Catat 7,3 Juta Kasus Corona, India Nekat Buka Bioskop Andalkan Protokol Ini
Dunia
Pandemi Virus Corona

Pemerintah India tetap mantap untuk membuka bioskop di tengah pandemi virus corona yang telah menginfeksi 7,3 juta warganya. Begini protokol kesehatan yang akan diterapkan di bioskop India.

WowKeren - India menjadi negara kedua dengan penyumbang kasus virus corona tertinggi di dunia. Hingga Jumat (16/10), Pemerintah India telah melaporkan lebih dari 7,3 juta kasus COVID-19 di negaranya.

Namun di tengah lonjakan kasus virus corona, India tetap nekat membuka bioskop. Salah satu jaringan bioskop terbesar disana yang bernama PVR Cinemas mengumumkan jika mereka mulai beroperasi pada hari Kamis (15/10).

PVR Cinemas rupanya berani membuka bioskop di tengah pandemi setelah menyiapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Demi mencegah penularan virus corona, tempat duduk di dalam bioskop dibatasi. Selain itu, jadwal tayang juga diatur sedemikian rupa demi menghindari kerumunan penonton dalam satu waktu.

"Kami sudah mengatur semuanya, mungkin lebih ketat dari yang disarankan," ujar kepala PVR Cinemas New Delhi, Gagan Kapur seperti dilansir dari The Hollywood Reporter pada Kamis (15/10). "Semua titik yang banyak disentuh di bioskop bahkan sudah dilumuri anti-microbial."


Namun, pembukaan bioskop ternyata tidak dilakukan di seluruh wilayah negara pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi ini. Hal ini terlihat dari beberapa jaringan bioskop yang terletak di wilayah dengan tingkat penularan COVID-19, dimana mereka masih enggan mengambil risiko untuk membuka bioskop.

Salah satu wilayah yang tidak mau mengambil risiko membuka bioskop adalah tuan rumah Bollywood, Mumbai. Saat ini, negara bagian tempat Mumbai berada yaitu Maharashtra memang menjadi kawasan di India dengan tingkat penularan virus corona paling tinggi.

Maharashtra saat ini menyumbang 37 persen dari keseluruhan angka kematian di India akibat virus corona. India sendiri saat ini berada di peringkat kedua setelah Amerika Serikat (AS) dengan kasus COVID-19 tertinggi.

Tak sampai disitu, India bahkan diprediksi akan menyalip posisi AS sebagai negara dengan kasus virus corona tertinggi di dunia. Hal ini terlihat dari laju penambahan kasus COVID-19 harian di India yang sangat tinggi dan cepat.

India di bulan Oktober ini memang telah melaporkan kasus corona mulai melandai, dengan rata-rata kasus harian 70 ribu. Meski demikian, sejumlah pakar masih tidak mempercayai penghitungan di India karena sistem pelaporan dan infrastruktur kesehatan dinilai buruk.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts