Birthday Spotlight: Happy Donghae Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Donghae Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-34 (35 tahun menurut hitungan Korea) pada 15 Oktober.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Lee Donghae Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-34 (35 tahun menurut hitungan Korea) pada 15 Oktober. Ulang tahun kali ini menjadi momen yang spesial bagi dirinya dan para fans.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Donghae lahir di Mokpo, Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan. Neneknya membantu ibunya melahirkannya. Dia memiliki kakak bernama Lee Dong-hwa. Ketika dia masih muda, dia ingin menjadi pemain sepak bola tapi ayahnya ingin dia menjadi penyanyi karena sang ayah sendiri melepaskan mimpinya untuk menjadi penyanyi.

Pada 2001, Donghae menandatangani kontrak dengan SM Entertainment setelah memenangkan hadiah di SM's Youth Best Contest. Di bawah SM Entertainment, Donghae mengikuti pelajaran menyanyi, menari, dan akting, dan kemudian direkrut menjadi boy band beranggotakan lima orang Smile, dengan calon rekan seband Leeteuk, tapi ide itu segera dibatalkan. Pada 2004, Donghae, bersama dengan Leeteuk dimasukkan ke dalam boy band Super Junior 05.

2. Debut


Debut

Donghae secara resmi memulai debutnya sebagai bagian dari grup Super Junior 05 yang beranggotakan dua belas orang bernama pada 6 November 2005. Mereka menjalani debut stage di program musik "Inkigayo" dan mempromosikan lagu debut "Twins (Knock Out)".

Pada 2006, SM Entertainment merekrut member baru untuk Super Junior yaitu Kyuhyun yang diperkenalkan lewat single "U". Hal ini sekaligus mengubah format Super Junior yang sebelumnya merupakan grup rotasi menjadi grup permanen dengan jumlah tiga belas orang.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Setelah merilis album kedua berjudul "Don't Don" pada 2007, Super Junior merilis album ketiga, "Sorry, Sorry" pada 2009 yang menjadi momen di mana popularitas mereka mencapai puncak sejak debut. Lagu "Sorry, Sorry" membuat nama mereka dikenal di seluruh dunia, terutama Tiongkok dan Asia Tenggara.

Pada 2008, Donghae juga debut sebagai personel sub-unit Super Junior-M yang berfokus pada aktivitas di Tiongkok dan merilis lagu-lagu berbahasa Mandarin. Setahun setelah debut, Super Junior-M merilis title track berjudul "Super Girl" yang juga meraih sukses tak hanya di negara sendiri tapi juga di luar negeri.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Donghae debut di bidang akting dengann membintangi film dokumenter horor Super Junior "Mystery 6", yang disiarkan pada awal 2006. Pada 2007, ia memainkan peran dalam "Attack on the Pin-Up Boys". Pada 2010, dia bermain dalam drama "It's Okay, Daddy's Girl. Pada April 2011, Donghae berakting dengan Choi Siwon dalam drama Taiwan, "Skip Beat!". Dia juga menyanyikan lagu penutup, "This is Love," yang juga menampilkan Henry.

Pada Mei 2012, Donghae berperan dalam komedi romantis "Ms Panda and Mr Hedgehog". Pada Maret 2015, album Korea pertama Super Junior D&E, "The Beat Goes On", dirilis. Donghae berpartisipasi dalam produksi album bekerja sama dengan produser Team One Sound untuk menulis lirik dan membuat dua lagu, single utama "Growing Pains" dan single samping "Mother".

Pada tahun 2017, Donghae dan Eunhyuk mengumumkan comeback mereka sebagai grup duo Super Junior D&E di Jepang. Duo ini terus aktif hingga saat ini di mana mereka rajin merilis album dan mempromosikannya di acara musik.

5. Kontroversi


Kontroversi

Donghae sempat menjadi pembicaraan saat tampil di variety show "SJ Returns" yang menghadirkan Red Velvet sebagai bintang tamu. Di satu momen saat ia kalah dalam game, ia sempat melangkah mendekati Irene dan "hampir mengangkat tangan". Namun, tak sedikit netizen yang membelanya dengan mengatakan bahwa Donghae bukankah orang yang mudah marah.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Donghae masih akan disibukkan dengan kegiatan bersama Super Junior dan Super Junior D&E. Awal September lalu, duo tersebut merilis mini album keempat mereka yang berjudul "Bad Blood" dan mempromosikannya di acara musik.

You can share this post!

Related Posts