sedang ramai dibahas di media sosial bersamaan dengan polemik UU Ciptaker. Namun selain pindah kewarganegaraan, muncul juga tips untuk membuat kerajaan sendiri seperti Keraton Agung Sejagad (KAS) dan Sunda Empire.

Dilansir dari Vice, setidaknya membutuhkan modal sekitar Rp100 juta jika berniat membuat sebuah kerajaan. Jumlah tersebut terdiri dari sejumlah aspek yang diperlukan untuk membangun kerajaan. Berikut merupakan penjabaran aspek dan biaya yang dibutuhkan jika berniat membangun kerajaan sendiri.

1. Kostum

Konsep kostum sangat diperlukan jika ingin membangun kerajaan baru. Pasalnya, kostum dapat menggambarkan unsur tradisi hingga nilai-nilai dari kerajaan yang akan dibangun.

Sewa kostum dapat menjadi solusi bagi kerajaan baru yang belum memiliki pemodal besar. Adapun kisaran biaya sewa kostum yang lumayan terjangkau adalah Rp75-550 ribu per hari. Namun, tentu saja opsi menyewa sangat tidak efektif karena harus dipakai setiap hari.

Oleh sebab itu, lebih baik membeli atau membuat kostum sendiri. Pendiri Kaira Wedding Organizer asal Yogyakarta, Dhara menyebutkan ongkos pembuatan pakaian adat atau kostum berkisar Rp1,5 juta-Rp2,5 juta.

”Untuk bertema tradisional, sewa kostum ada di kisaran Rp1,5 juta,” kata Dhara seperti dilansir dari Vice Indonesia, Selasa (6/10). “Namun, tidak sedikit yang memutuskan untuk membuat pakaiannya meski tidak akan dipakai setiap hari, itu Rp2,5 juta.”

Oleh sebab itu kebutuhan kostum akan disesuaikan dengan jumlah pengikut kerajaan. Jika memiliki 20 pengikut, maka rara-rata uang yang harus disiapkan berjumlah Rp50 juta.

2. Dekorasi


Kerajaan baru tentunya membutuhkan dekorasi yang dapat menjadi ciri khas. Adapun harga dekorasi jika membutuhkan atribut seperti bendera kerajaan hingga umbul-umbul sekitar Rp5,5 juta hingga Rp20 juta.

3. Istana

Kerajaan baru tentunya membutuhkan istana untuk memerintah. Sebagai contoh KAS yang memiliki bangunan keraton sebagai istana pemerintahan karena salah satu anggotanya memberi tanah secara cuma-cuma untuk kerajaan.

Namun tentunya tidak semua bisa mendapatkan tanah secara cuma-cuma. Sebagai gantinya, bisa mencoba untuk mengontrak rumah dulu sebagai istana karena harga jauh lebih terjangkau ketimbang membangun sebuah keraton. Salah satu lokasi yang memiliki harga sewa cukup terjangkau adalah Purworejo, yakni Rp6-15 juta saja per tahun.

4. Sewa Kuda

Kuda dinilai sebagai salah satu unsur yang penting jika ingin membuat kerajaan layaknya KAS ataupun Sunda Empire. Pasalnya, kerajaan sering tidak terlepas dari kuda-kuda.

Harga sewa kuda yang ditemukan, yakni di Bali adalah Rp400 ribu per hari. Namun untuk membangun kerajaan tentunya tidak benar jika menyewa kuda, melainkan harus memilikinya.

Dilansir dari CNNIndonesia, harga kuda di Qatar setara Rp90 miliar. Kuda ini adalah kuda premium dan masuk kategori terbaik untuk pacu. Tetapi jika modal sangat minim, maka bisa beralih ke kuda biasa yang berjumlah Rp200 juta. Sementara itu, kuda termurah sempat disebut bisa didapatkan dengan harga Rp30 juta.

5. Ahli Public Speaking

Public speaking sangat diperlukan sebagai juru bicara kerajaan yang akan dibangun. Berdasarkan situs stack social, ada pendidikan berbicara di depan publik dengan harga terjangkau sebesar Rp180 ribu. Tentunya hal ini sangat menguntungkan lantaran kerajaan baru ini bisa membakar semangat rakyat hanya dengan modal Rp200 ribu.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts