Canggih! Perusahaan Ini Bikin ID Card yang Bisa Pantau Pasien COVID-19 Secara Real Time
Fox Logger
SerbaSerbi

Startup penyedia aplikasi pemantaun kendaraan, Fox Logger, yang memiliki kemahiran di bidang Internet of Things (IoT) mengembangkan ID card canggih yang berfungsi untuk menelusuri pasien COVID-19.

WowKeren - Sebuah startup penyedia aplikasi pemantaun kendaraan, Fox Logger banting setir di tengah pandemi corona. Kali ini, mereka merilisi ID card canggih yang berfungsi untuk menelusuri pasien COVID-19.

Fox Logger yang memiliki kemahiran di bidang Internet of Things (IoT) mengembangkan Fox Logger ID Card, sebuah alat memantau pergerakan orang atau objek yang menggunakan ID card tersebut. Tak hanya itu, pihak yang memantau memungkinkan dengan cepat mengetahui posisi pasien COVID-19, sehingga dapat melakukan tindakan dengan tepat dan cepat.

ID card tersebut didesain dengan sederhana. CEO Fox Logger Alamsyah Cheung mengungkapkan alat tersebut dapat dimanfaatkan Satgas COVID-19, terutama dalam mengawasi pasien orang tanpa gejala atau yang sedang melakukan isolasi mandiri.

"Karena dengan teknologi Fox Logger ID Card ini, komunikasi Satgas COVID-19 dengan pasien akan sangat terjaga," jelas Alamsyah dalam keterangan tertulisnya. "Ujungnya, tentu saja besar harapan akan membantu pasien yang bersangkutan sekaligus memutus penyebaran rantai infeksi virus yang mematikan ini."

 Canggih! Perusahaan Ini Bikin ID Card yang Bisa Pantau Pasien COVID-19 Secara Real Time

Fox Logger


Alamsyah memaparkan ada sejumlah kelebihan dari Fox Logger ID card. Pertama, alat ini bisa mengetahui posisi pasien yang mengenakan ID card. Apabila pasien tersebut keluar area isolasi mandiri, maka petugas yang mengawasinya bisa mengetahuinya secara real time.

"Sebab, lewat platform Fox Logger ID Card, Satgas bisa membuat batas area isolasi pasien COVID-19, misalnya radius 100 meter dari titik koordinat tempat tinggal pasien," jelasnya. "Jika pasien keluar dari radius, maka tim Satgas akan mendapatkan notifikasi via e-mail serta peringatan di dashboard."

Keunggulan kedua, di dalam Fox Logger ID Card tersedia Panic Button yang bisa mengabarkan dengan cepat ke Satgas COVID-19 seandainya terjadi sesuatu pada pasien yang sedang dalam masa pengawasan atau isolasi mandiri.

Semua fungsi tersebut dikarenakan Fox Logger ID Card dikembangkan berbasis teknologi IoT. Kemudian dalam ID Card ini juga terdapat SIM Card sehingga antara pasien dan Tim Satgas dapat berkomunikasi secara langsung.

"Tim COVID-19 Indonesia bisa langsung menghubungi pasien yang mengenakan Fox Logger ID Card via telepon dan berkomunikasi langsung untuk mengingatkan agar tetap melakukan isolasi mandiri pada waktu yang sudah ditentukan, atau bertanya apa yang dibutuhkan segera," pungkasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait