Bayi Memasuki Usia 6 Bulan? Penuhi Kebutuhan Nutrisinya dengan 7 Menu MPASI yang Menyehatkan Ini
pexels.com/Yan
Kuliner

Saat bayi memasuki usia enam bulan, orangtua dianjurkan untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) guna mendukung tumbuh kembangnya. Berkaitan dengan ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa rekomendasi menu sehat yang cocok untuk bayi Anda.

WowKeren - Saat memasuki usia 6 bulan, bayi dianggap sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut dengan MPASI. Dalam usia tersebut, bayi sudah dapat menyangga kepalanya dengan baik, duduk dengan tegak dan refleks menggerakkan lidahnya untuk mencegah benda asing masuk.

Mulai usia ini juga, bayi sudah mampu menggerakkan makanan dari depan ke belakang mulut dengan lidahnya. Saluran pencernaannya pun semakin berkembang, sehingga si kecil memerlukan nutrisi tambahan yang tidak ada dalam ASI agar dia bisa tumbuh dengan baik.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa rekomendasi menu MPASI yang sehat, bergizi dan bertekstur lembut yang cocok untuk bayi Anda. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Puree Kentang dan Daging Sapi


Puree Kentang dan Daging Sapi
pexels.com/Pixabay/Fábio Bueno

Menu pertama yang bisa Anda coba adalah puree kentang yang dipadukan dengan daging sapi. Kombinasi bergizi ini hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana seperti kentang, daging sapi giling, wortel, tomat, bawang putih dan bawang merah.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama-tama kukus kentang, wortel dan tomat sampai empuk. Kemudian geprek dan cincang bawang putih, lalu iris halus bawang merah dan tumis daging sapi giling sampai matang. Bila sudah, haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender atau saringan kawat. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan parutan keju di atasnya.

2. Puree Pisang dan Alpukat


Puree Pisang dan Alpukat
pexels.com/Viktoria Slowikowska

Pisang dan alpukat dikenal sebagai jenis buah yang memiliki banyak kandungan gizi. Keduanya juga memiliki tekstur lembut sehingga cocok diberikan pada si kecil yang baru memulai MPASI. Adapun bahan yang diperlukan untuk membuat menu ini adalah buah pisang, alpukat dan ASI atau susu formula.

Cara pengolahannya pun cukup mudah, pertama-tama blender buah pisang dan alpukat sampai halus. Kemudian tambahkan ASI atau susu formula lalu aduk sampai rata. Bila sudah, Anda bisa langsung memberikannya pada si kecil.

3. Puree Salmon dan Oat


Puree Salmon dan Oat
pexels.com/cottonbro/Juliet King

Pilihan menu berikutnya adalah puree salmon dan oat. Oat memiliki kandungan serat yang dapat memperkuat sistem pencernaan. Sedangkan daging salmon kaya akan asam omega yang baik untuk kesehatan otak si kecil. Adapun bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah oat, daging ikan salmon, bawang purih, perasan air jeruk nipis serta seledri.

Ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan untuk mengolahnya. Pertama, lumuri ikan salmon dengan air jeruk nipis selama 10 menit lalu kukus dengan bawang putih geprek dan seledri selama 30 menit. Sembari menunggu daging salmon matang, sebaiknya masak oat sampai matang. Berikutnya haluskan salmon dan oat sampai lunak lalu saring dan sajikan.

4. Puree Brokoli, Kentang dan Kaldu Ikan


Puree Brokoli, Kentang dan Kaldu Ikan
pexels.com/Polina Tankilevitch/Marco

Menu bergizi lainnya yang bisa Anda berikan pada si kecil untuk MPASI adalah puree brokoli, kentang dan kaldu ikan. Brokoli adalah makanan sehat yang mengandung mineral, serat dan antioksidan. Kentang kaya akan potasium yang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan kaldu ikan mengandung mineral, vitamin, kolagen dan gelatin yang berkhasiat baik untuk tubuh si kecil.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, pertama potong kentang dan brokoli yang telah dicuci bersih lalu kukus selama 10 menit. Setelah diangkat, tambahkan kaldu ikan dan blender sampai halus. Terakhir Anda bisa menambahkan satu sendok makan kaldu agar tidak terlalu kental.

5. Puree Jagung Manis dan Bayam


Puree Jagung Manis dan Bayam
pexels.com/NEOSiAM 2020/Robert Golde

Jagung manis dan bayam juga dapat dikombinasikan menjadi menu MPASI yang sehat dan bernutrisi untuk si kecil. Adapaun bahan yang diperlukan adalah satu buah jagung manis berukuran sedang, 15 lembar daun bayam serta lima sendok makan air matang.

Cara pengolahannya juga tidak sulit. Pertama-tama rebus jagung manis dan bayam secara terpisah hingga empuk dan beraroma sedap. Setelah diangkat, tambahkan lima sendok makan air dan blender kedua bahan tersebut sampai halus. Jika sudah, saring semuanya sampai tidak ada lagi serat kasar yang tersisa dan Anda bisa menyajikannya pada si kecil.

6. Nasi Tim Ikan Tuna


Nasi Tim Ikan Tuna
pexels.com/FOX/cottonbro

Nasi tim merupakan menu yang sangat baik untuk MPASI selama sebulan. Untuk menambah rasa dan gizi, sebaiknya padukan dengan ikan tuna yang kaya akan nutrisi. Adapun bahan yang diperlukan antara lain satu ruas jari ikan tuna, segenggam beras putih, tiga iris bawang bombai, jahe, seledri dan air secukupnya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah rebus air dan masak beras sampai teksturnya setengah lembek. Masukkan ikan tuna, bawang bombai cincang dan jahe untuk menghilangkan aorma tuna yang amis. Aduk sampai rata, tambah seledri lalu aduk lagi sampai kekentalannya pas. Biarkan setengah dingin kemudian saring dan sajikan saat hangat.

7. Apel Kukus dan Kayu Manis


Apel Kukus dan Kayu Manis
pexels.com/Asad Nazir/Daria Shevtsov

Menu terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah apel kukus dan kayu manis. Menu ini tak hanya bergizi namun sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak bahan. Pertama-tama, kupas dan potong apel berbentuk dadu. Kukus selama beberapa saat lalu haluskan dengan blender atau food processor. Setelah itu saring apel sampai halus, tambahkan sejumput kayu manis dan aduk sampai rata.

Demikian tujuh rekomendasi menu MPASI yang sehat dan bergizi. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mudah menenangkan bayi yang rewel di malam hari. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman saat membawa bayi keluar rumah di era new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel