Mike Pence dan Kamala Harris Jalani Tes COVID-19 Sebelum Debat Cawapres
Getty Images
Dunia

Kedua kandidat akan berdiri sejauh 3,6 meter dan dilengkapi sekat pleksiglas. Keduanya tidak akan melakukan jabat tangan atau kontak fisik, termasuk dengan moderator debat.

WowKeren - Debat cawapres antara Mike Pence dari Partai Republik dan Kamala Harris dari Partai Demokrat tengah berlangsung pada Rabu (7/10) malam waktu setempat di Salt Lake City, Utah. Sebelum memulai debat, kedua cawapres tersebut diwajibkan melakukan tes COVID-19 sebagai langkah pencegahan.

Saat di atas panggung, baik kandidat maupun moderator Susan Page tidak mengenakan masker. Namun semua penonton yang hadir harus mengenakan masker, menjalani tes virus corona, dan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Kedua kandidat akan berdiri sejauh 3,6 meter dan dilengkapi sekat pleksiglas. Keduanya tidak akan melakukan jabat tangan atau kontak fisik, termasuk dengan moderator debat.

Sehari sebelum debat, tim kampanye cawapres Partai Republik Mike Pence menyatakan menolak untuk menggunakan pleksiglas selama debat cawapres. Namun mereka kemudian berubah pikiran dan setuju menggunakan sekat demi kepentingan bersama, meskipun secara ilmiah sekat pleksiglas tidak terbukti mampu menahan penularan COVID-19.


"Kami telah menanyakan kebutuhan medis atau ilmiah penggunaan pleksiglas ketika dua kali pedoman jaga jarak (sesuai anjuran CDC) telah diterapkan," kata seorang ajudan Mike Pence.

Sebelumnya, komisi pemilu pada Senin (5/10) memang telah mengumumkan serangkaian penyesuaian pada debat cawapres, termasuk penggunaan sekat pleksiglas untuk mencegah penyebaran virus corona. Penyesuaian ini dilakukan setelah Presiden Donald Trump dan sejumlah orang di sekitarnya dikonfirmasi terinfeksi COVID-19.

Debat antara keduanya merupakan satu-satunya debat wakil presiden dan akan menjadi pertarungan paling ditunggu tahun ini. Terlebih, ini juga menandai momen bersejarah karena Harris menjadi wanita kulit hitam dan Asia Selatan pertama yang berpartisipasi dalam debat kampanye pemilihan umum presiden AS.

Di sisi lain, pilpres AS akan digelar pada 3 November mendatang. Duet petahana Donald Trump dan Mike Pence akan berhadapan dengan pasangan capres-cawapes Joe Biden dan Senator Kamala Harris yang diusung dari Partai Demokrat. Satu kandidat lagi adalah Jo Jorgensen yang diusung Partai Libertarian.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru