Musuhan dengan Korsel, Ini Kata Netizen Jepang Soal Pidato RM BTS Dikecam Tiongkok
Selebriti
Kontroversi Pidato RM BTS

Pidato RM BTS di Van Fleet Award menuai kecaman dari Tiongkok. Lantas apa kata netizen Jepang yang memiliki hubungan tidak begitu akur dengan Korea Selatan?

WowKeren - Pidato RM (Rap Monster) untuk penghargaan yang diterima BTS (Bangtan Boys) di Van Fleet Award menuai kecaman dari Tiongkok. Lantas apa kata netizen Jepang yang memiliki hubungan tidak begitu akur dengan Korea Selatan?

Bagian dari pidato RM yang dianggap bermasalah merujuk pada tahun 2020 sebagai peringatan 70 tahun Perang Korea. Leader BTS itu bermaksud menghormati mereka yang mengorbankan hidup mereka untuk membantu Korea Selatan memisahkan diri dari Korea Utara.

Selama perang Korea, Amerika Serikat dan Korea Selatan berperang melawan Korea Utara dan Tiongkok. Netizen Tiongkok, dan bahkan ARMY di Tiongkok, cukup ekspresif dengan kritik mereka terhadap leader BTS tersebut.

Jepang dan Korea Selatan diketahui tidak pernah bersahabat. Dan dengan Tiongkok dalam gambar, sejarah belum secara tepat menunjukkan bahwa ketiga negara itu juga benar-benar rukun.

Musuhan dengan Korsel, Ini Kata Netizen Jepang Soal Pidato RM BTS Dikecam Tiongkok

Source: Kpopmap


Netizen Jepang menganggap reaksi Tiongkok terhadap pidato RM terlalu berlebihan. Namun mereka merasa leader BTS itu harus lebih hati-hati ketika berbicara dengan sejarah di masa depan.

"Perang Korea adalah perang yang terjadi dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat melawan Korea Utara dan Tiongkok. Kenapa orang Tionghoa mengeluh?" komentar netizen. "Aku benar-benar tidak suka BTS, tapi aku tidak merasa Tiongkok punya hak untuk marah dengan ini," tambah netizen lain.

"Tidak ada yang salah dalam pidato RM, tapi kupikir dia seharusnya berhati-hati ketika berbicara tentang perang," sahut yang lain. "Sudut pandang sejarah berbeda antar bangsa, perlu lebih hati-hati untuk menghindari situasi seperti ini," pungkas lainnya.

Sementara itu, BTS baru saja menggelar konser online "MAP OF THE SOUL ON:E" pada 10 dan 11 Oktober. Konser ini memecahkan rekor dengan meraup 993 ribu penonton.

Dalam berita lain, BTS kembali mencetak sejarah baru dengan pencapaian mereka. Grup besutan Big Hit Entertainment itu kini memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 dengan dua lagu sekaligus, "Savage Love" dan "Dynamite".

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts