KBRI Abu Dhabi Jawab Isu Jalan Jokowi Ditukar 256 Ribu Hektare Lahan di Kaltim
Nasional

Menanggapi isi tautan yang menarasikan jika Jalan Jokowi ditukar dengan 256 ribu hektare lahan di Kalimantan Timur, KBRI dengan tegas menyatakan jika hal itu tidak benar.

WowKeren - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi buka suara mengenai isu tukar lahan di balik peresmian jalan Presiden Jokowi Widodo. Diketahui sebelumnya, pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) baru-baru ini telah mengabadikan nama Presiden Joko Widodo di salah satu ruas jalan Abu Dhabi.

KBRI mengklarifikasi isi tautan yang menarasikan jika Jalan Jokowi ditukar dengan 256 ribu hektare di Kalimantan Timur. Terlebih lagi Putra Mahkota Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed ditunjuk menjadi ketua dewan pengarah ibu kota baru di Kaltim.

Melalui akun Twitter resmi, KBRI menegaskan jika opini tersebut menyesatkan. Peresmian nama jalan dan masjid Jokowi di Abu Dhabi merupakan murni pengakuan dari pemerintah setempat. Selain itu, UEA sendiri merupakan salah satu rekan bilateral Indonesia.

"Opini tersebut tidak berdasar dan menyesatkan," tulis KBRI melalui Twitter, Jumat (23/10). "Peresmian nama jalan dan masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi murni refleksi pengakuan Pemerintah UEA terhadap peran Presiden Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral RI-UEA selama ini. Mohon untuk tidak ikut menyebar hoaks."


Publik diimbau agar tidak mudah terpancing dengan hoaks-hoaks yang berkembang di media sosial. KBRI juga mengimbau agar tidak ada pihak yang menyebar berita tanpa ada objektivitas yang jelas.

"KBRI mengimbau semua pihak agar tidak sembarang mengambil kesimpulan, apalagi membuat hoaks berdasarkan cocoklogi yang serampangan," ujar KBRI. "Kita harus objektif menilai sesuatu. Silakan riset dan banyak baca tentang kemajuan & capaian kerja sama bilateral RI-UEA dalam beberapa tahun terakhir."

Sementara itu, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis mengatakan jika pemerintah Abu Dhabi memutuskan untuk memberikan nama Jalan Jokowi di jalan utama. Jalanan tersebut tak hanya bagus namun merupakan jalan dekat pameran yang cukup padat.

"Jalan bagus, jalan utama di daerah pameran. Artinya, dekat Abu Dhabi National Exhibition Centre. Jalan itu padat," kata Husin dilansir Detik. "Artinya, bukan di jalan kampung, (tapi) di jalan besar."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts