Jarang Disadari, 8 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Wajah Lebih Cerah Berseri
Lifestyle

Ada beberapa kebiasaan yang sering dianggap sepele padahal berguna untuk mencerahkan kulit wajah. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Hampir setiap wanita pasti ingin memiliki wajah yang cerah, berseri dan bercahaya. Karena itulah mereka berbondong-bondong untuk melakukan perawatan wajah dengan mendatangi klinik kecantikan dan menggunakan berbagai produk kosmetik pencerah wajah yang mahal harganya.

Daripada mengeluarkan lebih banyak biaya untuk perawatan, sebenarnya kamu bisa melakukan rutinitas sederhana untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan bersih. Sayangnya, rutinitas tersebut kerap diabaikan dan dianggap sepele. Padahal jika dilakukan secara rutin, kulit wajahmu akan benar-benar cerah dan sehat tanpa harus melakukan perawatan yang rumit.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menunjukkan kebiasaan sepele apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan kulit wajah. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih


Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Meski terdengar cukup klise, mengkonsumsi banyak air putih ternyata dapat membuat wajah menjadi lebih cerah bercahaya. Air putih berfungsi untuk membuang zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, termasuk kotoran yang ada di wajah. Selain itu, cairan ini juga dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh yang bisa membuat kulit jadi lebih sehat dan bersih.

Jika ingin mendapatkan kulit cerah dan bercahaya, upayakan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 15-20 gelas setiap harinya. Minumlah air seperlunya, namun jangan hanya saat merasa haus saja. Sebab dikhawatirkan tubuhmu akan mengalami dehidrasi yang bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Kamu pasti tak mau hal itu sampai terjadi kan?

2. Menggunakan Pelembab Setelah Mandi


Menggunakan Pelembab Setelah Mandi

Setiap selesai mandi, biasakan untuk selalu menggunakan pelembab. Produk kosmetik satu ini tak hanya berfungsi untuk melembapkan kulit, namun juga mencegah kekusaman wajah akibat sinar matahari.

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya pilih produk pelembab yang cocok dengan jenis kulitmu dan memiliki efek pencerah. Lalu biasakan mengoleskan pelembab setelah membersihkan wajah atau sesudah mandi. Jangan lupa untuk memberikan sedikit pijatan dengan gerakan memutar agar sirkulasi darah di wajah jadi lebih lancar.

3. Mengoleskan Tabir Surya Sebelum Beraktivitas di Luar Ruangan


Mengoleskan Tabir Surya Sebelum Beraktivitas di Luar Ruangan

Seperti halnya pelembab, tabir surya juga memiliki fungsi yang tak kalah penting bagi kulit wajah, terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Seperti yang diketahui, tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi hingga kanker kulit.

Sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki tulisan broad-spectrum dan memiliki kadar SPF minimal 30. Untuk melengkapi perlindunganmu, sebaiknya gunakan topi dan pakaian panjang untuk mencegah kulit terpapar matahari terlalu lama. Dengan begitu, kulit wajah kalian tidak mudah kusam dan selalu terjaga kecerahannya.

4. Rutin Membersihkan Makeup


Rutin Membersihkan Makeup

Pada dasarnya, pembentukan kulit bercahaya dimulai ketika kamu memiliki kulit yang benar-benar bersih. Oleh sebab itu, biasakan untuk membersihkan makeup setelah kegiatan kalian selesai. Langkah ini penting dilakukan untuk menyingkirkan sisa-sisa produk kosmetik yang dapat menutup pori-pori wajah dan membuat kulit menjadi kusam.

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya gunakan pembersih makeup yang memiliki formulasi ringan dan cocok untuk jenis kulitmu. Usahakan untuk memilih krim atau susu pembersih yang dapat menghilangkan kotoran dan sisa riasan tanpa membuat kulit menjadi kering. Bila perlu, kamu bisa menggunakan spons untuk menggosok kulit seminggu sekali.

5. Membasuh Wajah dengan Air Hangat


Membasuh Wajah dengan Air Hangat

Jika selama ini kamu terbiasa membasuh wajah dengan air biasa atau air dingin, mulai sekarang biasakan untuk menggunakan air hangat. Pasalnya air hangat dipercaya lebih efektif dalam membersihkan wajah daripada air biasa atau bahkan air dingin. Air hangat akan mempermudah proses pengangkatan kotoran dan mengurangi minyak dengan lebih efektif. Selain itu, air hangat juga dapat melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, wajah kalian akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasakan untuk membasuh wajah dengan air hangat sebanyak tiga kali sehari, yakni saat bangun tidur, setelah bepergian dan sebelum tidur. Kamu bisa membasuhnya tanpa sabun cuci muka dan pastikan temperatur airnya tidak terlalu panas atau dingin. Lakukan cara ini secara rutin maka kulitmu akan tampak lebih bercahaya dan segar.

6. Rutin Mengaplikasikan Masker Wajah


Rutin Mengaplikasikan Masker Wajah

Rutinitas berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk mencerahkan kulit wajah adalah dengan membiasakan diri menggunakan masker. Tak hanya membuat kulit menjadi lebih bercahaya, masker juga mampu mengatasi kulit kusam, pori-pori tersumbat, iritasi hingga kulit kering. Selain itu, menggunakan masker juga dapat mengendurkan otot syaraf sehingga akan membuatmu menjadi lebih rileks.

Ada banyak jenis masker yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan wajah. Salah satunya adalah masker susu murni yang dicampur dengan air mawar yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, halus, bersih dan cerah. Aplikasikan masker ini pada wajah selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Agar hasilnya semakin maksimal, sebaiknya gunakan masker ini dua kali seminggu.

7. Mencuci Wajah Sebelum Tidur


Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Aktivitas seharian yang melelahkan terkadang membuat kita malas membersihkan wajah dan langsung pergi tidur. Jika kamu terbiasa melakukannya, sebaiknya ganti dengan kebiasaan baru yang lebih bermanfaat yakni mencuci wajah sebelum tidur. Meski terdengar sangat sepele, kebiasaan satu ini sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan kulitmu.

Perlu diketahui bahwa kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati di wajah saat malam hari. Untuk itu, sebaiknya bersihkan wajah sebelum pergi tidur agar proses pelepasan sel kulit mati menjadi lebih lancar. Jika rutin melakukan kebiasaan ini, dijamin kulit wajahmu menjadi lebih cerah, bersih dan bercahaya.

8. Istirahat yang Cukup


Istirahat yang Cukup

Orang-orang terkadang menyepelekan tidur malam dan rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk begadang. Kebiasaan ini tak hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga dapat mengganggu penampilan seseorang. Pasalnya begadang akan menyebabkan munculnya kantung mata, jerawat hingga peradangan pada kulit. Jika sudah demikian, kulit akan terlihat lelah dan kusam.

Untuk mengembalikan kesehatan dan kecerahannya, kamu hanya perlu mendapat istirahat yang cukup minimal 7-8 jam sehari. Jika membiasakan hal ini, kulit wajah akan terlihat jauh lebih segar dan proses regenerasi kulit berjalan dengan baik. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih cerah dan tak mudah menua.

Demikian delapan kebiasaan sepele yang bisa kalian terapkan untuk mencerahkan kulit wajah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat membuat kulit wajah lebih glowing. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait