Birthday Spotlight: Happy Krystal Day
Selebriti

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member f(x), Krystal yang berulang tahun pada hari ini, Sabtu, 24 Oktober. Idol dan juga aktris itu berusia 26 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari f(x), Krystal yang berulang tahun pada hari ini, Sabtu (24/10). Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi cantik ini.

Jung Soojung atau yang kini berkarir dengan nama panggung Krystal Jung adalah member dari girl grup f(x) dan juga aktris. Krystal merupaka adik kandung dari salah mantan member Girls' Generation Jessica yang saat itu juga berada di satu agensi dengannya, SM Entertainment.

Bersama f(x), Krystal menjadi salah satu aktris dan idol yang sukses di industri hiburan Korea. Bukan tanpa alasan, cewek kelahiran tahun 1994 ini sudah mendapatkan banyak penghargaan sejak debut. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Krystal lahir dengan nama Inggris Chrystal Soo Jung di San Francisco, California, tempat keluarganya menetap dari Korea Selatan pada 1980-an. Selama perjalanan keluarga ke Korea Selatan pada awal tahun 2000, pada usia lima tahun, Krystal dan Jessica bertemu oleh agen bakat SM Entertainment yang membuatnya tampil sebagai cameo dalam video musik "Wedding March" Shinhwa.

Agensi tersebut menawarkan kedua kakak beradik itu pelajaran menyanyi dan menari untuk melatih mereka secara profesional serta berkarier sebagai penyanyi. Namun, tawaran tersebut ditolak oleh orang tuanya, yang beralasan bahwa Krystal masih terlalu muda, sehingga mereka hanya mengizinkan Jessica untuk bergabung dengan agensi tersebut pada awalnya.

Pada tahun 2002, Krystal mulai tampil dalam iklan televisi. Dia pertama kali muncul dalam iklan Lotte dengan aktris Korea Selatan Han Ga In. Pada 2006, orang tuanya akhirnya mengizinkannya bergabung dengan SM Entertainment dan agensi kemudian mendaftarkannya di kelas menari. Krystal menjalani training selama 3 tahun sebelum memulai debutnya sebagai bagian dari f(x) pada tahun 2009.

Setelah pindah ke Korea Selatan, Krystal bersekolah di Korea Kent Foreign School, kemudian lulus dari Hanlim Multi Art School pada tanggal 7 Februari 2013, di mana ia dianugerahi penghargaan prestasi. Dia saat ini kuliah di Universitas Sungkyunkwan, jurusan teater.

2. Debut


Debut

Krystal memulai debutnya sebagai vokalis dari girl grup f(x) pada September 2009. Girl grup ini memulai dengan merilis single digital "La Cha Ta". Album studio debut mereka, "Pinocchio" yang dirilis pada 2011, dua lagu mereka "Nu Abo" dan "Electric Shock" menghasilkan tiga single nomor satu di Gaon Digital Chart Korea Selatan.

Pada Maret 2010, Krystal berpartisipasi dalam serangkaian video musik di bawah Proyek Melody. Dalam proyek ini, ia memerankan seorang siswa muda yang jatuh cinta dengan guru musiknya. Dia merilis single solo berjudul "Melody" untuk proyek ini

Dikenal karena gaya eksperimental dan suara eklektik berbasis elektropop mereka, f(x) adalah salah satu dari beberapa grup K-pop pertama yang diakui secara internasional, menjadi artis K-pop pertama yang tampil di SXSW. Pada tahun 2017, Billboard menempatkan f(x) di nomor tujuh pada daftar "10 Grup K-pop Gadis Teratas dari Dekade Terakhir" mereka.

Pada tahun 2014, Krystal bergabung dengan grup balada SM the Ballad, yang awalnya dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2010. Pada album kedua grup tersebut, "Breath", dia menyanyikan versi Jepang dari lagu utama "Breath" dengan Max Changmin TVXQ. Dia juga menyanyikan duet dengan Chen EXO berjudul "When I Was ... When U Were ..."

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Karir f(x) sendiri mulai bersinar dan mendapat pengakuan dari banyak kritikus musik. F(x) berhasil merilis empat album yang diakui secara internasional selama mereka berpromosi sebagai grup. Pada 2015, saat mengulas lagu "4 Walls", majalah musik Amerika Spin menyebut f(x) sebagai "grup pop terbesar yang hidup di dunia" pada saat itu.

Pada tahun 2017, Billboard menempatkan f(x) di nomor tujuh pada daftar "10 Grup K-pop Gadis Teratas dari Dekade Masa Lalu". "Rum Pum Pum Pum" dan "4 Walls" keduanya termasuk dalam daftar staf "100 Lagu K-Pop Terbaik Tahun 2010" Billboard, masing-masing di nomor 33 dan 9.

Selain mendapat banyak respon positif dari karirnya bersama f(x), Krystal juga turut menuai kesuksesan di dunia akting. Mengomentari sikap kerja Krystal dalam drama "My Lovely Girl", direktur Park Hyung Ki menyatakan "Meskipun mengambil karakter yang sulit, dia menunjukkan tekadnya untuk melakukannya melalui tatapannya ke titik di mana kalian dapat melihat ketulusan dalam diri Krystal ketika dia di depan kamera".

Di Baeksang Arts Awards 2015, Krystal memenangkan penghargaan "Aktris Paling Populer" dalam kategori televisi untuk perannya dalam drama tersebut. Selain itu ia juga dinobatkan sebagai "Woman of the Year" oleh majalah GQ Korea pada tahun 2017.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sepanjang karirnya, selain berpromosi sebagai member f(x), Krystal diketahui telah malang melintang di berbagai judul drama Korea. Krystal membuat debut aktingnya di sitkom 2010 "More Charming by the Day". Dia kemudian memperkuat statusnya sebagai aktris utama yang sedang naik daun dengan perannya dalam "The Heirs" pada 2013.

Krystal mendapatkan peran utamanya dalam drama SBS "My Lovely Girl", bersama Rain. Dalam drama itu, ia memerankan seorang gadis yang pindah dari pedesaan ke Seoul untuk mengejar karir musik dan akhirnya bertemu dengan cinta yang menentukan selama proses tersebut.

Pada bulan Juli 2017, Krystal membintangi drama tvN spin-off dari manga Korea "Bride of the Water God". Pada tahun yang sama dia membintangi drama komedi "Prison Playbook" yang diproduksi oleh PD Shin Won Ho. Dia menerima ulasan yang bagus untuk penampilannya.

Pada tahun 2018, Krystal berperan sebagai pemeran utama wanita dalam drama aksi kriminal OCN "Player". Pada tahun 2020, Kystal berperan dalam drama sinematik militer OCN "Search, di mana dia berperan sebagai perwira tentara elit.

Pada akhir Agustus 2020 lalu, SM mengungkapkan bahwa kontrak mereka dengan Krystal akan berakhir pada akhir Agustus 2020, dan mereka sedang berdiskusi dengannya untuk kemungkinan pembaruan. Krystal akhirnya resmi meninggalkan SM Entertainment dan menandatangani kontrak dengan agensi akting yang baru dibentuk, H& Entertainment.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sepanjang karirnya, Krystal tak pernah terlibat kontroversi yang berarti. Namun pada tahun 2016 lalu, penyanyi cantik ini sempat terlibat hubungan percintaan dengan salah satu member EXO, Kai. Tepat pada 1 April 2019, foto-foto kencan mereka dipublikasikan Dispatch sebelum SM Entertainment akhirnya mengkonfirmasi hubungan mereka.

Kai dan Krystal memang berteman baik sejak menjalani masa training hampir sepuluh tahun yang lalu. Dan sejak saat itu keduanya tetap menjaga hubungan dekat hingga akhirnya resmi berpacaran. Banyak fans yang mendukung hubungan Kai dan Krystal yang menurut mereka sangat serasi.

Birthday Spotlight: Happy Krystal Day

Dispatch

Foto yang dirilis oleh Dispatch sendiri diketahui diambil pada tanggal 17 Februari 2016, setelah Kai menyelesaikan konser EXO di LA. Setelah konser tersebut, keduanya terlihat menyantap makan malam bersama di sebuah restauran kepiting. Tak hanya berdua, Jessica, kakak Krystal juga turut bergabung bersama mereka.

Setelah lebih dari setahun menjalin hubungan, Kai dan Krystal dikabarkan telah putus pada tahun 2017 lalu. Hal tersebut dibenarkan oleh seorang sumber yang merupakan teman dekat mereka berdua.

"Memang benar kalau Kai dan Krystal sudah putus," kata sumber tersebut. "Sepertinya hubungan mereka merenggang karena jadwal yang padat. Aku tidak tahu apa tepatnya alasan mereka putus, tapi sepertinya mereka berdua lebih memilih untuk mementingkan pekerjaan."

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Krystal saat ini diketahui jarang beraktifitas di dunia tarik suara. Sebaliknya, adik Jessica Jung itu terlihat lebih aktif di layar kaca. Pelantun "Red Light" itu saat ini diketahui tengah membintangi drama OCN "Search". "Search" merupakan drama misteri militer tentang operasi rahasia di Zona Demiliterisasi (DMZ). Drama ini akan menyoroti ikatan yang mengharukan antara anggota kelompok pencari saat mereka berjuang untuk melarikan diri dari zona demiliterisasi bersama.

Krystal memainkan peran Son Ye Rim, seorang letnan yang sangat cerdas dan cakap yang bergabung dengan tim investigasi sebagai perwira khusus. Aktor muda, Jang Dong Yoon juga turut membintangi drama itu sebagai pemeran utama. Jang Dong Yoon berperan sebagai Yong Dong Jin, seorang tentara muda yang penuh gairah dan optimis yang bekerja sebagai pawang anjing militer. Yang menarik, Son Ye Rim dan Yong Dong Jin diceritakan sebagai mantan pasangan kekasih.

Krystal sebentar lagi bakal menyapa penonton lewat film "More Than Family". Di film ini, Krystal akan memerankan karakter Toh Il gadis berusai 21 tahun yang berusaha mencari ayahnya kandungnya karena ingin menikah.

Toh Il diceritakan mengajar seorang siswa SMA berusia 19 tahun, Ho Hoon (Shin Jae Hwi). Mereka akhirnya mulai berkencan dan hubungan itu meningkat hingga Toh Il hamil di luar pernikahan. Pada 5 bulan kehamilannya, Toh Il muncul di depan orangnya dan mengungkapkan niat mereka untuk menikah dan bertekad mencari ayah kandungnya.

Sementara itu, "More Than Family" kabarnya akan ditayangkan perdana pada Oktober ini di Busan International Film Festival. Namun filmnya resmi dirilis pada November mendatang. Jangan sampai ketinggalan menyaksikan ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru