Temui Jokowi, Menlu AS Mike Pompeo Sampaikan Terima Kasih Atas Nama Presiden Donald Trump
Twitter/KemensetnegRI
Nasional

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengungkapkan bahwa ini bukan kali pertama dirinya berkunjung ke Indonesia. Ia sudah pernah berkunjung ke Tanah Air di awal masa jabatannya.

WowKeren - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Kamis (29/10). Dalam kesempatan tersebut, Pompeo menyampaikan ucapan terima kasih dari Presiden AS Donald Trump atas persahabatan yang dijalin dengan Indonesia.

"Atas nama Presiden Trump dan rakyat Amerika, kami berterima kasih atas ikatan persahabatan dan kebebasan Indonesia," tutur Pompeo. "Mari terus bekerja untuk memperkuat ini."

Pompeo mengungkapkan bahwa ini bukan kali pertama dirinya berkunjung ke Indonesia. Pompeo rupanya sudah pernah berkunjung ke Tanah Air di awal masa jabatannya.

"Saya berkunjung ke sini pada awal masa jabatan saya sebagai Menteri Luar Negeri, tetapi sekali tentu saja tidak cukup. Senang bisa kembali," ungkap Pompeo. "Penting bagi saya untuk kembali untuk terus memperkuat hubungan yang sangat penting dan mendasar ini di Asia Tenggara."


Menurut Pompeo, ada sejumlah isu yang ia bahas dengan Jokowi dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Di antaranya soal keterlibatan Indonesia di proses perdamaian Afghanistan, pandemi virus corona (COVID-19), Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, hingga masalah penanganan teroris.

"Indonesia telah lama menjadi model dalam perang melawan terorisme dan melakukannya dengan cara yang tidak menginjak-injak kebebasan sipil," jelas Pompeo. "Dan saya meminta agar pendekatan itu dilanjutkan."

Sementara itu, Jokowi juga memberikan apresiasinya kepada kunjungan Pompeo ke Indonesia. "Kunjungan Anda di tengah pandemi ini menunjukkan arti penting kemitraan strategis Indonesia dan Amerika Serikat," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, pejabat Indonesia dan AS cukup sering saling melakukan kunjungan. "Selama pandemi ini, saling kunjung antar pejabat kita sangat intensif. Bahkan dapat saya sampaikan paling intensif," pungkas sang Kepala Negara.

Sebagai informasi, Pompeo tidak hanya melakukan kunjungan ke Indonesia saja. Ia juga dijadwalkan untuk berkunjung ke India, Sri Lanka, dan Maladewa dalam rangka membahas visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts