Enggak Sekedar Berwarna Cantik, Kubis Ungu Ternyata Punya 7 Manfaat Ini Untuk Kesehatan
Unsplash/Matthew McBrayer
Health

Ada dua jenis kubis yang tersedia, yakni kubis yang berdaun hijau dan kubis yang berdaun ungu. Kubis dengan daun berwarna mencolok ini bahkan disebut lebih sehat dibanding kubis biasa loh.

WowKeren - Kol atau kubis menjadi salah satu jenis sayur yang banyak ditemui. Banyak kuliner Indonesia pun yang menggunakan kubis sebagai bahannya. Namun, ada dua jenis kubis yang tersedia, yakni kubis yang berdaun hijau dan kubis yang berdaun ungu. Kubis dengan daun berwarna mencolok ini bahkan disebut lebih sehat dibanding kubis biasa loh.

Kubis ungu merupakan salah satu jenis sayuran kubis yang sarat akan banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K dan vitamin B, mineral yakni thiamin, folat, kalsium, magnesium, mangan, riboflavin, zat besi, kalium, dan serat makanan. Tak hanya itu, kubis ungu juga dilengkapi dengan antioksidan dan phytochemical yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Kandungan gizi yang lengkap ini membuat kubis jenis ini diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat dari kubis ungu. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Memperkuat Tulang


Memperkuat Tulang
Unsplash/Phil Hearing

Meski tidak terlalu banyak, kubis merah mengandung beberapa komponen yang baik untuk tulang. Di dalam kol ungu terdapat mineral penting seperti kalsium, mangan, dan juga zinc. Selain itu, ada vitamin C dan K yang penting dalam fungsi pembentukan tulang.

Lebih jauh lagi, kombinasi nutrisi dalam kol ungu ini dapat menjaga sel-sel tulang dari kerusakan. Rutin mengonsumsi kubis ungu dan bahan makanan lainnya seperti susu akan menunjang kesehatan tulang secara umum. Konsumsi secara rutin menjadi beberapa jenis makanan yang bisa diterima oleh tubuh, misal dibuat menjadi salad.

2. Sehatkan Jantung


Sehatkan Jantung
Unsplash/jesse orrico

Kubis ungu mengandung anthocyanin, yang merupakan antioksidan flavonoid yang memberikan warna khas pada kubis ungu. Satu studi menemukan bahwa wanita yang secara teratur mengonsumsi makanan kaya anthocyanin dalam jumlah besar dapat memperoleh manfaat dari risiko serangan jantung 11% -32% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit dari makanan ini.

Asupan antosianin yang lebih tinggi juga dapat dikaitkan dengan tekanan darah dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Selain itu, kubis ungu juga mengandung kalium. Kalium akan menjaga tingkat cairan tubuh agar tidak berfluktuasi. Kalium juga mencegah tekanan otot jantung dengan mendukung kontraksi yang memicu detak jantung kalian.

3. Lindungi Saluran Pencernaan


Lindungi Saluran Pencernaan
Getty Images/AlonzoDesign

Kubis ungu mengandung cukup banyak zat antioksidan dan juga serat. Kombinasi dua hal ini bisa membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan gangguan seperti sembelit dan inflamasi tidak akan terjadi. Serat yang terkandung di dalam kubis ungu cukup banyak dan membuat urusan ke toilet bisa berjalan secara rutin.

Berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan seperti nyeri perut tidak akan terjadi. Bakteri tidak akan mudah masuk karena daya tahan tubuh akan segera menghentikannya lalu membuang residunya bersamaan dengan membuang feses setiap harinya.

4. Kurangi Resiko Diabetes


Kurangi Resiko Diabetes
Unsplash/Matt Chesin

Bukan rahasia lagi jika kubis ungu merupakan sayuran dengan kandungan K dan C yang tinggi, demikian dengan antioksidannya. Selain itu, kubis juga mengandung zat mangan, serat dan vitamin B6. Kandungan karbohidrat yangrendah tentunya sangat membantu bagi penderita diabetes.

Kubis ungu juga berfungsi mencegah diabetes gestational. Kandungan serat yang tinggi dalamnya dapat mengontrol gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes gestasional pada wanita hamil.

5. Lawan Peradangan


Lawan Peradangan
iStockphoto/vidka

Kubis merah masuk ke dalam sayuran jenis cruciferous. Sayuran ini dikenal sangat baik dalam mengatasi inflamasi di seluruh tubuh. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh akan menjadi lebih kebal dari berbagai inflamasi yang terjadi di kulit atau bagian tubuh lainnya. Jika ada inflamasi terjadi, zat yang terkandung di dalam kubis ungu akan membantu untuk mengatasinya.

Inflamasi di dalam tubuh juga bisa terjadi di saluran cerna khususnya perut. Kalau sampai terjadi inflamasi karena kita salah makan atau sejenisnya, tubuh akan mengalami cukup banyak gangguan seperti sering nyeri dan perut tidak nyaman. Dari tes yang dilakukan pada kubis ungu, inflamasi bisa diturunkan hingga 22-40%.

6. Tangkal Radikal Bebas


Tangkal Radikal Bebas
/ClaudioVentrella

Kubis ungu merupakan sumber antioksidan yang menjaga tubuh dari kerusakan akibat zat radikal bebas. Antioksidan ini meliputi vitamin C, karoten, dan flavonoid seperti anthocyanin dan kaempferol. Dibandingkan dengan kubis, kandungan antioksidan kubis ungu 4,5 kali lebih tinggi. Tapi kubis ungu mentah mengandung vitamin C lebih tinggi ketimbang yang sudah dimasak.

Satu gelas kubis ungu mentah menyediakan 51 miligram vitamin C atau 85 persen kebutuhan sehari-hari kita (60 miligram). Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif. Ini melindungi sel dari penghancuran komposisi yang sering menyebabkan racun metabolik. Bahkan menariknya lagi, kubis ungu termasuk makanan dengan kandungan antioksidan tertinggi.

7. Cegah Kanker


Cegah Kanker
Unsplash/National Cancer Institute

Sayuran ini memainkan peran utama dalam pencegahan kanker. Hal itu disebabkan karena tingginya tingkat antioksidan seperti indoles dan anthocyanin yang ada di dalamnya. 36 Jenis anthocyanin yang terkandung di dalamnya memberi kubis warna ungu. Sementara indoles berperan dalam menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Selain itu, kubis ungu juga mengandung sulforaphane. Kandungan zat tersebut dipercaya membantu membunuh sel kanker dan mencegahnya tumbuh. Mengonsumsi kubis ungu ini dipercaya dapat menurunkan resiko terkena kanker usus sebanyak 18% dan juga kanker payudara.

Intip juga artikel ini yuk untuk mengetahui beberapa manfaat daun beluntas yang jarang diketahui. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan manfaat menakjubkan air rebusan daun mangga.

You can share this post!

Related Posts