Hilangkan Cemas dan Gelisah, Ini 7 Cara Mudah Atasi Rasa Takut Naik Pesawat
Reuters/Lindsey Wasson
Travel

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut naik pesawat. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Pesawat merupakan moda transportasi yang bisa mengantar kita dengan cepat dan nyaman. Namun bagi sebagian orang, naik pesawat bisa menjadi momok menakutkan yang sulit diatasi. Secara umum ada dua faktor yang dapat mempengaruhi seseorang takut naik pesawat, yakni pengalaman traumatis dan lingkungan.

Pengalaman traumatis bisa didapat dari insiden tak mengenakkan di penerbangan sebelumnya, seperti mendengar suara keras selama penerbangan, mengalami turbulensi serta merasa sakit karena perubahan tekanan di dalam pesawat. Sedangkan faktor lingkungan dapat terjadi karena mendengar pengalaman trauma orang lain dan menyaksikan berita kecelakaan pesawat.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips mengatasi rasa takut naik pesawat bagi kalian yang membutuhkan. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Sering Pergi ke Bandara dan Melihat Pesawat


Sering Pergi ke Bandara dan Melihat Pesawat
Unsplash/Oskar Kadaksoo

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aviophobia atau fobia naik pesawat adalah dengan sering berkunjung ke bandara. Tidak harus langsung naik pesawat, namun Anda bisa melihatnya berlalu lalang untuk membiasakan diri.

Dengan melakukan cara ini, Anda bisa melihat-lihat suasana untuk melawan dan mengurangi rasa takut penerbangan. Bila perlu, buat jadwal khusus terkait kunjungan Anda ke bandara misalnya satu atau dua kali dalam seminggu. Setelah benar-benar siap, sebaiknya mulai beranikan diri untuk terbang.

2. Percaya dengan Keamanan Pesawat


Percaya dengan Keamanan Pesawat
Shutterstock

Untuk mengatasi fobia naik pesawat, kita harus menanamkan pikiran "percaya pada teknologi". NBC News dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa pesawat merupakan merupakan alat transportasi kedua yang paling aman untuk mengantar manusia berpindah tempat. Posisinya tepat berada di bawah eskalator atau elevator.

Pesawat dirancang tahan turbulensi dengan goncangan kuat sekalipun. Bahkan data menunjukkan bahwa sekitar 99 persen cedera yang terjadi akibat turbulensi dikarenakan penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman atau tertimpa bagasi yang jatuh. Apalagi sebelum penerbangan biasanya pesawat telah menjalani pengujian ketat secara menyeluruh untuk mengetahui kelayakannya.

3. Hipnoterapi


Hipnoterapi

Sebagian orang akan merasa kesulitan dalam mengatasi trauma atau rasa takutnya sendiri. Jika Anda juga demikian, tak ada salahnya untuk meminta bantuan ahli dan melakukan hipnoterapi. Untuk membantu Anda, ahli hipnosis biasanya akan memberikan sugesti melalui kalimat menenangkan yang bisa mengatasi kegelisahan. Bila diperlukan, mereka juga akan mengajarkan teknik self-hipnosis yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari teknik meditasi untuk menenangkan pikiran dan mengatasi rasa cemas selama penerbangan. Melakukan meditasi sesering mungkin akan membantu Anda berpikir jernih, mendapatkan energi positif dan lebih peka terhadap situasi.

4. Duduk di Tengah


Duduk di Tengah
Twitter/Kate82627921

Kebanyakan orang akan memilih duduk di dekat jendela agar dapat menikmati pemandangan dari udara. Namun jika Anda memiliki fobia naik pesawat, sebaiknya hindari posisi tersebut dan duduklah di kursi bagian tengah.

Pemilihan tempat duduk ini akan membuat Anda lebih rileks karena merasa aman dengan keberadaan orang di samping kanan dan kiri. Selain itu, Anda juga bisa berpegang pada kedua sandaran tangan ketika pesawat hendak lepas landas atau mendarat.

5. Perhatikan Demonstrasi Keselamatan dengan Seksama


Perhatikan Demonstrasi Keselamatan dengan Seksama
Shutterstock

Sebelum pesawat lepas landas, kru kabin biasanya akan menunjukkan demonstrasi keselamatan pada pemumpang. Umumnya, para penumpang tidak akan terlalu memperhatikan prosedur ini dan beranggapan bahwa panduan tersebut justru mengingatkan pada kecelakaan.

Namun jika Anda mengalami aviophobia, sebaiknya perhatikan demonstrasi keselamatan dengan seksama. Setelah memahami prosedur keselamatan, Anda bisa lebih tenang dan siap menyelamatkan diri jika terjadi kondisi darurat.

6. Informasikan Fobia Anda Pada Kru Kabin


Informasikan Fobia Anda Pada Kru Kabin
Rawpixel

Sebelum pesawat lepas landas, sebaiknya informasikan pada kru kabin jika Anda takut terbang. Jangan pernah merasa malu untuk mengungkapkan hal itu, karena mereka memiliki banyak cara untuk menghilangkan ketakutan tersebut dan membuat Anda merasa lebih tenang selama terbang.

Informasi tersebut juga akan sangat berguna jika Anda memerlukan bantuan pramugari di momen-monen tertentu. Contohnya ketika terjadi turbulensi, pramugari akan berusaha melakukan yang terbaik untuk membuat Anda tenang.

7. Buat Diri Anda Nyaman Selama Penerbangan


Buat Diri Anda Nyaman Selama Penerbangan

Tips terakhir yang WowKeren berikan ini juga sangat penting untuk dilakukan. Selama penerbangan, sebaiknya lakukan berbagai aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian dan lupakan fakta bahwa Anda sedang berada di ketinggian puluhan ribu kaki.

Anda bisa menyibukkan diri dengan menonton film, membaca buku, memakan sesuatu maupun berbincang dengan orang lain. Selain itu, Anda juga bisa beristirahat dan menggunakan minyak esensial yang memiliki efek menenangkan.

Demikian tujuh cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi fobia naik pesawat. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman bepergian menggunakan pesawat di masa pandemi virus Corona. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman berlibur di era new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait