Selain CPNS, Pemerintah Juga Buka Pendaftaran PPPK di 2021
Nasional

Kemenpan-RB mengungkapkan adanya kemungkinan untuk membuka kembali pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2021 setelah sebelumnya ditiadakan di tahun 2019.

WowKeren - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengungkapkan adanya kemungkinan untuk membuka kembali pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2021. Setelah sebelumnya, pemerintah tidak membuka sama sekali rekrutmen PPPK karena terganjal masalah anggaran daerah.

"Akan ada penerimaan PPPK untuk formasi tahun 2021," ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kemenpan-RB Andi Rahadian, Kamis (29/10). Tak hanya itu, pemerintah juga akan membuka kembali seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021.

Disebutkan jika jumlah formasi CPNS tahun depan akan lebih banyak dibandingkan CPNS 2019. "Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," ungkapnya. "Hal ini mengingat bahwa pada tahun 2020 tidak ada rekrutmen atau pengadaan CPNS baru, sehingga jumlah kebutuhan formasi kemungkinan diakumulasikan di formasi tahun 2021."

Soal berapa banyak jumlah dan jenis formasi pada seleksi CPNS 2021, kata Andi masih dalam proses penyusunan di internal pemerintah. Sekaligus juga terkait tanggal pembukaan CPNS dan PPPK 2021 itu sendiri.


"Masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya. Hingga saat ini, pemerintah sedang fokus menyelesaikan rangkaian penerimaan CPNS 2019 dan juga membahas waktu atau bulan yang tepat untuk mengumumkan penerimaan CPNS dan PPPK formasi tahun 2021," paparnya.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan hasil akhir seleksi CPNS 2019 secara serentak pada Jumat (30/10) hari ini. Pengumuman akan ditampilkan di situs resmi instansi terkait.

Adapun hasil akhir seleksi CPNS 2019 yang telah ditandatangani oleh Kepala BKN sudah disampaikan kepada instansi masing- masing pada Rabu (28/10) lalu. "Sehingga kemudian dapat diumumkan kepada publik sesuai target waktu yakni 30 Oktober 2020," demikian kutipan pernyataan BKN dalam siaran pers.

Pengumuman yang digelar serentak pada hari ini membuat kata kunci "CPNS" masuk dalam jajaran trending topic Twitter pada Jumat (30/10) pagi ini. Sejumlah warganet telah menggunggah foto yang menunjukkan bahwa mereka lolos seleksi CPNS 2019. Namun ada juga yang mengaku belum lolos tahun ini.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts