Perjuangan Nicholas Saputra Harus Bayar Kuliah Sendiri, Ungkap Sosok yang Menginspirasinya
Selebriti

Nicholas Saputra curhat soal masa mudanya yang harus berjuang membiayai kuliah sendiri karena suatu alasan. Ia juga menceritakan tentang perjalanan hidup berharganya.

WowKeren - Menjadi aktor papan atas dan salah satu yang diperhitungkan di dunia perfilman Tanah Air, siapa sangka jika perjalanan Nicholas Saputra tidaklah mudah. Terlebih saat ia harus menyelesaikan pendidikannya dan membiayai semuanya sendiri.

Sudah bekerja sejak duduk di bangku SMA, Nicholas Saputra mengaku tak ingin membebani kedua orangtuanya soal biaya kuliahnya. Oleh karena itu, lawan main Dian Sastro ini mengaku ingin mengirit biaya kuliah dengan cara masuk ke perguruan tinggi negeri. Diketahui, Nicholas Saputra adalah salah satu lulusan Universitas Indonesia Jurusan Teknik Arsitektur.

"Waktu itu ingin masuk ke perguruan tinggi negeri karena pertama secara biaya lebih murah. Saya tidak ingin memberatkan orangtua pada saat itu walaupun saya sudah bekerja dari SMA," ujar Nicholas Saputra mengutip IntipSeleb, Jumat (13/11). "Tapi waktu itu perguruan tinggi negeri adalah pilihan yang jauh lebih terjangkau dibandingkan swasta atau kuliah di luar negeri dan juga ada jurusan yang saya inginkan yaitu arsitektur. Jadi itu sih utama yang jadi alasan."

Lewat sebuah unggahannya di Instagram, Nicholas Saputra mengenang masa-masa SMA-nya. Ia mengunggah potret gedung sekolahnya, SMA Negeri 8 Jakarta di akun Instagram pribadinya. Bagi pria 36 tahun itu, pendidikan tidak hanya terbatas pada ruang formal seperti sekolah atau institusi.


"Kita akan menemukan situasi di mana kita membutuhkan ilmu pengetahuan untuk mengerjakan banyak masalah dan itu memang perlu dilakukan tidak hanya di waktu sekolah tapi juga di dalam kehidupan sehari-hari," tulisnya.

"Kita bisa belajar dari pengalaman, belajar dari orang yang punya ketrampilan, orang yang punya pengalaman lebih dahulu, belajar dari situasi, refleksi, koreksi diri sendiri dan lain-lain," imbuhnya.

Lebih lanjut, Nicholas Saputra juga mengungkap orang-orang yang telah berjasa dalam hidupnya. Baginya, orang-orang ini adalah sosok yang telah menginspirasinya hingga jadi seperti ini.

"Ingat banget ada ibu Pudi, waktu SMP beliau mengajarkan mata pelajaran biologi. Lalu juga ada pak Pudi, almarhum mengajarkan saya menggambar teknis, itu yang menginspirasi saya untuk masuk jurusan arsitektur," ujarnya.

Pemeran Rangga dalam film "Ada Apa Dengan Cinta?" ini juga menyebut masih banyak orang di hidupnya yang sangat berjasa. Bahkan orang-orang yang tidak dikenalnya sekalipun.

"Tentu saja orang-orang yang saya temui di tengah perjalanan hidup, orang-orang yang pernah bekerjasama, orang yang saya temui saat traveling, saat saya ke hutan atau masyarakat adat. Saya belajar dari orang-orang ini," pungkasnya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru