Massa Mulai Turun Demi Tolak UU Ciptaker, Gelaran Demo Dengan Social Distancing Jadi Sorotan
Nasional
Pengesahan UU Cipta Kerja

DPR RI resmi mengesahkan UU Cipta Kerja pada Senin (5/10) malam dan sontak memicu beragam pendapat kontra. Kaum buruh pun kini menggelar aksi demi menolak UU tersebut.

WowKeren - DPR RI dan Pemerintah sudah mengesahkan UU Cipta Kerja Omnibus Law dalam Sidang Paripurna pada Senin (5/10) kemarin. Pengesahan yang dilakukan 3 hari lebih cepat dari jadwal ini pun sontak memicu amarah publik dan tak mengendurkan niat para buruh untuk berdemonstrasi.

Sebagai pengingat, sedianya kaum buruh akan melakukan aksi mogok kerja nasional pada Selasa (6/10) sampai Kamis (8/10). Dan kendati sudah dilarang pihak kepolisian, buruh tetap beraksi sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Beberapa video aksi massa para buruh pun telah meramaikan jagad maya sejak Selasa pagi. Dan rupanya aksi massa pun berlangsung tertib, bahkan beberapa di antaranya menggelar demonstrasi dengan menerapkan social distancing lantaran dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

"Demo nya pakai socialdistancing dong," cuit @yenzzz_U. Ia lantas menyertakan video yang direkam dari kawasan industri di Rancaekek, Kabupaten Sumedang-Bandung, Jawa Barat. Tampak massa demonstran berjalan perlahan dengan saling menjaga jarak satu sama lain sembari tetap menyuarakan aspirasi mereka.

Twitter


Demo serupa tak hanya terjadi di Jabar. Demonstran dari Sidoarjo juga siap menyuarakan aspirasi mereka ke DPRD Kabupaten Sidoarjo. "Sidoarjo mulai bergerak dri kawasan industri menuju DPRD Kabupaten Sidoarjo," tulis @Lini_ZQ.

Twitter

Meski tak menerapkan social distancing selayaknya di Rancaekek, namun demonstran terlihat bergerak dengan tertib. Informasi terbaru menyebut para demonstran telah memasuki kawasan DPRD Sidoarjo.

Sedangkan demonstrasi serupa juga dilakukan oleh perwakilan KASBI, salah satu serikat pekerja yang ikut serta menolak UU Cipta Kerja. Kompak mengenakan pakaian merah, mereka berjalna beriringan dengan tertib sembari menyuarakan aspirasi.

Twitter

"Kawan-kawan KASBI pagi ini. Sehat sehat selalu. Hormat diberi," kata @nadyaalfi dalam unggahan videonya. Kendati tak terlalu menjaga jarak, namun aksi ini berlangsung dengan tertib dan dalam pengawasan polisi.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts