Rekomendasi Film Tentang Kehidupan Nabi Muhammad Ini Menginspirasi Umat Muslim, Apa Saja?
Nourtaban Film Industry
Film

Seiring perkembangan zaman, kisah Nabi Muhammad mulai didokumentasikan secara visual. Berikut beberapa film tentang Nabi Muhammad yang cocok ditonton saat perayaan maulid.

WowKeren - Nabi dan rasul terakhir utusan Allah bagi umat Islam adalah Nabi Muhammad S.A.W, yang sosoknya menjadi suri teladan bagi umat Muslim.

Berbagai hal mengenai Nabi Muhammad juga tertulis dalam ayat suci Alquran. Bahkan, seiring perkembangan zaman, kisahnya mulai didokumentasikan secara visual. Namun, visualisasi sosok Nabi Muhammad kerap menuai pro dan kontra. Pasalnya, tak ada orang yang dianggap mampu menyerupai atau layak memerankannya.


Sempat menuai pro kontra mengenai kisah Nabi Muhammad yang difilmkan, serta kekhawatiran jadi salah tafsir, tidak membuat beberapa perusahaan film berhenti memproduksi film tentang suri tauladan umat Muslim tersebut. Seperti halnya di buku, Nabi Muhammad divisualisasikan lewat sebuah lingkaran bertuliskan Muhammad atau cahaya.

Nah, berikut tim Wowkeren.com merekomendasikan beberapa film tentang Nabi Muhammad S.A.W. yang cocok ditonton saat perayaan maulid. Apa saja?

(wk/luth)

1. Muhammad: The Messenger of God


Muhammad: The Messenger of God
Nourtaban Film Industry

Film "Muhammad: The Messenger of God" ini disutradari oleh Majid Majidi. Dirinya pernah masuk ke nominasi Oscar. Proses produksi dilakukan di Iran dengan budget hingga 40 juta dolar atau setara 560 miliar rupiah.

Majid sendiri mengakui bahwa dia membuat film ini untuk memerangi Islamofobia atau ketakutan terhadap Islam. Film ini ditargetkan akan menjadi kisah dalam bentuk trilogi, dimana seri pertama bercerita soal masa kecil Nabi.

Tak ada penampilan fisik Nabi Muhammad di sini. Hanya ditampilkan sosok putih yang bercahaya.

2. Muhammad: The Last Prophet


Muhammad: The Last Prophet
RichCrest Animation

"Muhammad: The Last Prophet" tayang pada 2002 dengan format animasi karya sutradara Richard Rich.

Film ini berlatar cerita mengenai kehidupan Nabi Muhammad dan perjalanannya dalam menyebarkan agama Islam. Film ini terbagi menjadi tiga seri dengan fokus cerita yang berbeda-beda.

Urutan seri film ini dimulai dari "Before the light" (kisah kakek Nabi Muhammad),Salman the Persians (Salman mencari hidayah) dan Great Woman of Islam (peran wanita saat munculnya Islam). Sejumlah peristiwa penting seperti perang Badar, perang Uhud, pertempuran Palung, dan penaklukan Mekkah, juga digambarkan dalam film "Muhammad: The Last Prophet".

Sebelum tayang meluas, film "Muhammad: The Last Prophet" sudah mendapat persetujuan Dewan Al-Azhar Al-Shareef (Akademi Riset Islam di Mesir) dan Dewan Syiah Islam Tertinggi Lebanon.

3. The Message


The Message
Filmco International Productions

Film "The Message" rilisan 1976 yang disutradarai oleh Moustapha Akkad ini menceritakan tentang sejarah awal munculnya penyebaran agama Islam. Kisah pembuka dalam film "The Message" ini dimulai saat Nabi Muhammad mendapat wahyu pertama dari malaikat Jibril supaya melakukan dakwah secara meluas.

Nabi Muhammad pun melakukan dakwah dengan menyebarkan agama Islam ke seluruh penjuru kota Mekkah, hingga membuat sebagian besar masyarakatnya berpidah agama memeluk Islam.

Perjalanan Nabi Muhammad dalam menyampai kan wahyu terus berlajut sampai hijrah ke kota Madinah, dan kembali lagi ke Arab Saudi. Akan tetapi, dakwah Nabi Muhammad mendapat kecaman serta mendatang kan musuh yang memburu dirinya beserta kawan-kawan, hingga menyita harta benda Nabi.

"The Message" yang dirilis ke berbagai bahasa seperti Arab dan Inggris, tercatat masuk nominasi penghargaan Oscar (1977) sebagai Best Original Score for the music by Maurice Jarre.

4. The Life of Muhammad


The Life of Muhammad
Crescent Films

"The Life of Muhammad" bukanlah reka ulang kehidupan Nabi Muhammad. Ia adalah film dokumenter yang mencoba menbedah jalan hidup Rasulullah. Sutradaranya adalah Rageh Omaar. Dia membagi film ini dalam tiga bagian; "The Seeker", "Holy Wars", dan "Holy Peace".

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru