Satgas COVID-19 Ungkap 3 Provinsi yang Sukses Tekan Kematian Corona
Nasional

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, juga mengungkapkan lima provinsi dengan kenaikan kematian tertinggi dalam sepekan terakhir.

WowKeren - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menyatakan bahwa angka kematian akibat virus corona di tingkat nasional dalam sepekan terakhir telah turun sebesar 7,7 persen dibanding pekan sebelumnya. Wiku lantas memberikan apresiasinya kepada provinsi yang telah sukses menekan angka kematian COVID-19.

"Kami mengapresiasi provinsi yang berhasil menekan angka kematian pada pekan ini," tutur Wiku dalam konferensi pers pada Selasa (6/10). "Dan berkontribusi dalam penurunan menekan angka kematian secara nasional."

Wiku mengungkapkan tiga provinsi yang berhasil menekan angka kematian COVID-19 dalam sepekan terakhir adalah Jawa Tengah, Banten, dan Riau. Ketiga provinsi tersebut kini tidak lagi masuk lima provinsi dengan kenaikan kasus kematian COVID-19 tertinggi.

"Jawa Tengah, Banten dan Riau, yang berhasil menekan angka kematian pada pekan," ungkap Wiku. "Sehingga berhasil keluar dari lima besar provinsi dengan kenaikan kematian tertinggi."


Sementara itu, provinsi Jawa Barat dan Kalimantan Timur disebut Wiku masih masuk dalam lima besar provinsi dengan kenaikan kematian tertinggi. Sumatera Barat, Aceh dan Papua juga masuk dalam lima besar provinsi dengan kenaikan kasus kematian COVID-19 tertinggi pekan ini.

Oleh sebab itu, Wiku meminta agar Kepala Daerah di lima provinsi tersebut benar-benar melakukan penanganan pasien COVID-19 dengan baik. "Utamanya pada pasien dengan gejala sedang - berat serta pasien dengan pasien komorbid atau penyakit penyerta. Tingkatkan kualitas pelayanan COVID-19 di rumah sakit, perbanyak rumah sakit darurat jika diperlukan," terang Wiku.

Dalam kesempatan yang sama, Wiku juga mengungkapkan bahwa kasus positif COVID-19 dalam sepekan terakhir mengalami penurunan sebesar 7,4 persen dibanding pekan lalu. Menurunnya kasus positif COVID-19 dan angka kematian ini pun menjadi kabar baik di tengah pandemi di Indonesia. Sayangnya, angka kesembuhan pasien COVID-19 juga menurun sebesar 0,9 persen dibanding pekan sebelumnya.

"Di antara kabar baik yakni kasus positif dan angka kematian yang menurun di pekan ini, ternyata angka kesembuhan juga mengalami penurunan. Seharusnya angka kesembuhan harus selalu diupayakan untuk meningkat, dari waktu ke waktu setiap minggunya," ujar Wiku. "Meskipun kurang dari 1 persen, ini sangat bermakna untuk masyarakat."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru