Ampuh dan Terjangkau, Ini 7 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Melebatkan Rambut Bayi
Unsplash/Kelly Sikkema
Lifestyle

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk melebatkan rambut bayi. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Hampir semua orangtua pasti menginginkan bayinya memiliki rambut lebat yang sehat agar terlihat indah. Sayangnya, tidak sedikit bayi yang terlahir dengan rambut tipis dan jarang. Karena itulah orangtua mungkin akan merasa kurang puas dan berusaha melakukan yang terbaik agar anaknya memiliki rambut yang lebat.

Untuk mewujudkan hal itu, para orangtua biasanya akan menggunakan produk tertentu yang dirancang khusus untuk bayi. Tidak ada yang salah dengan hal ini, tapi alangkah lebih baik jika Anda melebatkan rambut bayi dengan bahan alami yang lebih aman untuk kulit kepala si kecil.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan merekomendasikan beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk melebatkan rambut si kecil. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Lidah Buaya


Lidah Buaya
iStockphoto/Getty Images

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat mempercantik penampilan rambut. Tak hanya baik untuk orang dewasa, lidah buaya juga dapat diaplikasikan pada rambut si kecil. Hal ini disebabkan karena lidah buaya mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, E, antioksidan, asam folat dan kolin yang dapat menjaga kesehatan rambut serta membuatnya tampak lebih indah.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Pertama, haluskan gel lidah buaya lalu campur dengan sedikit air sampai mengental. Gunakan campuran tersebut untuk mencuci rambut si kecil atau jadikan sebagai conditioner alami. Lakukan cara ini secara rutin sampai hasilnya terlihat.

2. Minyak Kemiri


Minyak Kemiri

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk penyubur rambut bayi adalah minyak kemiri. Minyak kemiri mengandung asam linoleat, vitamin B1 serta miristant yang dapat membantu menghitamkan, menyuburkan dan memperkuat rambut si kecil.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, sebab Anda hanya perlu membakar beberapa butir kemiri hingga mengeluarkan minyak lalu oleskan pada rambut bayi. Namun jika tak ingin repot, Anda bisa membeli produk minyak kemiri yang banyak dijual di pasaran.

3. Santan Kelapa


Santan Kelapa

Santan kelapa tak hanya nikmat dijadikan masakan, namun juga bisa dimanfaatkan untuk menebalkan rambut bayi. Kandungan lemak dan protein esensial yang ada di dalam santan kelapa diketahui mampu menjaga kesehatan rambut dan mengurangi risiko kerontokan.

Selain aman digunakan, santan kelapa juga tergolong murah meriah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memasukkan kelapa parut ke dalam panci berisi air. Rebus sampai mendidih kemudian saring dan biarkan dingin. Bila sudah, oleskan pada kulit kepala dan rambut bayi sampai merata. Diamkan selama 20 menit lalu cuci bersih dengan sampo bayi.

4. Almond


Almond
Unsplash/Karina Zhukovskaya

Bahan penyubur rambut bayi selanjutnya adalah kacang almond. Bahan alami satu ini mengandung sumber protein dan asam amino esensial yang dapat menebalkan rambut, meningkatkan tekstur kulit bayi serta menjaga daya tahan tubuh si kecil. Namun sebelum memberikannya pada si kecil, pastikan bayi Anda tidak memiliki alergi kacang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memberikan 2-3 butir kacang almond pada si kecil sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI). Selain itu, Anda juga bisa memijat kepala si kecil dengan minyak almond untuk menjaga kesehatan dan mempercantik rambutnya.

5. Pisang dan Minyak Zaitun


Pisang dan Minyak Zaitun
Bellatory

Buah pisang dan minyak zaitun merupakan perpaduan yang tepat digunakan untuk melebatkan rambut bayi. Pisang mengandung kalium yang bisa membuat rambut tumbuh dengan lebih cepat. Sedangkan minyak zaitun bisa memperkuat folikel rambut dan membuatnya tumbuh dengan lebih baik.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Pertama-tama haluskan satu buah pisang dan campur dengan satu sendok minyak zaitun sampai mengental. Setelah itu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut bayi secara merata. Beri pijatan lembut lalu diamkan selama 10 menit. Bila sudah, bilas dengan air sampai bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin.

6. Alpukat dan Madu


Alpukat dan Madu

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menyuburkan rambut bayi adalah alpukat dan madu. Alpukat mengandung vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit. Sedangkan madu terbukti dapat memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan.

Ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan untuk menyuburkan rambut bayi dengan kedua bahan tersebut. Pertama, haluskan daging alpukat lalu tambah dengan satu sendok madu murni sampai berbentuk seperti pasta. Setelah itu oleskan pada kulit kepala dan rambut si kecil lalu biarkan selama 10 menit. Terakhir cuci kepala si kecil dengan sampo bayi sampai benar-benar bersih.

7. Daun Seledri


Daun Seledri
Rawpixel

Bahan terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah daun seledri. Bahan alami satu ini mengandung sejumlah nutrisi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut seperti lemak, protein, zat besi, kalsium serta vitamin A, B dan C. Yang tak kalah menarik, daun seledri juga dapat mempercantik dan menghitamkan rambut si kecil.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, sebab Anda hanya perlu mencampur remasan daun seledri dengan air secukupnya. Setelah tercampur rata, oleskan pada kulit kepala dan rambut si kecil secara rutin. Dengan begitu, rambut bayi Anda akan tumbuh lebat dan berwarna hitam menawan.

Yang perlu diingat, jika Anda ingin melebatkan rambut bayi sebaiknya lakukan saat usianya sudah menginjak 6 bulan, karena sebelum itu tubuh dan kepalanya masih terlalu sensitif. Sehingga dikhawatirkan akan terjadi reaksi alergi meskipun Anda mengaplikasikan bahan alami untuk melebatkan rambutnya.

Demikian tujuh bahan alami yang dapat digunakan untuk menebalkan rambut bayi yang telah tim WowKeren rangkum. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman mengajak bayi keluar rumah di era new normal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memilih stroller untuk bayi.

You can share this post!

Related Posts