Tak Hanya Patuhi Protokol Kesehatan, Doni Monardo Ungkap 3 Kunci Selamat dari COVID-19
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Yang pertama adalah menjaga diri agar tetap aman. Aman di sini adalah dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 mulai dari memakai masker hingga mencuci tangan

WowKeren - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo berbicara mengenai angka kasus COVID-19. Seperti diketahui, per Kamis (15/10) jumlah kasus positif di Indonesia hampir mencapai angka 350.000. Kendati angka kesembuhan tinggi namun angka kumulatif kasus ini juga tak bisa diabaikan begitu saja.

"Sebuah angka yang sangat besar sekali. Walaupun angka kesembuhan itu mengalami peningkatan," kata Doni di Graha BNPB, Jumat (16/10). "Sudah ada sekitar kurang dari 275 ribu warga negara kita yang telah sembuh dari bahaya COVID-19."

Ia kemudian memaparkan tiga kunci untuk bisa selamat dari pandemi ini. Yang pertama adalah menjaga diri agar tetap aman. Aman di sini adalah dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 mulai dari memakai masker hingga mencuci tangan.

"Supaya kita aman, kita patuh pada protokol kesehatan," ujar Doni. "Apa itu? Yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air mengalir."


Memang tidak semua tempat menyediakan fasilitas cuci tangan. Oleh sebab itu sebagai antisipasi sebaiknya rajin membawa hand sanitizer saat bepergian. "Kalau tidak ada tempat cuci tangan yang layak bisa menggunakan hand sanitizer,” katanya.

Aman saja belum cukup, Doni juga menyinggung soal iman. Pandemi COVID-19 menuntut seseorang untuk bersabar karena ini juga termasuk ujian. oleh sebab itu, Doni mengingatkan perlunya meningkatkan keimanan untuk menghadapi cobaan ini.

"Kita harus bersabar, kita bersabar menghadapi musibah ini," lanjut Doni. "Dengan bersabar diharapkan kita bisa mengendalikan diri."

Tak semua orang bisa dengan mudah mematuhi protokol kesehatan. Kendati demikian, Doni mengingatkan jika perjuangan untuk bisa mematuhi protokol kesetanan masih tak sebanding dengan perjuangan dan pengorbanan para dokter yang merawat pasien COVID-19.

Lebih jauh ia menekankan pentingnya menjaga imunitas tubuh. Imun tubuh yang kuat adalah kunci melawan virus. Hal itu bisa dilakukan mulai dari menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. "Kemudian juga harus memakan makanan yang bervitamin, tidak boleh panik, dan hati pun harus gembira,” kata Doni.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts