Hati-Hati! Pemilik Anjing Berisiko Tertular COVID-19 Hingga 72 Persen
Dunia
Pandemi Virus Corona

Selain lansia dan komorbid, pemilik hewan peliharaan terutama anjing memiliki risiko tertular virus corona (COVID-19) hingga 72 persen. Hal ini sebelumnya telah diperingatkan oleh para ilmuwan.

WowKeren - Pandemi COVID-19 belum juga berakhir, hal ini disebabkan karena virus corona cepat menular. Jika sebelumnya orang yang rentan terhadap COVID-19 adalah lansia dan komorbid, kali ini pemilik hewan peliharaan mesti hati-hati.

Terutama bagi orang-orang yang memelihara anjing. Pasalnya, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa sekedar mengajak anjing berjalan-jalan keluar bisa meningkarkan risiko penularan virus corona secara signifikan.

Menurut ilmuwan Spanyol, membawa anjing berjalan-jalan bisa meningkatkan risiko terinfeksi COVID-19 hingga 72 persen. Karena itu, orang yang memiliki anjing harus berhati-hati ketika berpergian.

Tapi, para ilmuwan mengatakan orang yang memiliki peliharaan kucing atau jenis hewan lain juga nampaknya tidak memiliki risiko yang sama. Saat ini pun mereka belum bisa memastikan tingginya risiko pemilik anjing terinfeksi virus corona ini hanya ketika berada di luar atau virus ditularkan melalui anjing.


"Penemuan perkiraan prevalensi penyakit yang secara signifikan lebih tinggi ada pada kelompok populasi yang biasanya berjalan-jalan dengan anjingnya selama masa penguncian, risiko penularan virus corona mereka meningkat hingga 72 persen," ujar para ilmuwan dilansir Express.

Hasil investigasi juga memperingatkan penularan virus corona yang lebih tinggi terjadi di antara pemilik anjing dan prevalensi yang lebih tinggi masih butuh penyelidikan. "Tapi, orang yang memiliki kucing atau hewan lain tidak memiliki risiko yang sama tingginya dengan pemilik anjing. Hasil ini menunjukkan hidup dengan anjing sebagai faktor risiko kuat terinfeksi virus corona," ujarnya.

Hingga saat ini, tercatat ada empat anjing yang sudah dinyatakan positif tertinfeksi COVID-19. Tapi, anjing-anjing ini melakukan kontak langsung dengan manusia yang positif terinfeksi virus corona.

Apabila pemilik ingin mengajak anjing peliharaannya untuk berjalan-jalan, maka pedoman jarak sosial dan protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Aturan jaga jarak yang harus dipatuhi pun setidaknya 2 meter dari semua orang ketika keluar rumah. Tak lupa untuk selalu menggunakan masker agar terlindungi dari penyebaran virus corona.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts