Film Biopik Tentang Para Pemimpin Terbaik di Dunia Ini Wajib Ditonton, Seru dan Inspiratif!
Dreamworks Pictures/Focus Features
Film

Mulai dari Mahatma Gandhi hingga Soekarno, berikut rekomendasi film biopik para pemimpin dunia yang kisahnya dijamin bisa memberikan pelajaran hidup. Apa saja?

WowKeren - Kisah hidup sejumlah tokoh berpengaruh di dunia memang kerap kali diangkat sebagai tema dari sebuah film. Kendati penggemarnya tak sebanyak film-film superhero maupun sci-fi, namun film biopik bisa dibilang masih menjadi salah satu primadona di bioskop.

Film biopik diangkat dari kisah nyata yang berbalut sentuhan dramatis dan selalu mampu memberikan inspirasi bagi penikmatnya. Dengan demikian, penonton bisa belajar sejarah dan dapat memetik banyak pelajaran hidup dari orang-orang hebat yang kisahnya diangkat menjadi film.

Telah banyak tokoh-tokoh dunia yang kisahnya diangkat ke layar lebar dan sukses besar. Nah, berikut tim wowkeren.com merekomendasikan film biopik para pemimpin dunia yang kisahnya dijamin bisa memberikan pelajaran hidup para penonton.

(wk/luth)

1. The Last Emperor


The Last Emperor
Columbia Pictures

Film besutan Bernardo Bertolucci ini mengisahkan Pu Yi, orang terakhir yang menjabat sebagai kaisar dalam sejarah Tiongkok.

"The Last Emperor" menceritakan sosok Pu Yi yang sudah ditunjuk sebagai kaisar sejak berusia dua tahun 10 bulan pada 1908 setelah kaisar sebelumnya wafat. Film yang dibintangi John Lone ini menggambarkan awal kehidupan Pu Yi, pemberontakannya melawan praktik pengadilan tradisional, saat-saat dia diasingkan setelah kudeta, hingga masa-masa dia ditahan oleh Tentara Merah.

Di tahun rilisnya, film ini diganjar banyak penghargaan, di antaranya sembilan Piala Oscar dan empat kategori Golden Globe.

2. Gandhi


Gandhi
Columbia Pictures

Sosok Mahatma Gandhi dikenal sebagai salah satu aktor di balik kemerdekaan India. Tak cuma itu, Gandhi juga memperjuangkan hak asasi dan kemerdekaan, bahkan di tingkat dunia.

Kisahnya yang inspiratif ini kemudian diangkat ke film "Gandhi" yang digarap oleh Richard Attenborough. Film ini sendiri menuai banyak penghargaan, termasuk "Best Director", "Best Picture", "Best Actor", "Best Writing", "Best Art Direction", dan "Best Cinematography" dari Academy Awards ke-55.

Meski telah dirilis lebih dari tiga dekade silam, film ini tetap relevan ditonton di masa sekarang.

3. Mandela: Long Walk To Freedom


Mandela: Long Walk To Freedom
Pathe UK

Bukan tanpa alasan nama Nelson Mandela sering disebut-sebut dalam buku pelajaran sejarah. Pasalnya, Mandela dikenal sebagai sosok revolusioner yang ngelawan sistem Apartheid di Afrika Selatan. Dia juga menjadi presiden pertama Afrika Selatan yang terpilih lewat sistem demokrasi.

Demi melawan diskriminasi rasial yang melanda bangsanya, Mandela tak kapok berjuang meski dipenjara beberapa kali. Kisah hidup dan perjuangan sosok Mandela pun diangkat dalam film "Mandela: Long Walk To Freedom" yang diarahkan oleh Justin Chadwick.

Dibintangi oleh Idris Elba dan Naomie Harris, film yang diangkat dari buku autobiografi Mandela ini menuai banyak apresiasi di seluruh dunia.

4. Lincoln


Lincoln
Dreamworks Pictures

Sebagai negara adidaya, tentu Amerika Serikat punya perjalanan sejarah yang menarik. Sosok-sosok presidennya pun kerap menjadi perhatian dunia. Tak terkecuali presiden ke-16 mereka, Abraham Lincoln.

Lincoln sendiri dikenal sebagai pemimpin yang mampu membuat negaranya keluar dari perang saudara. Sayangnya, kisah hidup Lincoln berakhir tragis. Pada 1865, Lincoln ditembak mati di sebuah gedung teater oleh seorang pemain teater yang mengidap gangguan jiwa.

Kisah hidup sang Presiden kemudian diangkat dalam layar lebar. Bertajuk "Lincoln", film biopik ini dibintangi oleh Daniel Day-Lewis dan diarahkan oleh sutradara kondang Steven Spielberg.

5. Darkest Hour


Darkest Hour
Focus Features

Film rilisan tahun 2017 ini berlatar di era 1940-an. "Darkest Hour" menyoroti tentang kisah orang Inggris yang paling terkemuka di dunia, Winston Churchill.

Film ini menceritakan tentang awal pemilihan Churcill sebagai perdana menteri Inggris. Kamu juga bisa menyaksikan intrik dalam dunia politik seputar kekuasaan dan keberpihakan terhadap rakyat yang sama sekali tak membosankan untuk dilihat. Bahkan film ini berhasil mengantarkan Gary Oldman menyabet piala Aktor Terbaik di Academy Awards, lho!

6. Soekarno


Soekarno
MVP Pictures

Indonesia pernah punya sosok presiden yang keberadaanya cukup diperhitungkan di mata dunia. Dialah Soekarno, Presiden pertama Tanah Air yang dikenal berkat perjuangannya sehingga Indonesia bisa meraih kemerdekaannya hingga saat ini.

Film "Soekarno" sendiri sebenarnya sempat mendapat kecaman dari banyak pihak, termasuk Rachmawati Soekarnoputri, putri Bung Karno. Namun, di balik segala kekurangan yang ada, upaya Hanung Bramantyo selaku sutradara dalam mengenalkan tokoh-tokoh sejarah bangsa lewat film ini patut diacungi jempol.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru