Jusuf Kalla Diizinkan Umrah di Masa Pandemi Corona
Nasional

Sebelum melaksanakan umrah pada Minggu (25/10), Jusuf Kalla sudah melakukan sejumlah kegiatan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Museum Rasulullah SAW dan Peradaban Islam.

WowKeren - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mendapat izin dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah pada Minggu (25/10) waktu setempat. Dengan demikian, Jusuf Kalla kali ini menunaikan umrah di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Dalam kunjungannya ke Arab Saudi kali ini, Jusuf Kalla berperan sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam. Adapun Jusuf Kalla mendapat kepastian untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dari Sekjen Liga Dunia Islam, Muhammad Abdul Karim Al Issa.

Melansir Kumparan, Jusuf Kalla dan rombongannya melakukan miqat dan niat umrah di Jeddah sebelum menuju Masjidil Haram Makkah Al Mukkaramah. Setibanya di pelataran Masjidil Haram, seluruh rombongan memperlihatkan barcode yang ada di dalam gadget setiap anggota rombongan. Barcode tersebut didapat ketika setiap anggota rombongan selesai mengisi aplikasi “Tawakkhalna”.

Adapun setiap jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah wajib melampirkan hasil tes swab PCR dalam aplikasi tersebut. Batas waktunya adalah 48 jam sebelum melaksanakan umrah.


Setelah itu, jemaah yang melaksanakan ibadah umrah melakukan tawaf dengan mengitari ka’bah 7 putaran dilanjutkan Sai’ dari Bukit Safa hingga Bukit Marwa sebanyak 7 kali seperti biasa.

Kemudian, delegasi Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan salat Magrib dan Isya berjemaah dan berdoa di depan ka'bah. Dalam kesempatan berdoa bersama, Jusuf Kalla pun meminta seluruh anggota delegasi untuk berdoa kepada Allah SWT agar pandemi COVID-19 dapat segera berakhir dengan ditemukannya vaksin.

Adapun delegasi yang dipimpin Jusuf Kalla ini rencananya akan melakukan ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabat Rasulullah pada Senin (26/10). Setelah itu dilanjutkan dengan melaksanakan salat dan berdoa di Raudhah, bagian dari Masjid Nabawi.

Sebelum melaksanakan umrah, Jusuf Kalla sudah melakukan sejumlah kegiatan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Museum Rasulullah SAW dan Peradaban Islam. Ia menghadiri penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama Pendirian dan Pembangunan Gedung Pameran dan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia dengan Pihak Liga Dunia Islam di Riyadh pada Sabtu (24/10).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru