Oscar Lawalata Terlahir 'Berbeda', Sang Mama Sempat Salahkan Diri Sendiri
Instagram/oscarlawalata
Selebriti

Mario Lawalata menjadi penengah antara sang ibu, Reggy, dan kakaknya, Oscar. Mario berusaha memberikan pengertian apabila bukan salah sang ibu apabila Oscar terlahir 'berbeda'.

WowKeren - Keluarga Lawalata kembali membicarakan kisah keluarga yang tak pernah diceritakan. Sebagai penengah, Mario Lawalata berusaha menjelaskan pada sang ibu, Reggy, mengenai kondisi Oscar Lawalata yang telah mengaku sebagai transgender. Menurut Mario, sang ibu sempat menyalahkan diri sendiri terkait kondisi Oscar.

"Orangtua itu bukannya dia tidak setuju lo seperti ini, lo berbeda, bukan. Malah kalau yang saya lihat dari Mama, malah merasa Mama yang salah," ungkap Mario. "'Kenapa dulu Mama hidup sendiri, terlalu fokus untuk membesarkan anak, jadi kerja kerja kerja, jadi tidak membesarkan kita berdua selayaknya ibu yang menjaga, memonitor setiap hari'."

Menurut Mario, Oscar maupun sang ibu sama-sama tidak bersalah dalam kondisi ini. Oleh sebab itu, Mario berusaha membuat sang ibu tak lagi merasa bersalah.

"Saya juga harus bilang ke Mama, ini juga bukan salah Mama. Oscar itu bukan karena menyalahkan Mama makanya dia jadi berubah," jelas Mario. "Karena memang genetiknya yang berbeda. Dan dia merasa dia lebih comfort dengan dia menjadi seorang wanita."


Reggy kemudian kembali menceritakan prosesnya mengerti kondisi Oscar. Diakui Reggy, ia sebenarnya telah menyadari apabila Oscar tak berada di jalan yang salah. Namun hati Reggy terus menyatakan penolakan.

"Bahagia. Mario bilang 'Kalau Mama bertahan, sampai kapan Oscar akan bahagia?' Itu yang membuat saya sedih. Saya bilang sama Mario, give me a time," ujar Reggy. "Karena di kepala saya, saya bilang itu benar. Tapi hati saya itu masih lebih besar penolakan daripada pemikiran."

Reggy juga mengingat pernyataan Oscar yang langsung membuatnya berubah pikiran. Oscar kala itu mengatakan apabila tak berniat menyakiti sang ibu. Oscar pun tetap akan kukuh pada pendiriannya menjadi seorang transgender apapun keputusan sang ibu.

"Dengan berurai air mata yang sangat deep, dia bilang ke saya gini 'I'm sorry Mom. Apapun itu jawaban Mama, saya akan tetap jalan di sana. Tapi saya tidak ada niat untuk menyakiti, melukai hati seorang ibu'," pungkas Reggy. "Itu yang change saya langsung."

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait