Heboh NASA Temukan Harta Karun US$10.000 Kuadriliun Di Luar Angkasa
Reuters/Brendan McDermid
SerbaSerbi

Bikin heboh! Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menemukan harta karun langka yang memiliki nilai hingga US$10.000 kuadriliun di luar angkasa. Bagaimana ceritanya?

WowKeren - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja melaporkan penemuan harta karun mengejutkan di luar angkasa. Harta karun tersebut memiliki nilai sebesar US$10.000 kuadriliun atau setara dengan Rp 136.000.000 kuadriliun jika asumsi Rp13.600/US$.

Rupanya, harta karun yang ditemukan NASA di luar angkasa ini berupa Asteroid Psyche. Ilmuwan planet di Southwest Research Institut AS, Tracy Becker menjelaskan jika sebagian besar Asteroid Psyche terbuat dari logam seperti inti Bumi.

“Kami telah melihat meteorit yang sebagian besar terbuat dari logam,” ujar Tracy Becker seperti dilansir dari Observer, Kamis (29/10). “Tetapi Psyche bisa jadi unik karena mungkin asteroid itu benar-benar terbuat dari besi dan nikel.”

NASA mengatakan asteroid berharga itu ditemukan oleh teleskop luar angkasa Hubble. Asteroid Psyche diketahui berada di sabuk asteroid utama Tata Surya di antara Mars dan Jupiter.


Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Planetary Science Journal, terungkap jarak antara Asteroid Psyche dengan Bumi sekitar 230 juta mil (370 juta kilometer). Sedangkan ukuran asteroid tersebut diperkirakan seperti Virgina Barat di Amerika Serikat (AS).

Psyche berhasil ditemukan setelah para ilmuwan melakukan pengamatan sejak tahun 2017 dengan menggunakan data spektrum ultraviolet yang dikumpulkan oleh Spektograf Teleskop Luar Angkasa Hubble. Hasilnya, peneliti menyimpulkan sebagian besar permukaan asteroid itu mungkin terbuat dari besi murni.

Pemimpin penelitian NASA, Elkins dan Tanton sebelumnya meyakini jika Asteroid Psyche merupakan sebuah Bintang Mati atau Death Star. Menurut mereka, asteroid itu merupakan inti mati yang ditinggalkan oleh sebuah planet karena gagal selama pembentukannya di awal kehidupan Tata Surya atau akibat dari banyak tabrakan hebat di masa lalu.

”Singkatnya ini Bintang Mati (Death Star),”jelas Elkins-Tanton kepada Forbes dalam sebuah wawancara pada Mei 2017 silam. “Satu kemungkinan lainnya bahwa itu adalah materi yang terbentuk sangat dekat dengan Matahari di awal Tata Surya.”

Asteroid Psyche sendiri merupakan misi yang menjadi target NASA Discovery Mission Psyche. Misi tersebut diharapkan akan dilakukan NASA pada tahun 2022 melalui peluncuran roket SpaceX Falcon Heavy.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait