Ada Aturannya! Begini Cara Pakai, Lepas Dan Buang Masker Yang Benar Demi Cegah Corona
Health
COVID-19 di Indonesia

Tidak sembarangan! Memakai, melepas, dan membuang masker ternyata ada aturannya sendiri demi mencegah penularan virus corona. Berikut caranya sesuai prosedur Satgas COVID-19.

WowKeren - Pandemi virus corona yang masih merebak telah mengubah cara hidup masyarakat dunia. Berbagai protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pun harus diterapkan secara disiplin demi menjaga kelangsungan hidup manusia.

Memakai masker hingga selalu menjaga jarak seolah sudah menjadi bagian dari budaya dunia demi menekan penyebaran virus corona yang semakin tak terkendali. Terlebih, COVID-19 dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 54 juta penduduk dunia dan menewaskan lebih dari 1,3 juta orang hingga Kamis (19/11).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun terus mengimbau pentingnya pemakaian masker di tengah pandemi. WHO juga turut merilis daftar masker apa saja yang efektif dalam mencegah penularan virus corona, yakni masker N95, masker medis atau bedah, dan masker non-medis (masker kain).

WHO

Reuters/Denis Balibouse

Ketiga jenis masker tersebut menawarkan berbagai tingkat perlindungan dari virus corona yang berbeda-beda. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turut mengingatkan masyarakat tidak hanya fokus memperhatikan jenis masker saja, tetapi juga cara pemakaiannya.

Menurut Kemenkes, pemakaian masker yang benar adalah masker harus menutupi mulut dan hidung. Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 pun juga membagikan cara memakai masker hingga cara melepaskan dan membuangnya yang aman agar tetap terhindar dari virus corona. Berikut tahapannya:

Cara Memakai Masker Yang Benar

Cuci Tangan

Berbagai Sumber

1. Cuci tangan sebelum menyentuh masker. Cuci dengan sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60 persen).

2. Ambil masker dan periksa apakah ada sobekan atau lubang.

3. Pastikan arah masker sudah benar (pita logam terletak di sisi atas).


4. Pastikan sisi depan masker (sisi yang berwarna) menghadap depan Letakkan masker di wajah Anda.

5. Tekan pita logam atau sisi masker yang kaku sampai menempel sempurna ke hidung.

6. Tarik sisi bawah masker sampai menutupi mulut, hidung dan dagu, pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

Cara Melepas Masker Yang Benar

Melepas Masker

Berbagai Sumber

1. Lepas masker setelah selesai digunakan. Hal ini dilakukan dengan melepas tali elastis dari daun telinga.

2. Saat melepas masker, jauhkan masker dari wajah dan pakaian. Hal ini dilakukan untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi virus.

Cara Membuang Masker Yang Benar

Membuang Masker

Rawpixel/roungroat

1. Segera buang masker di tempat sampah tertutup setelah digunakan. Jika tempat sampah terbuka, masukan masker ke dalam kantong plastik dan diikat dengan kencang sebelum dibuang.

2. Jangan lupa bersihkan tangan setelah menyentuh atau membuang masker. Hal ini dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir (minimal 20 detik). Bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60 persen).

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts