Jangan Panik Apalagi Kesal, Lakukan 7 Tips Jitu Ini Untuk Menenangkan Bayi yang Rewel di Malam Hari
pexels.com/Laura Garcia
SerbaSerbi

Karena berbagai faktor, bayi seringkali terbangun dan menangis di malam hari. Saat ini terjadi sebaiknya tetap tenang dan coba tenangkan si kecil dengan tujuh cara mudah ini.

WowKeren - Sebagai orangtua dari bayi yang baru lahir, Anda harus selalu siap untuk begadang setiap hari. Pasalnya, bayi yang baru lahir sering rewel dan tiba-tiba menangis di malam hari. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti lapar, kedinginan, buang air atau karena sekedar terbangun.

Saat itu terjadi, wajar jika Anda merasa kebingungan dan cemas, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda menjadi orangtua. Namun sebaiknya tetap tenang, jangan ikut menangis apalagi merasa kesal. Sebab Anda harus bisa meredakan tangisan si kecil agar dia bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan bayi yang rewel di malam hari. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Gendong Si Kecil


Gendong Si Kecil
pexels.com/Helena Lopes

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menggendong si kecil. Letakkan tubuhnya di sekitar dada Anda agar dia bisa mendengar detak jantung dan mencium aroma ibunya. Untuk membuatnya semakin nyaman, sebaiknya goyang-goyangkan sedikit sambil membuainya. Bila perlu, gunakan ayunan bayi yang memiliki ritme menenangkan.

Sambil menenangkan si kecil, cobalah untuk berbicara secara lembut dengannya. Suara Anda yang lembut akan membuatnya tetap tenang serta meningkatkan kedekatan antara ibu dan bayi. Jangan pernah menunjukkan kekesalan karena tangisannya membuat Anda terbangun, sebab dia juga bisa merasakan kemarahan orangtuanya.

2. Usap Kepala dan Punggungnya


Usap Kepala dan Punggungnya
pexels.com/Tatiana Syrikova

Cara ini merupakan kelanjutan dari poin sebelumnya. Untuk membuat bayi tenang, sebaiknya usap bagian kepala dan punggung si kecil kemudian beri pelukan hangat. Konon sentuhan ibu merupakan hal yang paling menenangkan, sehingga si kecil akan berhenti menangis begitu melihat Anda tenang.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan dekapan hangat untuk memunculkan perasaan aman pada bayi. Hal ini dikarenakan bayi dapat mengenali wajah, suara, irama, detak jantung dan aroma tubuh orangtuanya setelah berusia beberapa bulan.

3. Perdengarkan Musik Lembut


Perdengarkan Musik Lembut
pexels.com/Marian B.

Selain dua cara di atas, Anda bisa memperdengarkan musik atau instrumen lembut pada si kecil. Cara ini bisa dibilang cukup efektif loh, karena musik atau instrumen yang lembut akan membuat detak jantung bayi lebih stabil. Dengan begitu, dia akan lebih tenang dan berhenti menangis.

Selain itu, Anda juga bisa mengeluarkan suara "ssst" dengan lembut dan berulang. Cara lainnya adalah coba nyanyikan lagu pengantar tidur dengan alunan menenangkan agar si kecil dapat merasakan penjagaan orangtuanya.

4. Beri ASI atau MPASI


Beri ASI atau MPASI
pexels.com/Andrea Piacquadio

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bayi rewel saat malam bisa disebabkan karena sedang lapar. Hal ini sangat normal, karena siklus menyusu bayi adalah 2-3 jam sekali, sehingga sangat wajar jika dia tiba-tiba terbangun karena merasa lapar.

Karena itulah salah satu solusi terbaik untuk membuat bayi tenang adalah dengan memberinya ASI, susu formula atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Setelah menyusu atau makan, biasanya dia akan kembali tidur karena sudah merasa kenyang.

5. Ganti Popok dan Pakaiannya


Ganti Popok dan Pakaiannya
pexels.com/Polina Tankilevitch

Salah satu penyebab paling umum bayi yang terbangun dan rewel di malam hari adalah karena buang air besar atau kecil. Hal ini disebabkan karena popok yang basah atau penuh dengan kotoran akan membuatnya tidak nyaman. Oleh sebab itu, segera cek popoknya kemudian ganti dengan yang baru.

Selain popok, sebaiknya ganti juga pakaian yang digunakan oleh si kecil. Seperti halnya popok kotor yang membuat bayi tidak nyaman, pakaian basah karena keringat atau kotoran juga akan membuatnya risih. Oleh sebab itu, sebaiknya ganti juga pakaian si kecil agar dia kembali tenang dan beristirahat dengan nyaman.

6. Oleskan Minyak Telon pada Perut Bayi


Oleskan Minyak Telon pada Perut Bayi
pexels.com/Karolina Grabowska

Faktor lain yang dapat membuat bayi rewel saat malam adalah karena kolik. Ini merupakan kondisi di mana ada banyak gas yang tertahan di perut bayi sehingga membuatnya tidak nyaman. Karena itulah tak heran jika bayi akhirnya menangis dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya oleskan minyak telon dengan lembut pada perut bayi. Cara ini bisa membuat perutnya tetap hangat dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat kolik, diare atau kembung. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak telon saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

7. Atur Suhu Ruangan


Atur Suhu Ruangan
pexels.com/Pixabay

Cuaca yang terlalu panas atau dingin seringkali membuat bayi tidak nyaman dan rewel di malam hari. Oleh sebab itu sebaiknya atur suhu ruangan di kamar tidur bayi supaya tidak terlalu dingin atau panas. Karena bayi akan kembali tidur jika dia merasa udara di sekitarnya sudah nyaman bagi tubuhnya.

Misalnya jika Anda berada di ruangan ber-AC, sebaiknya naikkan suhunya agar si kecil tidak kedinginan. Sebaliknya jika Anda berada di ruangan yang sangat panas, sebaiknya pasang pendingin untuk menyejukkan ruangan.

Demikian tujuh cara mudah menenangkan bayi yang rewel di malam hari. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman saat membawa bayi keluar rumah di era new normal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memilih stroller yang aman bagi bayi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait