Anti Ribet, 7 Aplikasi Scanner Untuk Smartphone Ini Bisa Permudah Pekerjaan Dan Proses Belajar
https://www.androidcentral.com/
Tekno

Di jaman teknologi saat ini, sudah ada banyak aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan scan dokumen atau gambar hanya dari ponsel di mana pun dan kapan pun.

WowKeren - Sering dengan berkembangnya jaman, semua hal dituntut untuk cepat agar tak waktu digunakan bisa seefektif mungkin. Bagi pekerja kantoran, di tempat kerjanya sudah disediakan mesin scanner untuk menunjang pekerjaan kantor. Namun, mengingat mesin untuk scan dokumen terbilang cukup mahal tentu saja ada beberapa orang yang tak memilikinya.

Di jaman teknologi saat ini, sudah ada banyak aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan scan dokumen atau gambar hanya dari ponsel. Hanya bermodalkan smartphone saja kalian sudah bisa melakukan scan dimana saja dan kapan saja.

Dengan memiliki aplikasi scan dokumen di HP, maka kalian enggak perlu lagi mencari-cari mesin scan. Cukup dengan mengunduh aplikasi scanner terbaik, kalian bisa langsung scan dokumen ke dalam bentuk soft file. Apa saja aplikasi tersebut? berikut tim WowKeren rangkum 8 aplikasinya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Microsoft Office Lens


Microsoft Office Lens

Nama Microsoft tentu sudah enggak asing bagi kalian. Nah, perusahaan berbasis teknologi terbesar di dunia ini pun menghadirkan aplikasi scan dengan sejumlah fitur yang keren. Dengan aplikasi Microsoft Office Lens, kalian dapat memindai dokumen dan menyimpannya dengan format PDF.

Enggah hanya itu, dokumen yang sudah dipindai tersebut dapat dikonversikan ke dalam format lain, seperti Power Point dan Word. Menariknya, kalian bisa menyimpan dokumen yang sudah dipindai ke dalam penyimpanan Cloud, selain ke dalam galeri. Dengan begitu, dokumen menjadi lebih aman karena dapat di-backup secara gratis.

2. Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator


Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Adobe juga memiliki aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk men-scan dokumen. Adobe kini menghadirkan aplikasi scan bernama Adobe Scan: PDF Scanner yang bisa kalian gunakan untuk men-scan dokumen di smartphone dengan mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa menyimpan dokumen yang telah di-scan dengan format PDF.

Berbagai jenis dokumen yang bisa kamu scan menggunakan aplikasi ini adalah catatan/tulisan, gambar, kuitansi, kartu nama, hingga tulisan di papan tulis. Aplikasi ini juga akan mempertajam kualitas konten atau dokumen yang telah dipindai secara otomatis. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan warna, melakukan crop, dan rotasi pada dokumen yang telah kamu pindai dengan menggunakan aplikasi ini.

3. Cam Scanner


Cam Scanner

CamScanner Phone PDF Creator adalah aplikasi yang memiliki ukuran sekitar 37 MB dan diciptakan oleh INTSIG Information Co. Aplikasi ini telah di-download lebih dari 100 juta pengguna Android dan berfungsi sebagai pemindaian dokumen menjadi gambar atau file PDF.

Aplikasi ini juga tergolong salah satu scanner yang menghasilkan gambar atau file yang sangat tajam loh. Dalam fiturnya, aplikasi ini apat mengubah file yang baru kalian scan dengan JPG, JPEG, atau bahkan PDF. Jangan heran juga jika aplikasi scanner ini merupakan salah satu aplikasi para pebisnis untuk menunjang pekerjaan mereka.

4. Turboscan


Turboscan

Aplikasi scanner lainnya untuk Android kalian kali ini adalah Turboscan. Sesuai dengan namanya, aplikasi Turboscan menjajikan kepada para pengunduhnya atau para penggunanya melakukan scanning tanpa khawatir karena loading yang terlalu lama.

Selain fitur proses scanning yang terbilang cepat, fitur lainnya ditawarkan oleh Turboscan yakni para penggunanya dapat langsung mengedit hasil scanning di dalam aplikasi Turboscan. Kalian juga dapat menggunakan fitur yang disebut dengan fitur "Email To Myself".

5. Scanner Unlimited: Scan & Sign


Scanner Unlimited: Scan & Sign

Sesuai namanya, aplikasi yang diperuntukkan bagi pengguna Iphone dan Ipad ini memiliki banyak fitur canggih yang memudahkan proses scanning. Bukan hanya untuk dokumen, Scanner Unlimited juga digunakan untuk memindai barcode, QR barcode, hingga kartu nama atau business cards yang selanjutnya bisa kalian simpan melalui fitur add to contact.

Beruntung dengan adanya Cloud Sync, aplikasi ini juga dapat langsung tersinkronisasi dengan Iphone dan Ipad kalian. Hebatnya lagi, didukung dengan advanced OCR technology, aplikasi scanner ini memiliki fitur "convert image to text" sehingga hasil capture masih bisa kalian edit. Tanpa watermark dan iklan yang mengganggu, kalian dapat dengan mudah menyunting dan membubuhkan tanda tangan pada dokumen yang dipindai.

6. Tiny Scanner: PDF Scanner App


Tiny Scanner: PDF Scanner App

Aplikasi scanner terbaik di smartphone berikutnya adalah Tiny Scanner: PDF Scanner App buatan developer Appxy. Dengan aplikasi pemindai dokumen PDF ini, kamu bisa scan dokumen, foto, kwitansi, laporan, dan apa saja tanpa memakan waktu lama.

Selain PDF, format dokumen yang sudah di-scan bisa diubah ke dalam format gambar (.JPEG). Kamu tinggal memotret dokumen atau berkas yang dimaksud. Aplikasi ini berukuran sekitar 17 MB dan sudah di-download lebih dari 10 juta pengguna Android loh.

7. Genius Scan


Genius Scan

Genius Scan adalah salah satu aplikasi scanner dokumen PDF yang paling populer loh. Aplikasi ini mendukung fitur utama untuk pemindaian dokumen, konversi, dan pembagian. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk memperbaiki pemindaian dokumen seperti catatan sekolah dan yang lainnya.

Dengan ukuran aplikasinya yang besar, sayang fitur untuk memperbaiki pemindaian belum terlalu stabil. Hanya dengan download aplikasi ini, kamu bisa memindai dokumen, mengkonversi dokumen, hingga menyimpan ke aplikasi cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive, dan lainnya.

8. Scanbot


Scanbot

Bagi para pengguna iOS, kalian enggak perlu khawatir. Kalian bisa mengunduh aplikasi Scanbot di AppStore. Scanbot menjanjikan kualitas pemindaian yang sangat baik, mampu mengenali teks, antarmuka yang elegan namun sederhana serta opsi berbagi yang beragam, ungkap laman Make Tech Easier.

Dengan Scanbot, kalian bisa memotong hasil scanning dengan akurat, bisa mengedit dokumen, memutar dan menamai file. Hasilnya dapat disimpan dalam format PDF, JPEG atau TXT. Ada pula fitur pengenalan teks otomatis dalam 60 bahasa loh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru