Terkenal Kaya Vitamin Dan Mineral, Buah Matoa Ternyata Simpan 7 Manfaat Ini Untuk Kesehatan
wikimedia.org
Health

Selain memiliki rasa yang manis dan nikmat, buah yang satu ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan loh. Mau tahu apa saja manfaatnya?

WowKeren - Buah matoa saat ini sedang naik daun, banyak orang yang memburu buah satu ini. Matoa merupakan buah asli Indonesia, tepatnya berasal dari tanah Papua. Buah bernama ilmiah pometia pinnata ini masuk dalam famili Sapindaceace yang mirip dengan buah leci dan maple. Panjang batang pohonnya bisa mencapai 15-20 meter.

Bentuk buahnya lonjong seperti buah sawo dan hanya berbuah pada bulan Juli sampai Oktober setiap tahunnya. Buah ini memiliki rasa yang unik perpaduan beberapa buah, seperti leci dan rambutan. Tekstur buahnya berair, aromanya kuat, dan rasanya manis.

Buah ini popular bukan tanpa alasan. Selain memiliki rasa yang manis dan nikmat, buah yang satu ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan loh. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat buat matoa untuk kesehatan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Jaga Kesehatan Jantung


Jaga Kesehatan Jantung
freestocks.org

Buah matoa merupakan buah yang kaya vitamin dan mineral. Kandungan vitamin C dalam buah matoa dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga dapat melancarkan peredaran darah yang berhubungan dengan jantung.

Buah ini dapat menjaga kesehatan jantung untuk menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit stroke. Vitamin C dan E yang terdapat dalam buah ini juga mampu mencegah penyakit jantung koroner dan berperan mencegah degenerasi sel-sel. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral


Penuhi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral
pexels.com/Anna Shvets

Salah satu alasan kenapa buah matoa banyak diminati adalah kandungan gizi yang dimiliki buah ini cukup tinggi. Buah matoa kaya akan vitamin C dan E, yang diandalkan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin E dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria. Dalam buah berkonsistensi kenyal ini terkandung pula beberapa mineral seperti kalsium dan kalium.

3. Tingkatkan Sistem Imun


Tingkatkan Sistem Imun
pexels.com/Luis Quintero

Buah matoa cocok untuk kalian yang ingin terhindar dari infeksi. Pasalnya, manfaat matoa yang satu ini mampu mencegah kuman penyakit masuk dan tumbuh di dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Bogor, Jawa Barat, membuktikan bahwa buah matoa berhasil menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih.

Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti buah matoa menjadi sumber bahan alami untuk pembuatan antibiotik. Tubuh jadi tak mudah sakit jika kalian sering konsumsi buah matoa.

4. Menurunkan Darah Tinggi


Menurunkan Darah Tinggi
pixabay.com

Manfaat buah matoa yang lainnya adalah mampu bantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Bahkan tak hanya daging buahnya saja, ekstrak biji dan daunnya juga terbukti bisa bantu menurunkan darah tinggi.

Ekstrak buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Ketika cairan di dalam tubuh terlalu banyak, tekanan darah akan otomatis meningkat. Jadi, jika kadar cairan kembali normal bisa membuat tekanan darah turun.

5. Tangkal Radikal Bebas


Tangkal Radikal Bebas
pexels.com/Daria Sannikova

Selain kaya vitamin dan mineral, buah matoa ternyata juga kaya akan zat tanin yang merupakan antioksidan. Antioksidan adalah penangkal utama radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan banyak sel-sel rusak, hingga menyebabkan penyakit kronis, bahkan kanker.

Meskipun begitu, manfaat matoa yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Pasalnya, para ahli belum mengetahui seberapa banyak zat tanin yang harus dikonsumsi supaya radikal bebas tidak terjadi di dalam tubuh.

6. Menyehatkan Kulit


Menyehatkan Kulit
pexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan adanya kandungan vitamin E dan vitamin C pada buah matoa, kalian bisa memiliki kulit yang sehat. Adanya vitamin E bisa meningkatkan regenerasi sel kulit sedangkan vitamin C akan membuat wajahmu cerah dan lembap. Selain itu, b uah matoa memiliki senyawa bersifat antimikroba yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

Buah juga matoa dipercaya mampu memperbaiki kulit dari paparan sinar ultra violet (UV) karena kandungan vitamin C dan E buah matoa dapat melembapkan kulit dan elastis. Buah ini juga dapat mencerahkan kulit dan membuat kalian terlihat awet muda. Manfaat tersebut karena adanya kandungan akntioksidan yang dapat mengoptimalkan regenerasi sel kulit.

7. Cegah Kanker


Cegah Kanker
pexels.com/Anna Shvets

Sudah dijelaskan sebelumnya, buah matoa mengandung senyawa antioksidan. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas guna mencegah risiko penyakit kanker. Seperti melansir dari Medical News Today, radikal bebas merupakan sebuat atom ringan yang dapat merusak sel baik sehingga berisiko munculnya penyakit kronis sepert kanker.

Radikal bebas bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara yang dihirup maupun penggunaan bahan-bahan kimia terentu. Matoa mengandung zat tanin yang merupakan antioksidan. Oleh karena itu, konsumsilah buah matoa supaya tubuh terhindar dari perkembangan sel kanker.

Selain buah matoa, ada juga buah bit yang punyak banyak manfaat untuk kesehatan, kalian bisa melihat beberapa manfaatnya di sini. Kalian juga bisa melihat artikel ini untuk mengetahui khasiat menakjubkan buah sirsak untuk kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait