Kemenangan Joe Biden Disebut Berpotensi Tambah Lapangan Kerja RI, Ini Penjelasannya
Getty Images
Nasional

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Andry Satrio Nugroho, menjelaskan sejumlah pengaruh kemenangan Joe Biden di Pilpres AS bagi Indonesia.

WowKeren - Joe Biden telah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 usai memenangkan konstetasi melawan petahana Donald Trump. Kemenangan Biden ini disebut-sebut dapat membawa sejumlah efek positif di Indonesia, salah satunya adalah menambah lapangan pekerjaan baru.

Menurut peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Andry Satrio Nugroho, kemenangan Biden memberikan sejumlah pengaruh bagi Indonesia. Yang pertama adalah ruang kerja sama bilateral antara Indonesia dengan AS akan lebih ketat.

"Karena kebijakan perdagangan yang jadi referensi oleh Biden adalah regional dari pada perjanjian kerjasama melalui bilateral," papar Andry dalam konferensi pers INDEF pada Minggu (8/11). Kemudian yang kedua, Indonesia berpeluang meningkatkan ekspor ke AS.

Diketahui, impor Indonesia ke AS pada masa pemerintahan Trump lebih tinggi dibanding ekspornya. "Kondisinya berbeda ketika era Obama, ekspor kita lebih besar dari impor. Ini mungkin akan menjadi salah satu peluang kita untuk meningkatkan ekspor produk-produk non-migas Indonesia ke AS," ujar Andry.


Kemudian yang ketiga, ada kemungkinan investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) dari AS akan meningkat ke negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Pasalnya, Biden dalam janji politiknya telah menyebutkan akan menerapkan pajak minimum untuk perusahaan yang berada di luar ketimbang di AS sendiri.

"Itu akan mendorong FDI AS di beberapa negara terutama di negara berkembang akan meningkat," jelas Andry. "Termasuk rencana investasi di Indonesia, ini yang perlu menjadi perhatian."

Diketahui, FDI merupakan investasi langsung, seperti perusahaan asing mendirikan pabrik di Indonesia. Apabila peluang tersebut dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia, tentu lapangan pekerjaan baru akan banyak tercipta.

Sementara itu, perang dagang antara AS dan Tiongkok dinilai Andry akan terus berlanjut dengan tensi yang diprediksi meningkat. Hal tersebut dinilai menjadi peluang bagi Indonesia untuk menggaet investor yang memindahkan pabriknya dari Tiongkok.

Meski demikian, dampak-dampak kemenangan Biden tersebut tidak bisa langsung dirasakan oleh Indonesia. Menurut Andry, pengaruh tersebut akan terasa setelah pandemi virus corona (COVID-19) selesai.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait