Sebelum Bertambah Parah, Atasi Alergi Kosmetik dengan 8 Cara Mudah Ini
Lifestyle

Saat mengalami alergi kosmetik atau skincare, kulit biasanya akan kemerahan, gatal, bengkak hingga iritasi. Jika kalian sedang mengalaminya, sebaiknya segera atasi dengan delapan cara mudah ini agar tidak bertambah parah.

WowKeren - Pada dasarnya wanita selalu ingin tampil cantik dan menawan di berbagai kesempatan. Untuk mempercantik diri, mereka biasanya akan melakukan perawatan dan menggunakan berbagai produk kosmetik atau skincare. Hal ini memang menyenangkan, terutama bila kamu tipe wanita yang suka menggunakan riasan.

Namun, ada kalanya kulit akan menunjukkan reaksi alergi bila kita terlalu sering mencoba dan berganti-ganti produk kosmetik. Alih-alih mendapatkan manfaatnya, kulit kita justru akan rusak, kemerahan, terasa panas, gatal, bengkak, berjerawat dan menunjukkan berbagai reaksi alergi lainnya.

Sebelum bertambah parah, kita tentu harus mengatasinya secepat mungkin. Untuk itu, tim WowKeren akan membagikan beberapa cara mengatasi alergi kosmetik yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jangan Menggaruk Wajah


Jangan Menggaruk Wajah

Saat mengalami alergi, tentunya kita akan merasa gatal sehingga selalu ingin menggaruknya. Memang sulit untuk menahan keinginan tersebut, namun menggaruk kulit bisa membuat alergi kalian semakin parah. Alih-alih menggaruk, kalian bisa mengusap bagian yang gatal secara perlahan dengan tangan bersih. Tujuannya agar tidak ada bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah yang sedang sedang alergi.

Jika kulit terasa sangat gatal, kamu bisa mengompresnya dengan es batu setelah mencuci wajah. Hal ini disebabkan karena es batu dapat mengontraksi pembuluh darah sehingga pembengkakan di kulit dapat mereda. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kompres air dingin untuk meredakan gatal dan mengurangi peradangan pada kulit.

2. Hentikan Penggunaan Kosmetik Penyebab Alergi


Hentikan Penggunaan Kosmetik Penyebab Alergi

Tips berikutnya ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Ketika kulit mulai menunjukkan reaksi alergi, sebaiknya hentikan penggunaan kosmetik untuk sementara waktu. Terutama jika kamu mengalami keluhan seperti gatal, panas hingga kulit berwarna kemerahan. Jika terus digunakan karena sayang membuangnya, alergi yang kamu alami bisa bertambah parah.

Saat sedang "puasa" menggunakan kosmetik, usahakan untuk menggunakan sunscreen setiap keluar rumah agar alergi tidak semakin parah. Selain itu, sebaiknya hindari terkena paparan sinar matahari terlalu lama dan gunakan pelindung seperti payung atau topi untuk menghindari efek negatifnya.

3. Jaga Kebersihan Wajah


Jaga Kebersihan Wajah

Agar alergi tidak bertambah parah, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan wajah. Cuci wajah sebanyak 2-3 kali sehari dan jangan terlalu sering agar kelembapannya senantiasa terjaga. Pilih sabun wajah yang lembut, tidak mengandung parfum, paraben, sls dan alkolhol karena kandungan tersebut dapat memperparah alergi serta membuat kulit semakin kering.

Kamu juga harus menjaga kebersihan tangan karena alergi kosmetik tidak hanya disebabkan oleh kandungan dari produk. Jika kamu terbiasa mengaplikasikan produk kosmetik pada wajah dengan tangan kotor yang belum dibersihkan, bakteri dan kuman yang ada di tangan bisa berpindah dengan mudah ke wajah dan menyebabkan alergi.

4. Gunakan Pelembab


Gunakan Pelembab
Unsplash/Anastasiia Ostapovych

Kita memang disarankan untuk menghentikan penggunaan produk kosmetik saat mengalami alergi. Namun, kamu tetap boleh menggunakan produk yang dapat melindungi kulit dan mengurangi gejala alergi seperti sabun pembersih wajah, sunscreen dan pelembab. Produk-produk ini mampu melindungi kulit dari alergen dan mencegah alergi bertambah parah.

Yang perlu diingat, kamu harus memilih produk dengan bahan-bahan yang cocok untuk kulit yang sedang alergi. Kamu bisa menggunakan pelembab yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, aloe vera dan centella asiatica. Kandungan tersebut diketahui dapat melembapkan kulit, memperkuat pertahanan kulit agar tidak berjerawat serta meredakan rasa gatal karena alergi.

5. Rawat Wajah dengan Bahan Alami


Rawat Wajah dengan Bahan Alami

Istirahat dari skincare bukan berarti kamu boleh mengabaikan wajahmu begitu saja. Usahakan untuk tetap memberinya perawatan dengan menggunakan berbagai bahan alami yang ada di rumah seperti oatmeal dan minyak zaitun. Oatmeal diketahui dapat meredakan gatal serta meringankan hipersensitivitas dan pembengkakan di wajah akibat alergi.

Di sisi lain, minyak zaitun mengandung lemak baik, vitamin A dan E yang mampu melembapkan kulit untuk meredakan alergi serta peradangan. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, yakni oleskan minyak zaitun pada bagian yang terkena alergi lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air dan sabun pembersih wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin dan lihat hasilnya.

6. Pilih Produk yang Aman


Pilih Produk yang Aman
Shutterstock

Untuk selanjutnya, pastikan selalu memilih produk kosmetik yang aman bagi kulit, terutama buat kalian berkulit sensitif dan rentan alergi. Sebagai contoh, jika kalian alergi terhadap kacang dan alkohol, sebaiknya hindari produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan tersebut. Cari produk lain dengan bahan berbeda yang memiliki manfaat serupa tanpa efek samping negatif.

Pilih produk yang bersifat hypoallergenic atau dermatology tested karena lebih aman untuk mereka yang berkulit sensitif atau rentan alergi. Bila perlu, tes produk dengan mengaplikasikannya di tangan lalu tunggu selama 48-72 jam. Jika kalian mengalami kulit kemerahan, bengkak dan rasa terbakar, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut.

7. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Hindari Makanan Berminyak


Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Hindari Makanan Berminyak
Rawpixel/Ake

Cara mengatasi alergi kosmetik berikutnya yang bisa kalian terapkan dengan mudah adalah memperbanyak konsumsi air putih. Selain baik untuk kesehatan tubuh, air putih juga memiliki sejumlah khasiat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk melembapkan kulit dan membuang racun dalam tubuh sehingga alergi dapat diminimalisir.

Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan berminyak dan pedas untuk sementara waktu. Meski terasa nikmat, jenis makanan ini dapat memicu lonjakan minyak di dalam tubuh dan menghambat penyembuhan alergi.

8. Berkonsultasi ke Dokter Kulit


Berkonsultasi ke Dokter Kulit

Bila sejumlah cara di atas belum mampu mengatasi alergi yang kamu alami, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kulit. Biasanya mereka akan menganalisis masalah yang terjadi pada kulit kita dan memberikan solusi terbaik. Mereka juga akan menjelaskan berbagai pantangan yang harus kita hindari dan memberikan alternatif produk yang aman untuk kulit. Tak hanya itu, dokter juga akan memberikan obat khusus yang berguna untuk mengurangi alergi yang kamu rasakan.

Demikian delapan cara mengatasi alergi yang telah tim WowKeren rangkum. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berbahaya bagi kulit. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahan alami yang ampuh mengatasi kulit kering.

You can share this post!

Related Posts