8 Kuliner Berbahan Daging Mentah Di Dunia Yang Bisa Dicoba, Bukan Hanya Sashimi Dan Sushi Aja
pexels.com/Lucas
Kuliner

Jika diolah dengan benar dan bahannya berkualitas baik, makanan mentah tak akan menimbulkan masalah kesehatan. Rasa dari berbagai kuliner mentah ini juga enggak kalah nikmat.

WowKeren - Berbicara soal kuliner, di dunia ini banyak sekali jenis kuliner yang unik dan bahkan cukup ekstrem. Kuliner berbahan daging mentah memang dianggap tak lazim bagi beberapa orang. Namun, justru ada banyak jenis kuliner di beberapa Negara yang punya banyak fans karena lezat ketika dikonsumsi. Bahan dasar dari makanan mentah tersebut juga beragam, mulai dari daging, ikan, maupun telur.

Jika diolah dengan benar dan bahannya berkualitas baik, makanan mentah tak akan menimbulkan masalah kesehatan. Rasa dari berbagai kuliner mentah ini juga enggak kalah nikmat. Biasanya, kuliner ini dibuat untuk mempertahankan cita rasa alami dari bahan makanan, termasuk daging maupun ikan.

Dengan begitu, mereka memang meminimalisir proses memasak dengan memakannya secara mentah apabila kondisinya segar dan baik. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak menyukai makanan mentah. Berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis kuliner berbahan daging mentah yang bisa kalian coba. Tertarik mencicipi?

(wk/putr)

1. Gohu Ikan, Indonesia


Gohu Ikan, Indonesia
Instagram/pelancongmakan

Jika kalian mengira makanan berbahan daging mentah hanya datang dari Jepang, kalian salah. Nyatanya, Indonesia juga banyak memiliki kuliner yang berbahan daging mentah salah satunya Gohu Ikan. Sesuai namanya, gohu ikan merupakan kuliner berbahan daging ikan mentah yang berasal dari Ternate, Maluku Utara. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan tuna. Pembuatannya pun sangat sederhana.

Pertama, ikan tuna harus dibersihkan dulu, lalu dipotong dadu dan dicampur garam, perasan jeruk nipis, dan daun kemangi. Penyajiannya disiram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari cabai dan irisan bawang merah. Saat dikonsumsi, ikan akan terasa gurih, segar, dan agak manis. Gohu ikan ini biasanya sebagai lauk pendamping nasi atau bubur sagu.

2. Torisashi, Jepang


Torisashi, Jepang
wikimedia.org

Jepang adalah surganya penikmat kuliner mentah. Kuliner mentah yang mendunia seperti sushi dan sashimi semuanya berasal dari Jepang. Namun selain itu, Jepang juga memiliki Torisashi yang patut kalian coba. Torisashi adalah sashimi ayam mentah, dibuat dengan mengiris daging ayam yang terkadang hanya dibakar ringan atau diasapi di bagian luarnya, sementara bagian dalamnya tetap berwarna merah muda.

Torisashi biasanya disajikan dengan jahe bubuk atau kecap manis dan mirin. Di bagian lain Jepang, irisan ayam merah muda ini disertai dengan biji wijen, garam, bawang hijau, atau wasabi. Sama halnya seperti makan sashimi biasa. Ada banyak bagian ayam digunakan untuk torisashi seperti hati, ampela, dada, atau paha. Ayam-ayam disembelih dengan cara tertentu dan segera didinginkan sehingga tidak akan ada bakteri penyebab salmonella yang dapat muncul pada daging.

3. Mulhoe, Korea Selatan


Mulhoe, Korea Selatan
pixabay.com

Kuliner mentah juga banyak disajikan dengan bahan lain agar cita rasanya bertamabah. Hidangan Mulhoe yang berasal dari Korea Selatan ini salah satunya. Mulhoe (sup ikan mentah pedas) merupakan hidangan dengan makanan laut yang diiris tipis seperti ikan mentah atau cumi dan sayuran dicampur dalam kaldu dingin.

Mulhoe adalah salah satu hidangan yang penampilannya cukup mirip dengan asinan dari Indonesia serta memiliki rasa yang segar. Kuah hidangan ini dingin yang sangat cocok disantap saat musim panas. Tekstur bahan bisa berbeda dengan jenis ikan atau sayuran yang digunakan dalam hidangan. Namun, hal yang perlu diperhatikan sebelum menyantap hidangan ini adalah memastikan bahan-bahannya segar karena bisa cepat rusak di musim panas.

4. Poke, Hawaii


Poke, Hawaii
flickr.com

Poke adalah hidangan ikan mentah yang berasal dari Hawaii. Biasanya Poke terbuat dari tuna Ahi mentah atau gurita yang dipotong dadu. Di Hawaii, poke di bumbui dengan kecap, minyak wijen, rumput laut dan daun bawang. Sedangkan di London, poke disajikan dengan kacang macadima atau jambu mete.

Poke juga dapat ditemukan dengan berbagai variasi dengan menggunakan ikan yang berbeda. Ikan yang digunakan yaitu ikan salmon hingga kerang. Di tempat lain, poke dibuat dengan saya berbeda dengan menambahkan mayonnaise, wasabi atau mayonnaise sriracha.

5. Rusip, Indonesia


Rusip, Indonesia

Satu lagi kuliner ikan mentah khas Indonesia yang bernama rusip, Kuliner ini berasal dari Bangka Belitung dan terbuat dari ikan teri atau dikenal juga sebagai ikan bilis. Pengolahan ikan teri ini difermentasi, yakni setelah dibersihkan, ikan teri segar dicampur dengan gula merah dan garam, kemudian difermentasi selama tujuh hari.

Setelah itu, aroma ikan akan berubah menjadi masam. Penyajiannya bersama beberapa bumbu seperti irisan bawang merah, cabai rawit, dan jeruk kunci. Di Bangka Belitung, rusip merupakan makanan pendamping lalapan atau bisa dibilang sebagai pengganti sambal. Rasa kuliner ini pedas dan segar.

6. Yukhoe, Korea Selatan


Yukhoe, Korea Selatan
foodrepublic.com

Yukhoe adalah salah satu jenis masakan Korea berupa daging sapi mentah yang dicincang dan diberi bumbu dan saus. Bagian daging sapi yang dipakai adalah bagian penutup. Bumbu yukhoe adalah campuran kecap asin, gula pasir, garam dapur, minyak wijen, daun bawang, bawang putih giling, wijen, merica, dan sari buah.

Di atas daging hidangan ini diletakkan kuning telur ayam mentah. Yukhoe dimakan dengan saus gochujang yang disebut hoejeup. Selain dibuat dari daging sapi cincang, hidangan ini juga bisa dibuat dari lidah, hati, ginjal, jantung, atau perut buku dari sapi. Bibimbap yang di atasnya diberi yukhoe disebut yukhoe bibimbap.

7. Sok Lek, Thailand


Sok Lek, Thailand
Youtube

Thailand juga punya menu andalan berbahan baku daging mentah namanya Sok Lek. Makanan ini biasanya terbuat dari daging sapi dengan siraman darah segar dari hewan tersebut. Namun, jangan berpikir bahwa hal tersebut akan membuat mual.

Sok lek merupakan hidangan kaya rasa karena telah dibumbui aneka rempah dan sedikit alkohol. Hal ini menghilangkan bau amis daging dan darah sekaligus menguatkan cita rasa meaty. Tertarik mencoba?

8. Carpacio, Italia


Carpacio, Italia
italianfoodforever.com

Carpaccio adalah hidangan yang terbuat dari daging atau ikan mentah, seperti daging sapi, daging rusa, salmon atau tuna. Hidangan ini sudah ditemukan sejak tahun 1950 oleh Giuseppe Cipriani di Venesia dan mulai dipopulerkan ke seluruh dunia pada pertengahan abad 20.

Pada umumnya, Carpaccio menggunakan daging sapi sirloin atau tenderloin yang disajikan bersama dengan lemon, minyak zaitun, dan truffle putih atau keju parmesan. Namun saat ini kalian bisa menemukan hidangan ini di atas piring berisi daging mentah atau ikan, yang telah diiris tipis dan disajikan dengan lemon atau cuka, minyak zaitun, garam dan merica.

Simak juga artikel ini untuk melihat kuliner nusantara yang memiliki sejarah unik. Intip juga berbagai yuk berbagai jenis pecel khas nusantara yang unik [u=https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00291973.html]di siniu].

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel