Sering Muncul di Musim Hujan, Ini 7 Cara Mudah Mengusir Laron dari Rumah
SerbaSerbi

Meski tidak menggigit atau menyengat, kehadiran laron di dalam rumah bisa sangat mengganggu. Untuk itu, segera singkirkan serangga tersebut dengan tujuh cara mudah ini.

WowKeren - Laron merupakan salah satu jenis tamu tak diundang yang tiba-tiba masuk ke dalam rumah di musim penghujan. Hal ini wajar terjadi, karena sarang laron akan terasa sangat lembab selama musim hujan.

Akibatnya, koloni laron akan berbondong-bondong keluar dari tanah untuk mencari cahaya sekaligus pasangan. Setelah menemukan pasangan, laron akan melepaskan sayapnya kemudian berjalan berdampingan untuk mencari sarang baru. Sedangkan laron yang tidak mendapat pasangan akan mati malam itu juga.


Laron memang tidak menggigit atau menyengat. Namun keberadaannya di dalam rumah cukup mengganggu kenyamanan anggota keluarga. Sayap maupun tubuh laron yang tertinggal akan sangat mengotori rumah, sehingga kita harus bersusah payah untuk membersihkannya di pagi hari.

Berkaitan dengan hal ini, tim Wowkeren akan memberikan beberapa cara ampuh untuk menyingkirkan laron dari rumah. Penasaran bagaimana saja caranya? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Matikan Sumber Cahaya


Matikan Sumber Cahaya

Mematikan sumber cahaya merupakan cara paling populer yang dilakukan orang-orang untuk mengusir laron. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, laron keluar untuk mencari kehangatan sebagai bagian dari pencarian pasangan. Oleh karena itu, mematikan sumber cahaya menjadi cara paling ampuh untuk menyingkirkan laron dari dalam rumah.

Bila laron terlanjur masuk, matikan semua lampu di dalam rumah kemudian nyalakan lampu yang ada di luar. Setelah itu tutup semua akses masuk laron ke dalam rumah, seperti pintu, jendela maupun berbagai celah kecil yang berisiko dimasuki laron.

2. Nyalakan Lampu Anti Serangga


Nyalakan Lampu Anti Serangga

Mematikan lampu memang cukup efektif untuk mengusir laron. Namun risikonya, penghuni rumah harus rela bergelap-gelapan sepanjang malam. Jika kalian enggan menggunakan cara ini, ada alternatif lain yang bisa kalian lakukan yakni dengan menyalakan lampu anti serangga.

Lampu jenis ini memancarkan cahaya ultraviolet yang dapat membunuh laron secara efektif. Caranya mudah, cukup nyalakan lampu tersebut maka laron akan mendekatinya secara perlahan. Setelah hinggap, suhu panas dari lampu tersebut akan membunuh laron di tempat.

3. Buat Jebakan Air


Buat Jebakan Air

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengusir laron di rumah adalah dengan membuat jebakan air. Cara ini bertujuan untuk menjebak laron agar jatuh ke dalam air dan tidak bisa terbang lagi. Selain untuk mengurangi koloni laron, cara ini juga dapat meminimalisir jumlah sayap yang jatuh di area lantai sehingga rumah menjadi lebih mudah dibersihkan.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa kalian lakukan untuk membuat perangkap tersebut. Pertama-tama letakkan ember berisi air di bawah sinar lampu agar cahaya tersebut dapat memantul ke air. Tunggu selama beberapa saat hingga laron menghampiri pantulan cahaya tersebut. Setelah itu koloni laron akan terjatuh ke dalam air dan mati menggenang di atasnya. Keesokan harinya, buang air dalam ember tersebut di saluran pembuangan luar rumah.

4. Gantung Cabai Merah


Gantung Cabai Merah

Meski tidak terlalu pedas untuk manusia, aroma menyengat dan rasa pedasnya cabai merah sangat tidak disukai laron. Karena itulah kalian bisa menggunakan cabai merah untuk membuat laron di rumah jatuh berguguran. Cara satu ini tidaklah sulit. Pertama, belah cabai merah menjadi dua bagian kemudian gantungkan di dekat lampu. Saat laron mendekati lampu, mereka akan merasa kepanasan dan mati akibat aroma menyengat yang dikeluarkan oleh cabai merah.

5. Letakkan Rumput Vetiver di Area Rumah


Letakkan Rumput Vetiver di Area Rumah

Jika kalian mencari cara alami untuk mengusir laron dari rumah, sebaiknya manfaatkan rumput vertiver atau akar wangi. Tanaman satu ini mengeluarkan aroma wangi yang berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan di bagian akar. Aroma tersebut sangat tidak disukai oleh serangga, termasuk laron.

Kalian bisa menanam rumput tersebut di halaman untuk menghalau laron memasuki rumah, taruh di pot maupun letakkan di dalam rumah dengan bentuk akar wangi. Gantungkan akar tersebut di sekitar cahaya agar laron tidak mendekati lampu atau area rumah.

6. Semprotkan Insektisida


Semprotkan Insektisida

Seperti halnya serangga lain, laron juga dapat disingkirkan dengan cairan insektisida. Racun dan aroma yang dikeluarkan oleh semprotan anti serangga atau cairan insektisida akan membuat laron enggan mendekat ke area tertentu. Namun berbeda dengan sebelumnya, cara ini mengharuskan kalian untuk merogoh kantong sedikit lebih dalam.

Sebaiknya beli cairan insektisida atau semprotan antiserangga dengan merek bebas di supermarket. Setelah itu semprotkan secara langsung pada laron yang beterbangan atau tepat ke arah tengah bohlam lampu. Tunggu selama beberapa saat, maka koloni laron tersebut akan jatuh dan kabur menjauh.

7. Basmi Sarang Laron


Basmi Sarang Laron

Meski cukup kejam, tips terakhir yang WowKeren rekomendasikan ini sangat ampuh untuk mencegah laron memasuki rumah selama musim hujan. Perlu diketahui bahwa laron tidak akan terbang terlalu jauh dari sarangnya. Sehingga jika koloni laron memasuki rumahmu, artinya sarang mereka berada tak jauh dari sana.

Oleh sebab itu, sebaiknya cari area yang kemungkinan menjadi sarang rayap seperti tempat yang gelap dan lembab namun memiliki suhu yang hangat. Segera semprot area tersebut dengan cairan insektisida atau semprotan antiserangga untuk mematikan rayap sebelum berubah menjadi laron.

Demikian tujuh cara yang bisa kalian lakukan untuk mengusir laron dari rumah selama musim hujan. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tujuh bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengusir semut di rumah selama musim hujan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir tikus.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru