7 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Membuat Salad, Bikin Jadi Kurang Bergizi Dan Tak Sehat
pexels.com/Dana Tentis
Kuliner

Dalam meramu salad juga enggak boleh sembarangan. Jika kalian enggak memperhatikan cara makan salad yang benar, salad malah bisa jadi tak sehat dan perusak diet yang sedang dilakukan.

WowKeren - Bagi kalian yang menjalani pola hidup sehat, salad tentu saja bukanlah makanan yang asing. Selain itu, banyak orang ingin menurunkan berat badannya memilih untuk makan salad ketimbang makan makanan lainnya. Komposisi salad yang biasanya terdiri dari sayuran atau buah-buahan tentu menyehatkan

Hal ini bukanlah sesuatu yang salah, kandung sayuran atau buah-buahan yang banyak dalam salad dapat membuat kalian kenyang lebih lama, sehingga kalian makan lebih sedikit, dan akhirnya bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, sayuran dan buah juga mengandung banyak serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga dapat mencegah sembelit.

Namun dalam meramu salad juga enggak boleh sembarangan. Jika kalian enggak memperhatikan cara makan salad yang benar, salad malah bisa jadi tak sehat dan perusak diet yang sedang dilakukan. Berikut tim WowKeren rangkum 7 kesalahan dalam membuat salad. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Menggunakan Bahan Yang Tak Segar


Menggunakan Bahan Yang Tak Segar
pexels.com/Trang Doan

Sayur dan buah yang baik digunakan sebagai salad sangat beragam. Namun banyak sekali orang yang memilih menggunakan bahan kurang segar seperti buah kaleng untuk salad. Hal ini tentu akan membuat salad menjadi kurang sehat karena bahan yang digunakan tak segar.

Bahan kalengan tentu saja vitaminnya sudah berkurang dan mengandung beberapa pengawet. Sebaiknya pilih sayuran yang paling banyak mengandung serat seperti kale atau bayam. Sayuran yang berwarna hijau gelap mengandung banyak nutrisi dan serat yang Anda butuhkan.

2. Kurang Variasi


Kurang Variasi
pexels.com/Lisa Fotios

Ketika akan mencampur sayuran dan buah dalam salad, jangan ragu-ragu. Semakin banyak warna semakin baik untuk salad yang sehat. Buah dan sayur dengan berbagai warna akan memberikan nutrisi dan antioksidan yang berbeda, seperti mencampur sayuran hijau dengan wortel, tomat, dan lainnya.

Selain itu, komposisi bahan salad juga harus diperhatikan. Salad biasanya terdiri dari sayuran, seperti sayuran hijau, tomat, mentimun, dan lainnya. Bisa juga ditambahkan dengan telur rebus, ikan tuna, ayam yang direbus atau dipanggang, atau juga bisa ditambahkan dengan kentang.

3. Menggunakan Dressing Kemasan


Menggunakan Dressing Kemasan
pexels.com/Engin Akyurt

Menggunakan dressing yang dibeli dari supermarket juga enggak dianjurkan karena biasanya mengandung banyak lemak dan gula. Dressing yang terbuat dari mayones seperti cheese mayonaise dan thousand island, mengandung kalori yang tinggi, lemak jenuh, dan sodium. Dua sendok makan cheese mayones, mengandung 150 kalori dan 15 gram lemak loh.

Jika tidak berlebihan, penggunaan mayones tidak menjadi masalah. Hanya saja, biasanya kalian tidak akan cukup hanya 2 sendok makan, mungkin kalian membubuhkan mayonaise sampai 5 sendok makan, sehingga kalori di salad Kamu menjadi berlipat-lipat lebih tinggi dari pada satu buah burger dengan kentang goreng.

4. Melupakan Protein


Melupakan Protein
pexels.com/alleksana

Banyak orang mengeluh bahwa salad tidak cukup mengenyangkan. Hal ini dikarenakan kombinasi yang dibuat tidak cukup protein. Meskipun salad adalah makanan sehat yang didominasi sayur dan buah, kalian enggak boleh melupakan asupan protein juga.

Ayam panggang, tuna kaleng, atau steak adalah pilihan yang baik dan menawarkan protein berkualitas tinggi. Selain daging, kalian juga bisa memilih Quinoa tahu, kacang, dan lentil panggang. Jika kalian ingin makan salad saja dalam sehari, sebaiknya tetap perhatikan kandungan nutrisi dalam salad yang Anda makan apakah sudah lengkap atau belum.

5. Menggunakan Bahan Berkalori Tinggi


Menggunakan Bahan Berkalori Tinggi
pexels.com/Pixabay

Ada beberapa bahan yang dimasukkan ke salad terlihat sehat, namun nyatanya bahan tersebut berkalori tinggi. Kental manis yang sering digunakan dalam bahan salad buah memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Dalam dua sendok makan susu kental manis saja (sekitar 30 ml), mengandung karbohidrat sebanyak 15,2 gram dan 90 kalori.

Selain itu buah-buahan kering juga ternyata mempunyai kandungan gula yang terbilang sangat tinggi meski terlihat sehat. Sebagai contoh, satu porsi cranberry kering mempunyai kandungan karbohidrat sebesar 30 gram dan 130 kalori. Jumlah karbohidrat dan kalori tersebut setara dengan dua potong roti putih loh.

6. Tidak Menambahkan Lemak Baik


Tidak Menambahkan Lemak Baik
pexels.com/ready made

Meskipun lemak merupakan salah satu yang membuat berat badan bertamabah, namun tubuh juga masih membutuhkan lemak. Kalian juga membutuhkan lemak untuk memproduksi energi. Memilih lemak sehat untuk dimasukkan dalam salad akan membuat salad kalian semakin sempurna.

Tambahkan makanan yang mengandung lemak sehat seperti walnut, alpukat, minyak zaitun, dan lainnya. Selain itu, menyantap salad dengan dressing bebas lemak merupakan kesalahan fatal. Kalian tidak akan menyerap karotenoid yang terkandung pada semua sayuran jika mengonsumsinya dengan saus bebas lemak. Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan saus penuh lemak baik.

7. Terlalu Banyak Saus


Terlalu Banyak Saus
pexels.com/Engin Akyurt

Tak hanya bahan dalam salad, komposisi dressing yang kalian gunakan untuk salad juga penting. Menuangkan saus pun harus sesuai dengan isi salad. Untuk mendapatkan rasa yang pas, tuangkan satu hingga dua sendok makan saus untuk semangkuk berisi empat jenis sayuran.

Kebiasan lain saat mengonsumsi salad yang tidak dianjurkan adalah tidak mengaduknya dengan rata. Kebiasaan ini mengakibatkan hanya sebagian olahan yang terkena saus dan membuat tidak begitu terasa nikmat. Oleh karenanya, disarankan untuk mengaduk dengan rata terlebih dahulu menggunakan penjepit atau garpu.

Intip juga artikel ini yuk untuk mengetahui beberapa jenis jus sayuran yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa makanan diet yang seharusnya tidak dikonsumsi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel