Mimpi Gibran Sebagai Cawalkot: Ingin Solo Jadi Destinasi Wisata Olahraga
Instagram/gibran_rakabuming
Nasional

Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginannya agar Kota Solo menjadi destinasi wisata olahraga selepas Piala Dunia U-20. Ia ingin Solo bisa menjadi salah satu tuan rumah kejuaraan tersebut.

WowKeren - Putra Presiden Joko Widodo sekaligus Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginannya agar Kota Solo menjadi destinasi wisata olahraga selepas Piala Dunia U-20. Menurutnya, Solo bisa menjadi salah satu tuan rumah kejuaraan yang digelar Oktober 2021 itu.

"Besok Oktober 2021, Insyaallah Solo menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Gibran saat menjadi pemateri di Webinar Nasional memperingati Hari Sumpah Pemuda yang digelar DPC PDIP Solo, Rabu (28/10).

Gibran menyebut Stadion Manahan yang berada di tengah Kota Solo merupakan satu-satunya stadion bertaraf internasional di Jawa Tengah. Stadion sekelas lainnya yaitu Stadion Jati Diri di Semarang masih dalam tahap renovasi.

Stadion Manahan sengaja direnovasi tahun 2019 lalu untuk menyambut event internasional tersebut. Tak hanya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga mengajukan renovasi empat lapangan sepak bola lainnya untuk latihan pemain Piala Dunia U-20.


Rencananya, renovasi tersebut bakal dilaksanakan awal 2021 mendatang. "Kita harapkan setelah event itu selesai, semua fasilitas itu bisa kita manfaatkan agar Solo menjadi salah satu destinasi wisata olahraga," ujarnya.

Selain itu, Solo memiliki infrastruktur pendukung lainnya. Seperti kamar hotel yang jumlahnya sekitar 7.000 kamar dari hotel kelas melati hingga hotel bintang lima.

Di samping itu, Solo juga memiliki destinasi wisata belanja yang cukup beragam. Gibran juga mengandalkan kekayaan kuliner Kota Solo yang sudah cukup dikenal dengan harganya yang terjangkau. "Ditambah dengan keramahan warganya, menjadi nilai tambah dibanding daerah lain," katanya.

Meski demikian, Gibran menekankan pentingnya perencanaan dan kemasan. Pemkot Solo, juga harus memiliki strategi branding yang jitu untuk mengemas semua potensi tersebut. "Ya itu nanti kita akan rencanakan dengan matang. Tergantung bagaimana kita mengemas atau mem-branding-nya," ujarnya.

Sementara itu, Gibran yang yang berpasangan dengan Teguh Prakosa ini akan berhadapan dengan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) pada Pilkada 2020 ini. Gibran-Teguh diusung mayoritas partai di DPRD Kota Solo, sementara Bajo maju dari jalur independen.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts