Ampuh dan Tak Butuh Banyak Biaya, Ini 8 Cara Efektif Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi
SerbaSerbi

Ada beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

WowKeren - Salah satu ruangan penting yang ada di dalam rumah adalah kamar mandi. Karena kita gunakan sehari-hari, kamar mandi harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak menjadi sarang kuman dan penyakit. Dengan begitu, kita akan selalu merasa nyaman saat berada di dalam kamar mandi.

Sayangnya, penumpukan kuman di dalam kamar mandi sering memunculkan bau tidak sedap. Bahkan baunya tak kunjung hilang meski kita menggunakan pewangi atau kamper kamar mandi. Jika sudah demikian, kita pasti merasa tidak nyaman saat beraktivitas di dalamnya.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa cara efektif untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Bersihkan Secara Teratur


Bersihkan Secara Teratur

Cara utama yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi adalah dengan membersihkannya secara teratur. Karena salah satu penyebab munculnya bau tak sedap adalah kerak dan kotoran yang menempel di permukaan kamar mandi.

Usahakan untuk melakukan pembersihan total setidaknya seminggu sekali. Jangan menunggu terlalu lama, karena kalian pasti akan merasa kelelahan jika harus membersihkan kamar mandi yang sangat kotor. Bagi kalian yang kebingungan harus mulai dari mana saat membersihkan kamar mandi, sebaiknya simak beberapa tipsnya di sini.

2. Buat Sirkulasi Udara dengan Baik


Buat Sirkulasi Udara dengan Baik

Selain karena kuman dan kotoran, bau tak sedap di kamar mandi juga bisa disebabkan karena udara yang tidak berputar dengan baik. Maka dari itu, pastikan sirkulasi udara di kamar mandi kalian berada dalam kondisi baik dan memiliki ventilasi udara yang cukup. Tidak harus sampai renovasi, sebab kalian hanya perlu membuka jendela yang ada di kamar mandi secara berkala untuk membiarkan udara masuk.

Selain itu, usahakan juga untuk menjaga kamar mandi tetap kering agar tidak lembab. Caranya mudah, yaitu biarkan pintunya terbuka saat tidak digunakan kemudian lap shower dan dinding agar udara segar bisa masuk ke dalam kamar mandi.

3. Tutup Lubang Saluran Air Saat Tidak Digunakan


Tutup Lubang Saluran Air Saat Tidak Digunakan

Bau tak sedap juga sering berasal dari lubang saluran air karena kotor dan dekat dengan got. Karena itulah pastikan untuk menutup lubang saluran air di kamar mandi saat sedang tidak digunakan. Dengan begitu, bau busuk yang berasal saluran air tersebut tidak akan memenuhi kamar mandi kalian.

Selain itu, kalian juga bisa menyiram karbol di lubang saluran air. Cairan satu ini mengandung disinfektan yang dapat membunuh kuman maupun bakteri. Dengan menyiramnya di lubang saluran air, bau tak sedap di kamar mandi kalian dijamin bakal hilang!

4. Bersihkan dengan Cuka dan Baking Soda


Bersihkan dengan Cuka dan Baking Soda

Cuka dan baking soda tak hanya mampu menghilangkan noda membandel, namun juga efektif digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. Caranya mudah, pertama-tama teteskan cuka putih secukupnya pada handuk lalu kibaskan di dalam kamar mandi. Dengan begitu, bau tak sedap dan bau rokok yang ada di dalamnya akan musnah.

Di sisi lain, menghilangkan bau tak sedap dengan baking soda juga sangat praktis. Pertama, siram bagian toilet dengan air lalu taburkan secangkir baking soda dan diamkan selama satu jam. Setelah itu siram toilet seperti biasa dan ulangi cara ini setiap kali kamar mandi berbau tak sedap.

5. Teteskan Minyak Esensial di Sudut Ruangan


Teteskan Minyak Esensial di Sudut Ruangan

Minyak esensial memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. Cara kerjanya adalah dengan menciptakan bau harum yang berasal dari ekstrak bunga dan rempah. Kalian bebas memilih aroma apa saja, asalkan yang berbau tajam seperti lemon atau peppermint. Agar hasilnya lebih maksimal, kalian bisa meneteskan minyak esensial di bagian dalam gulungan tisu toilet.

Selain itu, kalian juga bisa meneteskan minyak kayu putih di berbagai sudut kamar mandi seperti di bagian wastafel, kloset, lubang saluran air maupun sudut-sudut lainnya. Bila tak suka bau minyak kayu putih, kalian bisa menggantinya dengan minyak telon yang memiliki aroma lebih lembut. Meski terdengar aneh, cara ini terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi.

6. Simpan Tanaman di Kamar Mandi


Simpan Tanaman di Kamar Mandi

Cara efektif berikutnya adalah dengan meletakkan tanaman yang dapat memunculkan udara segar dan wangi di kamar mandi. Pastikan untuk memilih tanaman yang tahan air dan mudah dirawat seperti anggrek, kaktus bunga, begonia, sirih gading dan masih banyak lagi.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan bunga kering atau yang dikenal dengan potpourri. Caranya mudah, sebab kamu hanya perlu mencampurkan bunga-bunga kering dan minyak esensial dalam satu wadah, kemudian letakkan di pojok kamar mandi atau di sekitar area wastafel. Dengan begitu, kamar mandi kalian akan lebih harum dan bau tak sedap akan hilang.

7. Tuang Ampas Kopi di Lubang Toilet


Tuang Ampas Kopi di Lubang Toilet

Selain dinikmati sebagai minuman, kopi juga dapat digunakan untuk menyingkirkan bau tak sedap di kamar mandi. Caranya pun sangat mudah, pertama-tama campur bubuk kopi dengan air panas dan sedikit garam lalu siramkan ke lubang toilet. Jangan lupa untuk menyiramnya lagi dengan air bersih setelah beberapa saat.

Selain itu, kalian juga bisa meletakkan kopi giling atau kopi bubuk pada kain lalu ikat dan gantung di ruangan kamar mandi. Aromanya akan menyebar dengan sendirinya dan menyerap bau tak sedap yang muncul di kamar mandi.

8. Letakkan Lilin Aromaterapi di Kamar Mandi


Letakkan Lilin Aromaterapi di Kamar Mandi

Cara terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah dengan meletakkan lilin aromaterapi di kamar mandi. Tak perlu takut boros, karena kalian tidak harus menyalakannya sepanjang waktu melainkan ketika sedang mandi saja. Jika menggunakan cara ini, kalian tak hanya akan menyingkirkan bau tak sedap, namun juga mendapatkan suasana mandi yang lebih rileks dan menenangkan.

Demikian delapan cara efektif menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui delapan life hack soda kue yang dapat mempermudah pekerjaan rumah tangga. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara mudah membersihkan ponsel agar terhindar dari bakteri dan virus.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru